Persiapan Memulai Digital Marketing

Persiapan Memulai Digital Marketing

Prodi Informatika Alma Ata – Di era digital seperti sekarang ini,Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pengguna internet.Sebagian besar penduduk Indonesia kesehariannya tidak terlepas dari handphone oleh karena itu,sosial media marketing sangat penting untuk menjalankan bisnis dan memiliki peluang bisnis yang sangat besar.Melalui sosial media marketing kita bisa menawarkan produk atau jasa dengan harga yang murah dan berkualitas untuk mendapatkan pelanggan.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai berbisnis online

  1. Temukan masalah yang dihadapi pasar saat ini.

Kita harus mencari dan mengidentifikasi masalah dalam pasar dengan melakukan observasi lapangan untuk menemukan masalah yang terjadi dilapangan.Setiap masalah memiliki potensi untuk mempunyai solusi,karena itu kita harus mengidentifikasi setiap masalah yang terjadi kemudia mencoret masalah yang tidak berpotensi bisnis sehingga mengambil masalah yang memiliki potensi bisnis dengan memilki solusi untuk menyelesaikannya.Masalah yag diambil tersebut harus benar-benar masalah yang dihadapi oleh semua orang dan kita harus memiliki solusi yang mempunyai potensi bisnis yang tinggi.

2. Riset pasar

Setelah meilki satu masalah yang memilki potensi bisnis,maka selanjutnya anda akan melakukan riset dibidang tersebut.Riset yang dilakukan harus memiliki data yang akurat sehingga anda bisa mengambil keputusan yang didasari oleh data tersebut sehingga memilki keputusan yang akurat.

3. Cari model bisnis

mencari model bisnis anda bisa melihat atau mencarinya digoogle dengan data pencarian terbanyak yang sedang tren,namun tidak hanya itu kita harus melihat tren dimedia sosial,bergabung diforum-forum bisnis juga melakukan survei sehingga anda bisa mengetahui model bisnis yang menguntungkan.

4. Tentukan target atau sasaran pasar

Riset pasar yang sudah dilakukan menjadi dasar untuk menentukan langkah selanjutnya,yaitu menentukan target pasar.Dengan memilki target pasar yang lebih spesifik akan membuat anda lebih mudah dalam mengembangkan produk dan lebih mudah dalam menyusun strategi bisnis.

5. Buat produk

Setelah melakukan riset pasar,mencari model bisnis dan menentukan target atau sasaran pasar maka sesuai dengan data yang anda dapatkan,kemudia pastikan produk yang anda buat sesuai dengan kebutuhan pasar.

6. Pasarkan produk dengan strategi yang tepat

Setelah membangun bisnis online anda langkah selanjutnya anda harus memasarkan bisnis online anda dengan sasaran marketing yang tepat.

Creator : Nur Lailah M Sidik

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat