SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Prodi Informatika Alma Ata – Teknologi Informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang mengacu pada semua teknologi komunikasi, termasuk internet,jaringan,gadget,software,social media, dan yang lainnya.TIK sering digunakan sebagai layanan media pengguna untuk mengakses, mengambil, menyimpan dalam bentuk digital.

TIK adalah konvergensi jaringan telepon dan komputer melalui sistem kabel tunggal dengan kemudahan penyimpan data, manipulasi, manajemen, dan pengambilan yang berkaitan dengan manajemen basis data, pemrogaman komputer, dan pengembangan software.

Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer dan teknologi informasi pada pertengahan abad ke-20.perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat hingga saat ini.

Sejarah Teknologi Informasi

Teknologi informasi menggambarkan perkembangan peradaban manusia yang diiringi melalui perkembangan cara penyampaian informasi. Dulu masa prasejarah manusia purba menyampaikan informasi melalui lukisan di dinding goa atau batu-batu yang besar, sekarang informasi bisa diakses dengan mudah melalui internet. Dimasa digital sekarang ini semakin banyak informasi yang deserap lewat internet, internet seolah mampu memberikan info tanpa batas.

Ilmu teknologi informasi digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan dalam mengambil keputusan. Dalam teknologi informasi diperlukan seperangkat komputer dan sistem jaringan.

Sejarah teknologi komunikasi

  1. Masa Prasejarah

Di  zaman prasejarah, teknologi komunikasi mulai diciptakan, manusia purba berkomunikasi melalui tulisan di dinding-dinding goa,dengan symbol-simbol dan dengan isyarat. Kemudian semakin berkembang dan terciptanya alat-alat yang menghasilkan bunyi isyarat, seperti : gendang, terompet, kentongan.

  1. Masa Sejarah

Pada zaman sejarah, Teknologi komunikasi semakin berkembang mulai menggunakan burung merpati untuk mengirim surat. Merpati adalah salah satu alat komunikasi pengantar surat atau pesan, merpatu dipilih karena burung yang memiliki daya ingat kuat. Metode ini berasal dari orang-orangh Persia yang melatih burung-burung merpati.

  1. Masa Modern

Pada zaman modern yang bisa dicontohkan sampai sekarang ini awalnya alat komunikasi dimulai terciptanya telegraf,telegram,surat menyurat hingga email yang kemudian berkembang menjadi telepon. Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh, alat ini diciptakan oleh seorang warga Amerika yang bernama Samuel F.B Morse dengan asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertamanya berupa kode morse, pesan ini hanya orang-orang yang paham kode morse  yang bisa mengirim dan menerima.

Telegram baru dipopulerkan sekitar tahun 1920an, Telegram berisi kombinasi kode yang ditranmisikan. Telegram pertama kali di populerkan oleh perusahaan Telkom, ada 2 jenis telegram yaitu telegram biasa dan indah, perbedaanya yaitu kalau telegram biasa berwarna biru muda sedangkan telegram indah hanya bisa dikirimkan pada hari-hari tertentu saja seperti tahun baru dan hari raya

Penemuan telepon di karenakan permintaan pengguna telegraf yang semakin benyak dan berkembang. Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Yang kemudian jaringan telepon diambil alih oleh pemerintah Hindia Belanda melalui PTT(Post,Telegraf,Telepon).

 

Sumber : https://www.google.co.id/amp/s/amp.tirto.id/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-gaJs

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat