Mengenal 4 Jenis Kejahatan Siber yang Mengancam Dunia Digital

Mengenal 4 Jenis Kejahatan Siber yang Mengancam Dunia Digital

Mengenal 4 Jenis Kejahatan Siber yang Mengancam Dunia Digital

 

Author : Syilvia Fajrin

Kejahatan siber semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Sebagai bagian integral dari kehidupan modern, internet telah memberikan kenyamanan dan keuntungan yang besar. Namun, sayangnya, ini juga membuka pintu bagi berbagai jenis kejahatan yang dapat merugikan individu, perusahaan, dan bahkan negara. Berikut adalah empat jenis kejahatan siber yang paling umum.

  1. Phishing

Phishing adalah jenis penipuan di mana para penjahat siber mencoba untuk memperoleh informasi sensitif seperti kata sandi, informasi kartu kredit, atau data pribadi dengan menyamar sebagai entitas tepercaya. Mereka sering menggunakan email, pesan teks, atau situs web palsu yang tampaknya asli untuk memancing informasi dari korban. Modus ini sering dilakukan dengan menggiring korban ke situs palsu yang meniru bank, layanan email, atau perusahaan terkemuka.

  1. Malware (Perangkat Lunak Berbahaya)

Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak, mengganggu, atau mencuri informasi dari perangkat atau jaringan. Jenis malware mencakup virus, worm, trojan, ransomware, dan spyware. Virus menyebar dengan menyisipkan diri ke dalam program yang ada, worm menyebar tanpa bantuan manusia, trojan menyamar sebagai program yang sah, ransomware mengenkripsi data dan meminta tebusan, sementara spyware diam-diam mencuri informasi tanpa sepengetahuan pengguna.

  1. Cyberbullying (Pembuli Daring)

Cyberbullying adalah tindakan penggunaan teknologi untuk sengaja melecehkan, mengintimidasi, atau menyakiti orang lain secara emosional. Ini bisa terjadi melalui pesan teks, media sosial, atau platform daring lainnya. Korban cyberbullying sering mengalami tekanan psikologis yang serius, bahkan dampaknya bisa sangat merugikan mental dan emosional.

  1. Serangan Denial-of-Service (DoS)

Serangan DoS bertujuan untuk membuat sumber daya suatu situs web atau jaringan tidak tersedia bagi pengguna yang sah. Pelaku seringkali membanjiri target dengan lalu lintas data yang berlebihan, yang mengakibatkan sistem tidak mampu menangani jumlah permintaan dan pada akhirnya membuat layanan menjadi tidak dapat diakses.

baca juga: Merancang Teknologi 6G untuk Koneksi Super Cepat bagi Remaja

Kejahatan siber bisa memiliki dampak yang merugikan pada individu, perusahaan, bahkan pada stabilitas nasional. Mencegah kejahatan siber memerlukan kombinasi dari kesadaran akan ancaman, penggunaan teknologi keamanan yang tepat, serta pendidikan dan kepatuhan pengguna terhadap praktik keamanan internet yang aman.

Menghadapi ancaman kejahatan siber adalah tanggung jawab bersama. Peran institusi, pemerintah, perusahaan, dan individu dalam meningkatkan kesadaran akan risiko dan mengadopsi praktik keamanan yang baik sangat penting dalam melindungi diri dan masyarakat dari dampak negatif kejahatan siber.

Itulah Mengenal 4 Jenis Kejahatan Siber yang Mengancam Dunia Digital baru saja kita pelajari di hari ini.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat