PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN DI ERA TEKNOLOGI

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN DI ERA TEKNOLOGI

Prodi Informatika Alma Ata – Masyarakat pedesaan pada umumnya dikenal sebagai masyarakat yang kental terhadap nilai/moral local budaya, dengan seiring perubahan jaman, maka akan mengalami perubahan. Masyarakat adalah sekumpulan atau sekelompok manusia dari daerah satu ke daerah lain yang membentuk sebuah perkampungan atau pedesaan yang di dalamnya terbentuk suatu struktur organisasi.

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat dengan mempengaruhi system sosialnya, termasuk dalam perubahan nilai sosial, sikap – sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Pada bidang sosial, manusia mengalami perubahan pada segala aspek. Pada intinya, setiap perubahan yang dialami manusia akan mengalami perubahan di segala bidang aspek, apalagi adanya perubahan perkembangan teknologi yang dialami manusia saat ini.

Perubahan Budaya dalam kehidupan masyarakat di Era Teknologi

Sebelum adanya perkembangan teknologi, manusia hanya dikenalkan teknologi tulis tangan atau disebut juga manual. Namun, pada era teknologi sederhana ini juga mengalami kendala maupun hambatan yang disebabkan sebagian manusia tidak bisa membaca atau menulis. Dengan berjalannya waktu, teknologi tulisan tangan akan terganti dengan adanya mesin cetak seperti saat ini. Tulisan semakin banyak dan menyebar, akan tetapi masih tetap dengan penyebaran tersebut mengalami hambatan karena manusia tidak bisa membaca secara keseluruhan. Pada akhirnya, ditemukan media Audio, yaitu audio radio. Untuk  orang orang yang tidak bisa membaca, maka dengan cara ini dapat mendengarkan melalui radio.

Teknologi audio radio ini mengalami perkembangan yang cukup pesat di seluruh penjuru dunia. Bahkan, perkembangan teknologi akan terus berlanjut pada kehidupan manusia yang dikenal dengan audio visual yaitu televisi/TV. Ketika televisi berkembang maka akan mempengaruhi juga dari segi budaya dalam kehidupan manusia. Kemudian, perkembangan hingga saat ini yaitu internet.

Internet adalah sebuah system komunikasi global yang menghubungkan computer-komputer dan jaringan computer di seluruh dunia. Teknologi inilah yang paling mutakhir pada era informasi saat ini yang banyak menimbulkan dampak sisi negative maupun sisi positif. Hampir keseluruhan kehidupan manusia terganti oleh adanya teknologi.

Sebelum teknologi mengalami perkembangan, bahwa pada kehidupan pedesaan masih sangat kental terhadap budaya atau tradisi local. Seperti orang tua mengajarkan pada anaknya dengan kata pepatah, petitih ataupun etika supaya ajaran orang tua diterapkan untuk ajaran pedoman dalam kehidupan anak. Namun, perubahan sosial terjadi yang dialami saat ini mengalami perubahan juga. Ketika teknologi berubah maka budaya yang dialami masyarakat ikut mengalami perubahan.

Perubahan yang terjadi di segala bidang dalam kehidupan manusia pada awalnya belum menemukan teknologi-teknologi  modern. akan tetapi perubahan terjadi, maka kehidupan masyarakat sehari-hari akan mengalami perubahan juga. Awalnya, masyarakat belum mengenal adanya listrik yang untuk memberikan penerangan pada rumah-rumah. Perkembangan teknologi pada daerah pedesaan bukan hanya teknologi saja, tetapi juga pada sarana dan prasarana jalan yang ada di desa. Pada prasarana jalan di pedesaan masih dalam kategori yang tidak layak untuk dilalui kendaraan sepeda motor, dan mobil. Namun, dengan adanya program pemerintah terhadap wilayah di perbatasan hamper semua perbatasan saat ini mengalami perubahan yang sangat pesat, termasuk semua perbatasan terdapat akses jalan untuk kendaraan.

Dampak perubahan hampir dirasakan oleh seluruh masyarakat pada umumnya, termasuk pedesaan hampir semua menggunakan internet telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Ketika masuk di era teknologi internet saat ini sudah tidak ada lagi batas-batas antara daerah perkotaan maupun daerah pedesaan. Hampir keseluruhan informasi yang didapatkan oleh masyarakat perkotaan juga sama dengan yang didapatkan kepada masyarakat pedesaan. Sekarang teknologi internet telah membawa banyak perubahan yang begitu besar dalam kehidupan pedesaan. Pada waktu dahulu pedesaan masih dikatakan sebagai masyarakat yang kurang update dengan informasi dibandingkan masyarakat kota. Tetapi saat ini telah banyak perubahan sehingga tidak ada sama sekali perbedaan antaran masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat