4 Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak

4 Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak

4 Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak

Author Nurohman Mahasiswa prodi informatika

freepik.com

Gadget adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dan dapat digunakan secara portable. Gadget seringkali memiliki desain yang elegan dan modern, serta mudah digunakan. Contoh gadget yang paling umum meliputi smartphone, tablet, laptop, smartwatch, dan kamera digital. Dalam perkembangan gadget, Sistem informasi berperan penting dalam menghubungkan pengguna dengan dunia digital. ada juga gadget  jenis gadget lainnya, seperti perangkat penyimpanan eksternal, headset Bluetooth, drone, dan banyak lagi. 

Namun dalam psikologi pada perkembangan anak usia dini dikatakan sebagai mana anak yang masih berumur 0-6 tahun, peran gadget menjadi semakin signifikan. Sistem informasi saat ini menunjukkan bahwa gadget mempunyai dampak yang signifikan terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Perlu diperhatikan 4 Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak  dampak dalam menggunakan gadget dalam anak usia dini terhadap perkembangan sosialnya memiliki dampak negatif dan juga dampak positifnya. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Contoh dampak buruknya adalah anak akan menjadi pribadi yang tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, memiliki perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, ancaman cyberbullying dan juga melakukan  hal yang tidak terduga. 

baca juga; 6 TIPS membeli laptop macbook second Atau bekas

Solusi dalam melalui permasalahan tersebut adalah dengan membatasi anak dalam menggunakan sistem informasi gadget, mengawasi anak dalam bermain gadget dengan figur orang tua yang memiliki peran sangat penting dalam mengawasi anak dalam bermain menggunakan gadget, serta memberikan jadwal anak saat bermain gadget, agar tidak mengganggu dalam perkembangan sosial anak usia dini.

Tidak dapat disalahkan lagi bahwa gadget dan teknologi lainnya dapat memberikan berbagai jenis manfaat yang baik maupun yang buruk bagi anak. Dampak baik bagi anak seperti dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan kognitif dan koordinasi dari tangan dan mata anak. Anak juga dapat mempelajari berbagai hal baru yang belum anak ketahui yang berbeda melalui penggunaan aplikasi dan juga internet.  Akan tetapi, penting untuk mempertimbangkan 4 Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Sistem informasi modern telah memberikan cara bagi orang tua untuk melakukan pengawasan yang efektif terhadap aktivitas online anak-anak mereka. 

Namun, ada juga beberapa risiko anak-anak menjadi terlalu bergantung terhadap gadget dan juga teknologi. Anak mungkin tidak berinteraksi dengan baik dengan orang lain, dan anak-anak juga mungkin menjadi kecanduan screen time. Maka dari itu, mengapa pentingnya bagi orang tua dalam memantau dan mengawasi penggunaan gadget terhadap anak-anak dan juga memastikan bahwa anak menggunakan gadget dengan porsi yang sesuai. Ada beberapa dampak negatif yang dihasilkan dari bermain gadget bagi anak, antara lain :

  • Efek Kesehatan

Dalam kesehatan penggunaan gadget bagi anak memiliki dampak positif dan juga dampak negatif dari gadget tersebut untuk anak. Dalam dampak positifnya anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halusnya, mereka juga dapat meningkatkan penglihatan anak dan meningkatkan rentangan perhatian mereka. Namun sisi buruknya adalah perangkat tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sakit kepala, sakit leher, dan mata kering. Hal tersebut sangat penting bagi para orang tua agar memperhatikan dan membatasi anak dalam bermain gadget pada perkembangan anak. 

Tidak hanya itu saja gadget juga memiliki pengaruh dalam perkembangan emosi anak. Sisi positifnya anak dapat terhubung dengan teman-temannya dan juga anggota keluarga yang lainnya. Mereka juga bisa memberikan rasa aman terhadap anak. Namun untuk sisi negatifnya, gadget bisa mengakibatkan dan menimbulkan perasaan terisolasi dan kesepian, tidak hanya itu saja, penting bagi orang tua untuk selalu menjadi efek dari emosional positif dan juga negatif dari bermain gadget bagi perkembangan anak.

  • Efek Media Sosial

Media Sosial merupakan salah satu bentuk dalam berkomunikasi yang paling populer, terutama di kalangan para anak muda. Dalam sebuah studi baru-baru ini bahwa lebih dari 60% remaja telah menggunakan media sosial setiap harinya. Meskipun media sosial dapat menjadi cara yang sangat bagus agar tetap terhubung dengan teman dan keluarga, namun media sosial juga memiliki dampak negatifnya bagi perkembangan anak.

Salah satu dampak negatif media sosial adalah bisa menyebabkan kecanduan dalam bermain media sosial. Tidak hanya itu saja, dalam sebuah penelitian bahwa kecanduan dalam bermain media sosial sama seperti narkoba dan alkohol. Efek negatif lainnya menyebabkan kecemasan dan juga depresi. Dampak  positif dari media sosial adalah bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga, jika tempat tinggal mereka yang jauh. Dan hal ini bisa digunakan sebagai alat dalam berkomunikasi.

  • Perkembangan Mental

Gadget telah merevolusi cara hidup manusia, gadget juga telah membuat manusia hidup lebih mudah dan nyaman dalam banyak hal. Namun, ada beberapa potensi kerugian dari meningkatnya penggunaan gadget bagi anak. Ada satu perhatian yang sangat utama dalam pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan mental dari anak. Beberapa ahli percaya bahwa terlalu sering menatap layar dapat mempengaruhi kemampuan dari anak untuk berkonsentrasi dan memperhatikan. Dan juga bisa mengakibatkan masalah di bagian memori jangka pendek. Tidak hanya itu saja, hal ini juga mengkhawatirkan anak dalam melakukan sosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara langsung.

  • Hubungan Antara Penggunaan Perangkat dan Kebiasaan Tidur

Kaitan antara penggunaan gawai dan kebiasaan tidur Salah satu dampak gawai yang paling umum pada anak-anak adalah kebiasaan tidurnya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa 50% anak usia 8-11 tahun menggunakan perangkat seluler satu jam sebelum mereka tidur. Angka ini bahkan bisa lebih tinggi untuk remaja. Cahaya biru dari layar dapat mengganggu siklus tidur alami anak sehingga menurunkan kualitas tidur. Hal ini dapat berdampak besar pada kesehatan dan tumbuh kembang anak, dan penggunaan gadget juga dapat mengurangi aktivitas fisik.

Penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak memiliki  banyak dampak positif dan juga dampak negatif, namun apabila orang tua memperhatikan anak dalam menggunakan gadget maka anak bisa tetap mengasah berbagai kemampuannya dalam menunjang perkembangan dari anak.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

Sumber:https://dppkbpppa.pontianak.go.id/informasi/berita/dampak-penggunaan-gadget-terhadap-perkembangan-sosial-anak

https://www.freepik.com/free-photo/girl-with-tablet-home_2003267.htm 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat