Gunakan .com atau .id? Ini adalah penjelasan tentang perbedaannya!

Gunakan .com atau .id? Ini adalah penjelasan tentang perbedaannya!

Prodi Informatika Alma Ata – domain istilah .com dan .id jelas tidak aneh bagi kita semua. Banyak situs web menggunakan dua domain ini. Domain adalah nama tunggal atau nama yang diperbaiki di situs web yang telah kami lakukan. Nama domain dapat ditulis di browser web dan situs web akan muncul. Apakah Anda tahu perbedaan antara domain.com dan domain .id? Jika Anda belum membiarkan Anda melihat penjelasan di bawah ini.

  1. Hak Properti

Dalam hal hak properti, domain .com lebih bebas untuk menggunakannya. Ini karena domain ini bersifat internasional, sehingga semua warga dunia dapat menggunakan domain .com ini.

Berbeda dengan kasus dengan domain .id yang hanya dapat dimiliki oleh warga negara Indonesia. Tidak hanya itu, domain .id memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam penggunaannya, sehingga hanya beberapa bagian yang dapat dan dapat menggunakan ekstensi domain ini. Misalnya, domain .co.id hanya dapat digunakan oleh perusahaan, domain .net.id hanya untuk perusahaan ISP, .go.id domain hanya dapat dimiliki oleh lembaga pemerintah.

Sedangkan untuk domain .id dapat digunakan untuk beberapa institusi, seperti perusahaan, sekolah, organisasi, swasta dan banyak lagi, dengan persyaratan yang harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia domain.

  1. Manajemen

Domain .com dikelola oleh agen pemasok domain internasional yang disebut Internet Corporation untuk nama dan angka yang ditugaskan (ICANN).

Untuk domain .id, yang tidak dikeluarkan oleh administrator domain Indonesia atau yang dikenal sebagai Administrator Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) secara khusus dibuat dan dirancang untuk semua orang Indonesia yang memiliki situs web.

  1. Pemilik

Perbelanjaan domain dapat dibeli di mana saja dan kapan saja yang diinginkan. Hal ini disebabkan oleh banyak penyedia akomodasi yang menyediakan atau menjadi perantara penjualan domain untuk situs web.

Misalnya, jika Anda ingin membeli domain dari salah satu pemasok Inggris, Anda dapat melakukan transaksi melalui Internet dan melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Sangat mudah, bukan?

Di Indonesia, properti domain., Masih sangat jarang. Tidak hanya karena itu hanya dirilis oleh Pandi, tetapi juga karena harganya cukup mahal, yang sekitar 500 ribu.

 

Jadi, bagaimana dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing dari domain ini?

Pertama dalam hal kelebihan, untuk domain. ID Keuntungannya tidak mudah direplikasi. Karena persyaratan yang harus dipenuhi tidaklah mudah, maka domain ini akan membuat pemilik situs web merasa lebih profesional dan bergengsi sudah memiliki situs web dengan domain .id. Dan domain ini juga memberikan kemudahan dalam hal manajemen. Karena membelinya di Indonesia, makan akan lebih mudah untuk mengurusnya jika terjadi masalah.

Sementara keunggulan domain .com mudah untuk memiliki siapa pun dari lokasi mana pun. Ini karena harganya relatif ekonomis dan tidak memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pembeli. Sehingga setiap orang dapat memiliki domain ini hanya dengan mendaftarkannya di perekam.

Kedua dalam hal kegagalan, domain .id cenderung dalam proses properti yang birokratis. Selain itu, domain .id belum populer, jadi tidak mudah bagi orang untuk mengingatnya. Komunitas lebih akrab dengan domain .com yang telah ada sejak masa lalu.

Kerugian dari domain .com sangat kredibel sehingga tetap kurang. Dengan akses mudah di properti domain ini, beberapa bagian menyalahgunakan kegunaan domain ini. Banyak scammers menggunakan domain .com untuk menipu dan meyakinkan para korban. Kemudian, berhati-hatilah jika Anda mendapatkan situs web domain ini.

 

Nah, setelah membaca penjelasan sebelumnya, lebih tertarik pada domain mana nih?

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat