Teknologi Komunikasi Dan Peran Remaja

Teknologi Komunikasi Dan Peran Remaja

Prodi Informatika Alma Ata – Istilah teknologi berasal dari kata techne dan logia kata Yunani Kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti orang yang memiliki keahlian tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menunjukan suatu pola langkah, dan metode yang pasti,  keterampilan tersebut menjadi lebih teknik  (Tumanggor; 2010). Menurut Alisyahbana dalam bukunya Nanang Martono (2011), teknologi merupakan cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan teknologi dapat memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.

Menurut Ellul dalam bukunya Nanang Martono (2011), teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional  mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

Dengan adanya perubahan teknologi komunikasi dari tahun ke tahun dapat memepengaruhi perkembangan remaja, karena berita mengenai apapun dapat di indentifikasikan melalui media manapun, namun Kembali lagi bahwa mau sejenis apapun media itu tentunya sebagai remaja harus bisa menyikapi segala sesuatu itu dengan hal yang positif karena mereka adalah generasi muda yang harus bisa mencontohkan yang terbaik untuk negara kita. Dengan makin berkembangnya teknologi komunikasi, peran seorang remaja-lah yang bisa memanfaatkan peluang untuk bisa menggalih ilmu lebih banyak lagi dan bisa membawa perubahan untuk diri sendiri.

Janji Teknologi

Setiap perkembangan teknologi selalu menjanjikqn kemudahan efisiensi, serta peningkatan produktivitas . dalam bukunya Nanang Martono (2011) disebutkan berapa hal yang dijanjikan teknologi antara lain:

  1. Teknologi menjanjikan perubahan. Setiap penemuan baru akan melahirkan berbagai perubahan dalam sebuah masyrakat. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari seorang remaja contonya menggunakan HP di dalam isi hp ini tentunya bisa membantu untuk mengarahkn kita sesuatu yang tidak di pahami tanpa kita bertanya langsung ke orang yang kebih tahu.
  2. Teknologi menjanjikan kemajuan dengan menggunakan teknologi tentunya bisa membawa seorang remaja mampu menggali potensi dirinya melalui media apapun, contohnya seorang remaja yang sudah masuk di perguruan tinggi, apabila seorang mahasiswa/mahasiswi ingin menggali segala susatu yang bukan hanya  jurusan nya saja yang diamnbil, maka  dengan teknologi bisa menagarahkan ia kesana  untuk mendapatkan referensi dalam menambah wawasannya.
  3. Teknologi menjanjikan kemudahan, dengan teknologi memudahkan seorang remaja masuk ke perguruan tinggi bisa di akses dari media manapun untuk bisa masuk dikampus terbaik dan berkualitas apalagi sekarang masih dalam keadaan COVID-19 bisa memudahakan calon-calon mahasiswa/mahasiswi  baru untuk mendaftar secara online.
  4. Teknologi menjanjikan peningkatan produktivitas, dengan teknologi seseorang yang mau memulai sebuah usaha dapat memudahkan mereka  untuk meningkatkan potensi mereka dalam menjalankan usaha  mereka, dan bagaimana mecipatkan usaha itu agar berjalan dengan semestinya.
  5. Teknologi menjanjikan kecepatan. Memanfaatkan teknologi berbagai pekerjaan dapat diselesaiakn dengan cepat. Keberadaan teknologi akan memudahkan pelajar untuk menyelesaiakn tugas belajar mereka.
  6. Teknologi menjanjikan popularitas. Manusia saat ini dapat menjadikan teknologi sebagai tempat untuk menjadikan mereka lebih dikenal orang banyak baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tak hanya itu banyak yang memanfaatkan teknologi untuk menhasilkan uang  dengan berbagi eksends mereka. Jadi teknologi dapat memberikan peluang untuk manusia dibumi ini untuk menuangkan hasil karya mereka dari berbagai media.

Modernisasi 

Menurut Sztomka, modernisasi mengandung tiga makna. Makan paling umum sama dengan seluruh jenis perubahan social progresif apabila masyarakat bergerak maju menurut sekala kemajuan yang diakui. Makna  kedua adalah” modernitas “, yang berarti tranformasi social, politik, ekonomi, kultural, dan mental yang terjadi di Barat sejak abad ke-16 dan mencapai puncaknya di abad ke-19 dan 20. Modernitasi yang dimaksud di sini meliputi proses industrialisasi, urbanisasi, rasionalisasi, birokratisasi, demokratisasi, pengaruh kapitalisme, perkembangan individualisme, dan  motivasi untuk berprestasi, meningkatnya pengaruh akal dan sains serta berbagai proses lain. Modernisasi  berarti proses transformasi yang dilalui masyarakat tradisional atau masyarakat prateknologi untuk menjadi masyarakat yang ditandai oleh teknologi mesin, sikap rasional dan sekuler serta struktur social yang sangat terdiferensiasi.

Dari definisi modernisasi yang sudah dijelaskan diatas juga dapat diketahui bahwa moderniasi dapat menimbulkan sekulerisasi, yaitu merossotnya arti penting keyakinna agama, kekuatan gaib, nilai. dan norma, dan digantikan oleh gagasan dan aturan yang di sahkan oleh argumen dan pertimbangan “duniawi”. 

Dengan teknologi yang maju bukan berarti dampak positifnya saja namum ada juga dampak negatif  bagi pengguna yang salahkan menggunakan teknologi tersebut. 

Contohnya anak kehilangan kemampuan berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan online, adanya pelanggaran hak cipta, kejahatan di internet, penyebaran virus computer dan pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini membawa banayak perubahan dalam hidup manusia. Tidak terkecuali dalam hal interaksi antar manusia. Kemajuan teknologi membuat komunikasi menjadi semakin mudah. Saat tidak dapat bertemu secara langsung kita tetap dapat menjalin komunikasi . adanya fasilitas-fasilitas untuk berkomunikasi seperti media sosial dan instant massenger yang bisa digunakan untuk chatting membuat smartphone banyak diminati oleh kaum muda, khususnya remaja apalagi saat inisudah banyak aplikasi untuk berkominiksasi yang bisa diunduh secara gratis dengan fasilitas yang kebih lengkap . Sesuai dengan usianya, remaja adalah fase dimana mereka mulai ingin mengenal lingkungan selain didalam keluarag mereka. Remaja mulai beradaptasi dengan lingkungannya barunya ketika sudah berada di masyarakat. Kemajuan teknologi membuat cara berkomunikasi antara manausia menjadi lebih menarik dan beragam

Creator : Mega Purnama Sari

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat