Perkembangan Teknologi Informasi Di Era Sekarang

Perkembangan Teknologi Informasi Di Era Sekarang

Prodi Informatika Alma Ata – Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, meyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relavan, akurat dan tepat waktu, yang di gunakan untuk keperluan pribadi,pendidikan,bisnis dan pemeritahan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil suatu kepututasan.

Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan di mulai dari sampai berakhir kehidupan seperti ini dikenal e-live, artinya kehidupan ini sudah di pengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang di mulainya awalanya e- seperti e-commerce, e-govermment, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, dan yang lainnya yang berabasis elektronika. 

Teknologi informasi disusun 3 mantra utama teknologi yaitu :

  1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan teknologi informasi saat ini.
  2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebar informasi. 
  3. Muatan informasi atau conten informasi, yang menjadi faktor pendorong utama implementasi teknologi informasi. 

Teknologi Komputer Tercanggih di Dunia di Era Sekarang

Teknologi tercanggih di dunia sekarang, kebanyakan orang memiliki komputer dengan spesifikasi bes

ar dan mempunyai kecepatan yang cepat memang menjadi dambakan. Disisi lain komputer juga mendukung sebuah bisnis yang mana perusahaan besar juga saling bersaing untuk menjadi terbaik. Berikut ini merupakan 10 tektonologi tercanggih di dunia di era sekarang ini :Komputer Kuantum 

Komputer ini  merupakan komputer yang menggunakan prinsip fisikal kuantum.

Kabarnya komputer ini akan di instal di fasilitas badan antariksa Amerika Serikat (NASA) dan akan digunakan berasama google NASA, para ilmuan menggunakan proccesor D-Wave Two yang memperlihatkan pemanfaatam efek yang disebut dengan terowongan kuantum. Komputer ini dapat memecahkan berbagai jenis masalah matematika hanya sepersekian detik saja. 

  • Sequioa 

Sequioa dikabarkan menjadi super komputer tercepat setelah mengukir kecepatan processing 16,32 petaflo P/s.

  • K-Komputer

K komputer ini di kembangkan oleh perusahaan fujitsu yang berada di Reken Advanced Institute For Coumputational Science, Kobe Jepang. Komputer ini menjadi super komputer tecepat sebelum munculnya sequoia. Komputer dengan kecepatan 8.162 petaflops dengan efisiensi 93 persen ini menggunakan processor SPARC64 VIIIfx 2.0 GHz 8-core. Yang jumlah prosesor keseluruhan nya ialah 548.352 inti

  • Tianhe 1A

Super kecepatan ini memiliki kecepatan dua ribu tririun kalkilasi per detik dan dapat mencatat kecepatan kalkulasi 2,6 petaflo p/s. Tianhe 1 A merupakan produksi dari cina yang dibangun dengan baiaya 88 juta dollar amerika dan terletak di pusat komputernasional di tianjin china pada juni 2011.

  • Jaguar

Jaguar adalah komputer buatan amerika serikat, dan pernah menjadi komputer tercepat di dunia mulai dari nopember 2009 hingga juni 2010, dengan kecepatan 1,75 petaflops/s. jaguar mempunyai system operasi Cray Linux Environment dengan prosesor X86 based AMD Opteron sejumlah 224.256 unit. Dan memory sebesar 8 GB. Namun keseluruhan memory yang digunakan dari computer ini adalah 360 TB dengan besaran penyimpanan 10 petabytes.

  • IBM roadrunner

Dikembangkan oleh IBM dilaboratorium nasional los alamos,new meksiko,amerika serikat dengan biaya 113 dollar ameerika. Keceoatan tertinggi komputer super ini 1,456 petaflopsyang terjadi pada november 2008.

  1. Blue gene

Blue gene adalah proyek dari IBM laboratorium nasional lawrence livermore dan lainya telah memproduksi macam-macam komputer canggih sebelumnya dan super komputer ini memiliki 4 pengembangan proyek yang dilakukan oleh laboratorium nasional oleh lawnence livermore namun kecepatan hanya 500 teraflops.

  • Super MUCE

Komputer ini merupakan produksi jerman , dengan kecepatan 3 petaflops yang menjadi komputer tercepat di eropa ,System super MUC mengunakan 18,432 processor intel xeon sandy bridge EP dan berjalan pada server IMB System XI mengunakan air panas sebagai pendigin processor.

  • MIRA

Kecepatan dari komputer ini bisa mencapai 8 petaflops perdetiknya.dan merupakan salah satu produk dari IMB ,yang diletakan dinational laboratory di lllinois amerika serikat.dan komputer ini merupakan versi dari Blue gene,dan mempunyai kecepatan yang bagus dari versi sebelumnya.

  • Dawning nebulae

Computer ini dikembangkan di china dan dipakai oleh NSCS atau national supercomputing centre in shenzhen. Komputer ini dibuat pada tahun 2010 dengan jumlah core 120640 OS yang digunakan linux.dan jumlah dayanya sebesar 2,6 juta WAT.

Teknologi yang akan saya perkembangkan 

  • Memperbaiki sistem pendidikan yang ada di indonesia yaitu dengan mengunakan teknologi yang untuk saat ini memang wajib diterapkan untuk mengejar ketertinggalan terhadap bangsa lain. Contohnya saja dinegara lain jika guru atau dosen tidak dapat hadir dalam pembelajaran guru atau dosen dapat mengajar dari jarak jauh dengan mengunakan video konference maka saja akan memperkembangkan suatu situs E-learning yang mempunyai fitur-fitur pendukung dalam hal pendidikan.
  • menerapkan sistem pembuatan KTP yang berbasis web dengan tingkat keamanan yang berkualitas.
  • Megembangkan sebuah aplikasi mobile yang bermanfaat untuk masyarakat 
  • megembangkan sistem operasi yang sudah ada menjadi lebih baik.

Creator : Nunung Ismawati

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat