PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM KESEHATAN

PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM KESEHATAN

PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM KESEHATAN 

Author: Mahmul Yakin

 

Penggunaan media massa sangat berpengaruh terhadap penyampaian pesan Kesehatan terutama menginformasikan kepada ibu hamil tentang penggunaan tablet Fe sehingga ibu hamil  mendapatkan informasi tentang tablet Fe yang mempengaruhi perilakunya. Beberapa dari  penelitian tentang penggunaan carrier pada ibu hamil yaitu penelitian Emirat pada(2001) menyatakan SMS reminder efektif dalam kepatuhan konsumsi tablet besi pada ibu hamil di UPT Puskesmas Cibuntu Kota Bandung. 

https://www.freepik.com/free-photo/tracking-computing-talk-lens-flare-close-up_990821.htm#query=teknologi%20rumahsakit&position=1&from_view=search&track=ais

Sebuah studi Kesehatan Universitas Alma Ata berpendapat bahwa peran media digital memfasilitasi akses ibu hamil terhadap informasi tentang  kehamilan untuk menambah pengetahuan mereka. 

Paparan media efektif dalam meningkatkan kesadaran pelayanan antenatal care (Ghosh, 2006). Pernyataan  penyebarluasan informasi menggunakan SMS (short message service) untuk kebutuhan edukasi ibu hamil untuk mencegah listeriosis selama kehamilan sangat membantu tenaga kesehatan dalam menyebarkan informasi (Cates, Carter-Young, Conley, & O’Brien,200). Selain itu, temuan penelitian Acharya, Khanali, Singh, Adhikari dan Gautam (2015) menemukan bahwa media massa berdampak positif pada perawatan kehamilan di Nepal untuk meningkatkan kesadaran kehamilan wanita. 

Hasil penelitian Herlina, Sanjaya dan Emilia (2013) menunjukkan bahwa implementasi model SMS reminder sebagai sarana promosi kesehatan di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar efektif dalam memberikan informasi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil. wanita komplikasi dan  asupan nutrisi selama kehamilan. Kuspriyadi dan Hadi (2010) menemukan bahwa  ibu hamil yang mendapatkan pendidikan gizi dan pesan gizi melalui  SMS memiliki pengetahuan, perilaku dan kepatuhan minum tablet besi yang lebih baik dibandingkan dengan ibu hamil yang hanya mendapatkan pendidikan gizi sebanyak (perbandingan). 

Kelengketan tinggi dapat meningkatkan kadar hemoglobin secara signifikan. Penyuluhan kesehatan ibu hamil ternyata mampu meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi. Selain itu, ditemukan SMS Gateway yang berisi informasi tentang kehamilan dan doa serta penyakit mampu meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang masalah yang dialaminya dan cara mengatasinya secara Islami. 

(Yulian,Widodo dan Sudaryanto, 2015). Penelitian yang dilakukan oleh Yani, A., Sirio, S. dan Jafar, N. (2017) menyebutkan bahwa penggunaan SMS pengingat untuk menyampaikan informasi kepada ibu hamil berdampak signifikan terhadap perubahan perilaku. Nomor Benar. Kajian oleh Megawati, M., Syria, S.,Ngatim, R. and Yani, A. (2018) berpendapat bahwa dengan menggunakan teknologi, seperti pembuatan model visual  “permainan simulasi monopoli TB” menambah pengetahuan. 

Hal ini mengacu pada Kompetensi teori komunikasi yang dikemukakan oleh Spitzberg dan Cupach dalam (Liliweri, 2007), yang mengungkapkan  bahwa individu mengubah sikapnya (komunikasi efektif) ketika sumber informasi adalah kompetensi; pengetahuan tentang apa yang dikomunikasikan, keterampilan komunikasi dan motivasi komunikasi yang diungkapkan melalui sumber informasi. 

Artinya jika pengetahuan komunikator tentang pesan yang disampaikan lengkap, komunikator dapat mengkomunikasikan dan menjelaskan motivasi komunikasi tersebut, maka secara efektif akan mengubah sikap sasaran.  Selain itu, teori hirarki pembelajaran (Gagne, 1968) mensyaratkan bahwa perubahan sikap orang akibat paparan informasi memiliki urutan yang relatif tetap.

Perubahan sikap dimulai dengan perubahan informasi, dengan penggunaan teknologi dalam kesehatan  ini berarti individu mengutamakan perhatian, kesadaran, kepercayaan , dan pemahaman dalam pengambilan keputusan sikap menerima pesan yang wajar, beralasan, terutama ketika disampaikan oleh sumber informasi. dapat diterima secara logis.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatikaterbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

Refrensi

Yani, A., Suriah, S., & Jafar, N. (2017). Pengaruh SMS Reminder Terhadap Perilaku Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Fe. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(1), 12-20.

 Yulian, V., Widodo, A., & Sudaryanto, A. (2015). Pemberdayaan Komunitas dan Layanan Sms untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dalam Konteks Keperawatan yang Islami.

1 Comment

Pingbacks

  1. […] PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM KESEHATAN […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat