6 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan mudah

6 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan mudah

6 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan mudah 

 

Author; Nurohman

https://www.pexels.com/id-id/foto/macbook-air-yang-diaktifkan-di-permukaan-putih-dan-abu-abu-209726/Masih ada yang bingung dan tidak tahu bagaimana caranya mengetahui spesifikasi laptop atau macbook? Mari merapat, kita kupas tuntas beberapa cara ampuh dan mudah yang bisa langsung kalian terapin.6 cara ini bisa menjadi senjata ampuh untuk mengungkap spesifikasi yang tersembunyi di balik layar perangkat tersebut.  Berikut adalah 6 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan mudah;

1. Cara cek spesifikasi laptop melalui This PC

Cara pertama ini terbilang merupakan cara paling mudah dan cepat. Kalian bisa melihat spesifikasi dan informasi terkait komputer yang sedang kalian cek. Lalu bagaimana caranya?

  • Kalian buka windows eksplorer dengan menekan tombol windows+e
  • Cari folder My Computer atau This PC
  • Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih dan klik properties

Maka dalam sekejap akan muncul baru yang berisi informasi spesifikasi laptop yang sedang dicek. Gampang banget, kan?

2. Cek spesifikasi laptop melalui ‘Command Prompt’

Selanjutnya adalah menggunakan cmd atau command prompt untuk melihat spesifikasi laptop dengan memanfaatkan fitur ‘perintah’ pada Windows. Kalian bisa menggunakan command prompt untuk melihat sistem yang berjalan. Caranya adalah berikut ini:

  • klik tombol Windows+R secara bersamaan untuk lalu ketikkan ‘cmd’ pada kolom yang tersedia. Kemudian klik enter atau OK
  • Tulis ‘systeminfo’ pada tab command prompt
  • Tunggu hingga proses load selesai.

Pada layar akan muncul tab berisi informasi dan spesifikasi laptop yang sedang digunakan.

3. Cek spesifikasi laptop melalui settings

sama seperti gadget, sistem informasi pada windows menyimpan semua informasi mengenai perangkat komputer yang bisa kalian lihat pada pengaturan. Disana tersimpan semua informasi yang kalian butuhkan, termasuk spesifikasi dari laptop yang sedang kalian akses.

baca juga; Aplikasi Woebot, Bantu Para Penderita Mental Illnes Untuk Membantu Motivasi Hidup

Caranya juga terbilang sangat mudah, kalian hanya perlu masuk ke menu pengaturan atau ‘setting’ atau lebih mudah jika kalian langsung mengetikkan keyword tersebut dalam kolom pencarian. Setelah itu pilih ‘system’ dan klik ‘about’ Maka hanya dalam beberapa detik saja akan muncul jendela baru yang memuat informasi perangkat secara detail. Termasuk spesifikasi perangkat dan Windows yang terpasang.

4. Cek spesifikasi laptop menggunakan perintah DxDiag

cara yang satu ini merupakan cara yang paling sering digunakan, hampir sama seperti menggunakan command prompt. Yang membedakan adalah ketika kalian membuka windows run ( windows +R), yang kalian ketikkan adalah dxdiag. Setelah itu enter atau klik OK. Tidak perlu menunggu lama, akan terlihat jendela baru tersebut kamu bisa melihat informasi lengkap seputar spesifikasi laptop atau komputer tersebut.  Gampang  banget ya kan?

5. Cara cek spesifikasi laptop dengan Windows PowerShell

Fitur ini sebenarnya sudah ada cukup lama. Namun fitur ini hanya ada pada pengguna Windows 7 hingga 10 ke atas.  Fitur ini adalah upgrade atau versi peningkatan dari Command Prompt. Cara menggunakannya pun mudah karena mirip dengan saat menggunakan command prompt, bisa kalian lihat seperti berikut:

  • Klik kanan pada logo Windows yang ada pada taskbar 
  • Pada opsi ‘Windows PowerShell’
  • Tuliskan ‘systeminfo’ pada jendela baru yang muncul
  • Tekan ‘OK’ untuk melaksanakan perintah.

6. Cara cek spesifikasi laptop Macbook

Jika daritadi kita sudah membahas cara mengecek spesifikasi laptop pada sistem operasi windows, maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara melihat spesifikasi laptop pada Macbook.

Bagi para pengguna Macbook, cara untuk melihat spesifikasi laptop bisa dilakukan melalui menu ‘About My Mac’. 

  • Pada halaman dekstop, klik logo Apple di ujung taskbar
  • Klik ‘About My Mac’ pada opsi menu 
  • Selanjutnya,informasi singkat mengenai Macbook akan ditampilkan. 

Jika kalian membuthkan informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi macbook, kalian bisa melakukannya dengan cara :

  • Klik logo Apple di bagian ujung taskbar
  • Carilah opsi System Information
  • Tekan tombol ‘Option’ pada keyboard
  • Akan muncul jendela baru berisi dua sisi menu dan informasi lengkap seputar Macbook.

Sekarang gak perlu ribet dan pusing lagi kan? Ternyata cara untuk mengetahui spesifikasi laptop tanpa pihak ketiga sangat banyak dan mudah tentunya.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi dan informasi lainya bisa mampir ke prodi informatika dan sistem informasi terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

Refrensi

  1. Zain, “7 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan macOS,” IDN Times, Jun. 20, 2022. https://www.idntimes.com/tech/trend/laili-zain-damaika-1/cara-cek-spesifikasi-laptop-1 (accessed May 24, 2023).

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat