PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA

Prodi Informatika Alma Ata – Sebagian besar penduduk dunia sekarang tidak hanya menggunakan komputer untuk melakukan perkerjaan, terlebih disaat pandemic saat ini ,yang dimana semua aktivitas dilakukan secara online.

Perangkat computer yang awalnya digunakan sebagai penunjang pekerjaan, sekarang menjadi kebutuhan wajib yang dimiliki manusia. Sebelum dilengkapi dengan fitur yang canggih seperti sekarang, perkembangan komputer diawali dari sebuah inovasi sederhana pada tahun 1800-an

Generasi pertama (1940-1956)

Perangkat komputer yang pertama dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali, yang digagas oleh Konrad Zuse (seorang insinyur dari jerman). pada generasi pertama menggunakan bahan dasar tabung hampa udara sebagai sirkuit dan drum magnetic sebagai memori.

Alat ini sangat besar memiliki bobot 30 ton, panjang 30 meter, dan tinggi 2,4 meter dan komputer ini mengandalkan bahasa pemrogaman paling rendah yang hanya bisa dimengerti komputer yang disebut machine language, contoh komputer generasi pertama yaitu UNIVAC dan ENIAC.

Generasi kedua (1964-1971)

Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Kelebihan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil dari tabung vakum sebelumnya, dengan bentuk minimalis dari transistor, pada generasi ini menjadi lebih kecil dan lebih hemat daya. Di generasi ini bahas pemrogamannya mulai diperkenalkan COBOL dan Fortran, dan untuk memori penyimpanannya juga dirubah dari yang menggunakan drum magnetic menjadi teknologi magnetic, yang merupakan komputer generasi kedua yaitu : IBM 7000, IBM 650, IBM 1401, dan NCR 304.

Generasi ketiga ()

Generasi ini dimulai ketika teknologi transistor meningkat menjadi sirkuit terpadu. Inovasi pada generasi ini yaitu komputer mini yang signifikan dalam mempengaruhi generasi selanjutnya. NASA menggunakan alat generasi ini untuk melancarkan program Apollo,Digital Equipment Corporation menjadi perusahaan komputer nomor dua dibelakang IBM dengan PDP dan VAX-nya. Alat ini membawa ke pengembangan sistem operasi yang berpengaruh yaitu UNIX

Generasi keempat (1971-sekarang)

Biasa disebut generasi Microprocessor, pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971 yang kemudian perusahaan Apple.inc merilis Macintos pada tahun 1984.

Bersamaan dengan generasi processor ini lahirlah internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu warna (green color). Selain dikembangkan sebuah chip sebagai memori alat ini, seiring bertambahnya waktu para pakar melengkapi apa yang belum ada untuk merancang PC compatible atau yang biasa disebut laptop.

Oleh karena itu, pada generasi ini bisa dikatakan kemunculan PC yang compatible atau perangkat yang bisa dibawa kemana-mana dengan mudah dan ringkas. Beberapa contohnya yaitu : IBM Pentium II, Apple II, IBM PC/386

Generasi kelima (sekarang)

Generasi ini merupakan perkembangan komputer yang memumculkan generasi AI. Yang memiliki kecerdasan buatan yang dapat melakukan input dan output dengan baik, bahkan sekarang kita dapat menginput dengan bahasa yang digunakan manusia sehari-hari dan dapat menyesuaikan keadaan dan dapat mempelajari keadaan lingkungan sekitar.

Sumber : https://www.google.co.id/amp/s/techno.okezone.com/amp/2020/11/17/16/2311119/perkembangan-komputer-dari-masa-ke-masa

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat