JENIS-JENIS ARDUINO

JENIS-JENIS ARDUINO
arduino

Photo by Harrison Broadbent on Unsplash

Oleh : Masikin | 193200055

Prodi Informatika Alma Ata – Jenis-jenis arduino :

1. ARDUINO UNO

arduino jenis ini  adalah,arduino yang paling sering dipakai. Terutama bagi para pemula yang  direkomendasikan untuk menggunakan Arduino Uno sebagai mikrokontrolernya. Dan  juga banyak sekali tutorial yang membahas bagaimana cara menggunakan Arduino Uno. Versi terakhir dari arduino uno yaitu Arduino Uno R3 , di tenagai oleh ATMEGA328 sebagai Microcontrollernya, yang memiliki 14 pin output input  digital dan analog inputnya memiliki 6 pin. Untuk mengupload kodingan nya cukup menggunakan sambungan kabel data  USB A ke USB type  B.  yang hampir sama dengan  yang digunakan pada smart USB

2. ARDUINO DUE

Berbeda dengan arduino sebelumnya yang menggunakan ATMEGA sebagai prosesornya, arduino due menggunakan chip yang berspesifikasi lebih tinggi yaitu  ARM Cortex CPU.  yang Memiliki 54  pin digital input output  dan 12 pin analog input.  Untuk mengupload source code nya hanya  menggunakan sambungan Micro USB, 

3. ARDUINO MEGA

Arduino mega adalah salah satu mikrokontroler yang basisnya dari  ATmega2560.  arduino mega memiliki 54 input output pin digital 15 pinya sebagai  pwm output,  16 analog input, 4 UART, USB koneksi, sambungan listrik,tombol reset dan Header ICSP. semua kebutuhan yang mendukung mikrokontroler hampir semua ada. cukup dengan menghubungkan ke PC dengan sambungan USB untuk catu daya mikrokontroler.  Papan Mega 2560 dilengkapi dengan shields yang memang dirancang untuk arduino uno dan Duemilanove.

4. ARDUINO LEONARDO

Arduino leonardo merupakan board arduino yang mirip dengan arduino uno. mulai dari pin input outputnya, yang jumlahnya sama. begitu juga dengan analog inputnya yang juga sama. tapi yang membedakan arduino leonardo dengan arduino uno yaitu koneksinya yang menggunakan port micro usb.

5. ARDUINO FIO

Arduino fio adalah salah satu arduino yang memiliki bentuk yang cukup unik, terutama pada bagian socketnya. meskipun begitu, jumlah  input output pin analognya sama dengan arduino leonardo dan arduino uno. arduino fio memiliki socket yang berjenis XBee. socket XBee membuat arduino Fio dapat dipergunakan untuk projek yang tanpa berkabel.

6. ARDUINO LILYPAD

Arduino lilypad memiliki bentuk yang melingkar yang dapat dipergunakan untuk membuat projek yang unik.  misalnya seperti membuat projek iron man armor. arduino lilypad ditenagai dengan ATmega 168, memiliki 14  pin input output digital dan 6 input pin analog.

7. ARDUINO NANO

Arduino nano merupakan salah satu board arduino yang berukuran kecil dan sederhana. memiliki FTDI untuk Pengkodingang melalui konektor micro USB.  pin input output digitalnya berjumlah 14  dan pin analog inputnya berjumlah 8. dan ditenagai oleh ATmega 168 atau ada versi lain yang di tenagia dengan ATmega 328.

8. ARDUINO NANO

Arduino nano merupakan salah satu board arduino yang berukuran kecil dan sederhana. memiliki FTDI untuk Pengkodingang melalui konektor micro USB.  pin input output digitalnya berjumlah 14  dan pin analog inputnya berjumlah 8. dan ditenagai oleh ATmega 168 atau ada versi lain yang di tenagia dengan ATmega 328.

9. ARDUINO MICRO

Arduino micro merupakan arduino yang hampir mirip dengan arduino nano dan mini, namun ukuranya agak lebih panjang . memiliki fasilitas yang lebih banyak,dengan pin input output digital berjumlah 20 pin dan input analognya berjumlah 12 pin. 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat