5 Trik Download Apps paling aman

5 Trik Download Apps paling aman

5 Trik Download Apps paling aman

 

Author;  Imam Suryadi

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-duduk-menghadapi-komputer-laptop-dengan-buku-sketsa-57690/Sepertinya kebutuhan download dan upload semakin bertambah seiring banyaknya informasi yang tersaji di internet. Baik versi ponsel hingga laptop ataupun personal komputer semua aplikasi berlomba untuk membuat versi untuk masing-masing platform. Kebutuhan ini juga sangat relevan dengan prodi Informatika, yang mendalami berbagai aspek teknologi dan pengembangan aplikasi. Tak perlu khawatir, ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian coba, terutama jika kalian adalah mahasiswa Informatika. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi penyedia aplikasi yang kalian inginkan. Dari sana, kalian bisa menemukan versi aplikasi yang kompatibel dengan PC atau personal komputer.

baca juga; PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM KESEHATAN

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan platform distribusi aplikasi lainnya, seperti Microsoft Store untuk Windows atau berbagai situs web yang menyediakan aplikasi PC. Selama kalian berada dalam lingkungan IT, akan banyak sumber daya dan informasi yang dapat membantu kalian dalam hal ini. Jadi, bagaimana caranya mendownload aplikasi berbasis PC atau personal komputer? Mari kita simak bersama-sama dan terus eksplorasi dunia prodi Informatika yang begitu dinamis dan penuh inovasi. Berikut 5 Trik Download Apps paling aman !

  1.     Cara mengunduh aplikasi pada sistem operasi  Mac OS

unsplash.com 

Baik Mac, windows maupun sistem operasi lainnya biasanya sudah menyediakan toko online yang menjual berbagai macam aplikasi secara resmi.  Nah pada sistem operasi Mac OS kalian bisa mengunduhnya pada Appstore. Ada yang gratis dan tentu saja ada yang berbayar jika kalian menginginkan versi premiumnya.

 Lalu bagaimana cara untuk mengunduh aplikasi pada Mac?

  •       Buka ‘Launchpad’ di Mac desktop maupun Macbook
  •       Cari dan pilih ‘App Store’
  •       Pada kolom pencarian, ketikan nama aplikasi yang akan diunduh
  •       Klik ‘Dapatkan’ pada bagian kanan atas aplikasi
  •       Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela baru, klik ‘Install’ untuk mulai mengunduh.
  •       Masukkan ID Apple dan kata sandi untuk memberikan akses device agar bisa mengunduh aplikasi

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terunduh dengan sempurna. Setelah proses unduh selesai, kalian bisa menggunakan aplikasi tersebut.

  1.     Cara mengunduh aplikasi pada sistem operasi  Windows

Sistem operasi yang satu ini sangat familiar dan hampir sebagian besar orang menggunakan windows pada personal komputer ataupun laptop mereka.  Sama halnya seperti Mac OS, windows juga memiliki toko yang menyediakan aplikasi yang bisa kalian unduh.

Aplikasi tersebut dapat kalian unduh melalui window store. Nah bagaimana caranya?

  •       Ketikan windows store pada cortana atau kolom pencarian.
  •       Setelah windows store terbuka, cari aplikasi yang ingin unduh.
  •       Klik tombol ‘unduh’

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil terunduh sempurna. Jika aplikasi yang ingin diunduh adalah aplikasi gratis, maka pengunduhan bisa segera dimulai tapi jika harus berbayar, maka kalian harus membayarnya terlebih dahulu baru setelah itu kalian bisa mendownloadnya.

  1.     Cara mengunduh apk Android di laptop

Pasti banyak diantara kalian yang ingin menyalin atau membuka beberapa aplikasi yang ada pada ponsel android pada personal komputer atau laptop. Atau bahkan mungkin kalian ingin memainkan game yang ada pada android di komputer?

Sayangnya mungkin game atau aplikasi yang ingin kalian unduh tidak tersedia di windows store ataupun App Store versi desktop. Lalu bagaimana cara mengakalinya? Caranya adalah kalian bisa mengunduh lewat situs ApkPure.

  •       Cari kemudian buka situs apkpure lewat chrome
  •       Setelah itu kalian bisa mencari aplikasi yang kalian ingin unduh
  •       Klik ‘download APK’ untuk memulai pengunduhan
  •       Tunggu beberapa saat sampai selesai pengunduhan
  •       Setelah itu kalian buka aplikasi yang kalian unduh dan instal seperti aplikasi lainnya.

Mudah banget bukan caranya? Eits tapi gak Cuma di Apkpure, masih ada Apk DL downloader, Evozi Apk Downloader dan masih banyak situs alternatif lainnya untuk mengunduh aplikasi android untuk laptop atau komputer kalian.

  1.     Cara mengunduh aplikasi versi desktop di situs resmi

Jangan panik dan jangan bingung jika aplikasi yang ingin kalian unduh tidak terdapat pada windows store ataupun app store. Jika kalian mengalami masalah ini maka kalian bisa mengunduh langsung dengan mengunjungi developer aplikasi tersebut. 

Misal saja kalian membutuhkan XAMPP, atau Telegram. Caranya mudah, kalian tinggal buka mesin pencarian. Ketikkan kata kunci atau nama aplikasi yang ingin kalian unduh kemudian cari situs resmi milik company mereka.

Setelah kalian membuka laman resmi milik Xampp atau Telegram, kalian bisa memilih versi sesuai tipe device yang kalian inginkan.  Lakukan pengunduhan hingga selesai lalu instal aplikasi.

Mudah banget kan?

  1.     Download aplikasi dengan ekstensi Chrome

Adakah disini yang tidak mengetahui ekstensi Chrome? Pasti sudah banyak yang mengetahui atau bahkan menggunakan ekstensi besutan Google ini. Walaupun aplikasi ini tidak terpasang pada laptop, namun ekstensi dari chrome bisa berfungsi seperti aplikasi pada umumnya. Kalian juga bisa mengunduh beberapa aplikasi melalui toko ekstensi chrome loh, bahkan ada juga aplikasi untuk pembuatan sitasi dan juga blok iklan.

Gimana caranya?

  1. Buka ekstensi dari Chrome lalu cari ekstensi yang ingin kamu unduh
  2. Kalian ketikkan nama atau kata kunci aplikasi pada kotak pencarian untuk mempermudah
  3. Klik aplikasi yang ingin di unduh sampai muncul deskripsi dari aplikasi tersebut
  4. Pilih opsi ‘tambahkan ke Chrome’
  5. Tunggu sampai proses unduh dan pemasangan selesai
  6. Setelah itu, buka pengaturan ekstensi pada Chrome melalui ikon puzzle di bagian kanan atas
  7. Aktifkan  toggle ekstensi yang baru saja kalian unduh.

Selesai, ekstensi sudah bisa digunakan dengan nyaman. Menariknya lagi, sebagian besar ekstensi yang ada di toko ekstensi Google tidak berbayar alias Gratis!!

Dengan menerapkan 5 trik download aplikasi paling aman ini, Anda dapat menjaga perangkat Anda tetap terlindungi dan data pribadi Anda aman dari ancaman potensial. Ingatlah selalu untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi, dan periksa ulasan serta izin yang diminta oleh aplikasi tersebut sebelum menginstalnya. Keamanan data dan privasi Anda adalah hal yang sangat penting, jadi tetap waspada dan selalu gunakan trik-trik ini untuk melindungi diri Anda dalam dunia digital yang terus berkembang.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

  1. Zain, “5 Cara Download Aplikasi di Laptop Secara Legal dan Aman,” IDN Times, Sep. 14, 2022. https://www.idntimes.com/tech/trend/laili-zain-damaika-1/cara-download-aplikasi-di-laptop-1?page=all (accessed May 24, 2023).

 

1 Comment

Pingbacks

  1. […] 5 Trik Download Apps paling aman […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat