PREDIKSI TEKHNOLOGI MASA DEPAN

PREDIKSI TEKHNOLOGI MASA DEPAN

Prodi Informatika Alma Ata – Perkembangan tekhnologi bukan hal penting untuk dikhawatirkan, karena pada awalnya setiap kemunculan tekhnologi baru sering ditemui kesulitan, sebab setiap hal yang baru tentu memerlukan penyesuaian dan itu membutuhkan waktu,tidak secara instan.

Kemungkinan teknologi di masa depan

Membicarakan masa depan banyak manusia yang mendambakan dan menunggu apa terobosan teknologi yang terbaru dan lebih canggih, ditambah lagi potensi kemauan manusia untuk mengembangkan lebih baik.

Timbulnya pekerjaan baru

Di masa sekarang yang bisa dikatakan revolusi industry 4.0 ciri-cirinya adalah perkembangan yang berkiblat digital. Karena digital dapat mungkin terdapat dalam setiap aspek, dan kemungkinan posisi manusia dalam pekerjaan akan tergantikan.

Sebab terobosan sekarang semakin kesini semakin canggih, akan tetapi secanggih-canggihnya teknologi ,itu masih bikinan manusia dan pasti sering menemukan kekeliruan dan kerusakan, dan manusialah yang dapat memperbaiki hal tersebut

Tata atur global

Hal yang berkaitan tentang tata atur global yaitu beralih mengarah ke digital, mungkin tahun yang akan datang sistem pemerintahan di atur lewat teknologi digital, penggunaan big data dalam setiap menjalankan beberapa keperluan pengendalian.

Komunikasi bebas hambatan

Telekomunikasi seluler berevolusi begitu pesat, perubahan tersebut menjadikan smartphone tidak hanya buat sekedar alat komunikasi melainkan bisa juga untuk mencari informasi dan sarana hiburan.

Sejumlah sumber menyebutkan jaringan 5G mampu mentransmisikan data 10 hingga 100 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G sekarang ini yang hanya dapat mentranmisikan data 45 Mbps, dapat diartikan saat menggunakan smartphone seperti download, upload, streaming, video call, dan game bisa berjalan lebih cepat dan bahkan bebas hambatan.

Kehadiran teknologi 5G ini dipredikasi akan menyediakan konektivitas lebih luas dari pada sebelumnya, karena jaringan tersebut dirancang untuk menghubungkan hamper semua elemen seperti manusia, mesin,obyek, hingga perangkat digital terkoneksi secara realtime.

Dengan kemampuan yang ada dalam 5G ini bakal semakin memaksimalkan penerapan Internet Of Thinks dan kecerdasan buatan dalam bidang transportasi,logistic,kesehatan dan keamanan.

Rumah Cerdas

Beberapa tahun belakangan ini istilah rumah cerdas (smarthome) makin sering terdengar. Hal ini terjadi seiring berkembangnya inovasi yang dapat mempraktiskan pekerjaan manusia ,tidak hanya dalam urusan bisnis tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Rumah cerdas (smarthome) merupakan cerminan rumah berbasis teknologi, yang dimana teknologi disematkan di dalam rumah untuk mengatur dan mengontrol rumah dengan cara otomatis  dan jarak jauh dari mana saja dan kapan saja dengan bantuan smartphone yang tersambung dengan internet

Sistem rumah cerdas (smarthome system) menghubungkan seluruh perangkat rumah seperti lampu,AC,pintu,air,TV dengan internet yang ada dirumah contohnya wifi kemudian kita bisa mengontrol dan mengoprasikan jarak jauh dengan bantuan smartphone. Secara tampilan, rumah yang dilengkapi sistem rumah cerdas tidak berbeda jauh dengan rumah pada umumnya.

Sumber : https://www.viva.co.id/amp/vstory/teknologi-vstory/1212414-prediksi-teknologi-masa-depan-dengan-trend-dan-tantangannya?page=2&utm_medium=page-2

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat