6 TIPS membeli laptop macbook second Atau bekas

6 TIPS membeli laptop macbook second Atau bekas

6 TIPS membeli laptop macbook second Atau bekas 

 

Author; Imam Suryadi

Di jaman generasi kaum milenial saat ini, produk besutan perusahaan dengan logo Apple, termasuk Iphone dan Macbook, menjadi salah satu merk yang sangat diminati. Mahasiswa Prodi Informatika, dengan segala pengetahuannya tentang teknologi, seringkali menjadi bagian dari generasi ini yang tertarik untuk memilikinya. Namun, harga baru yang cenderung tinggi sering membuat kaum milenial ini berpikir ulang, dan mereka mulai mempertimbangkan opsi untuk membeli laptop second. Ketika memutuskan untuk membeli laptop atau Macbook bekas, baiknya seseorang harus benar-benar pintar dalam memilih supaya tidak menyesal mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Ini sangat relevan dengan keputusan yang diambil oleh mahasiswa Prodi Informatika yang selalu mencari keseimbangan antara anggaran yang terbatas dan kebutuhan teknologi yang tinggi. Meskipun produk-produk Apple bekas, mereka tetap memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk merk lainnya, sehingga membuat keputusan ini perlu dipertimbangkan secara cermat oleh mahasiswa Prodi Informatika yang ingin memaksimalkan nilai uang mereka.

Baca juga; 5 Trik Download Apps paling aman

Berikut 6 TIPS membeli laptop macbook second alias bekas dan bisa menjadi acuan sobat milenial saat membeli Macbook bekas agar bisa mendapatkan unit yang ‘good condition’

1. Melakukan riset terlebih dahulu

Tentukan tipe dan spesifikasi yang akan dibeli. Pastikan masuk budgetmu ya gengs, jangan tergiur harga murah yang tidak masuk akal. Cari dari beberapa sumber, berapa harga untuk tipe macbook yang kamu ingin beli. Sehingga kamu akan mengetahui, berapa range atas dan range bawah untuk laptop tersebut.

2. Cek Kelengkapan

Nah, untuk kelengkapan yang satu ini bisa berupa dus book, charger magsafe, buku panduan, buku garansi dan aksesoris.

3. Cek kecocokan nomor seri macbook

Pengecekan nomor seri merupakan hal yang penting dilakukan untuk melihat informasi mengenai garansi Macbook yang akan kamu beli. Kalian bisa membuka checcoverage.apple.com kemudian inputkan nomor seri untuk melihat informasi mengenai garansi macbook.

4. Cek batre macbook dengan melihat berapa jumlah cycle count  penggunaan Macbook

Biaya penggantian sparepart produk Apple bukanlah hal yang murah, mengingat produk tersebut memang memiliki harga jual yang tinggi. Nah, jangan sampai kalian membeli Macbook second namun ternyata baterainya rusak dan harus segera diganti.

Untuk itu, penting bagi user yang ingin membeli Macbook second mengecek kesehatan batre dan ketahanannya dengan melihat pada cycle count. Cara mengeceknya dengan meng-klik logo Apple yang ada pada sudut kiri atas dan pilih Informasi Sistem. Kemudian pilih ‘power’ dan cari cycle count. Mudah bukan? jangan sampai terlewat ya.

5. Lakukan test pada perangkat keras Apple (Apple hardware test)

Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dan jangan sampai kalian lupa. Tes ini berguna untuk mengetahui apakah ada masalah pada memori, logic board maupun perangkat keras yang lain.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mencabut semua perangkat eksternal dan matikan Macbook. Setelah itu nyalakan lagi sampai kamu mendengar bunyi beep, tahan tombol D. Pilih bahasa yang ada, kemudian tekan tombol panah untuk menjalankan tes.

6. Lakukan pengecekan pada layar, keyboard, front camera, speaker dan juga fisik tentunya.

Pastikan tidak ada dead pixel pada layar yah. Nah untuk memantapkan hati supaya tenang jika layar Macbook second yang akan dibeli bebas dari dead pixel, kalian bisa mengeceknya secara online menggunakan layanan dari LCD tech. Selanjutnya, untuk mengecek front camera cara termudahnya adalah dengan buka photo booth pada Macbook. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan Apple ‘facetime’ untuk mengetahui apakah kamera berfungsi dengan baik atau tidak.

Beralih dari front camera, kalian juga jangan sampai melewatkan untuk melakukan pengecekan pada keyboard. Hal ini cukup dan amat penting sebelum kalian memutuskan untuk membeli Macbook bekas. Caranya tidaklah sulit, bahkan cukup mudah. Kalian bisa menggunakan aplikasi text editor bawaan dari Apple untuk mengetes langsung apakah keyboard berfungsi atau tidak. Last but not least, kalian bisa memberikan audio pada Macbook bekas. Caranya dengan membuka musik dari Macbook tersebut dan dengarkan dengan hati-hati. Pastikan suaranya jernih dan tidak pecah, selain itu cek juga port headphonenya.

Itu dia 6 TIPS membeli laptop macbook second Atau bekas yang dapat kalian jadikan acuan sebelum membeli Macbook bekas, semoga membantu ya.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

Siska Arifa, “8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekas,” IDN Times, Apr. 23, 2021. https://www.idntimes.com/tech/gadget/siska-arifa/8-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-membeli-macbook-bekas-c1c2?page=all (accessed May 23, 2023).

Ananda, “Cara Memeriksa MacBook Second Sebelum Membeli Laptop Bekas,” Best Seller Gramedia, Sep. 30, 2022. https://www.gramedia.com/best-seller/cara-memeriksa-macbook-second/ (accessed May 23, 2023).

1 Comment

Pingbacks

  1. […] baca juga; 6 TIPS membeli laptop macbook second Atau bekas […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat