Dulunya dianggap hanya sebuah khayalan film, 5 teknologi film ini sekarang banyak digunakan

Dulunya dianggap hanya sebuah khayalan film, 5 teknologi film ini sekarang banyak digunakan

Prodi Informatika Alma Ata – Dulu teknologi – teknologi ini hanya terdapat pada film – film ber genre science fiction (sci – fi) atau fiksi ilmiah yang didalam film tersebut terdapat teknologi – teknologi yang pada saat itu dianggap khayalan saja, kini teknologi – teknologi tersebut sudah tidak asing di lingkungan kita. Inilah beberapa teknologi tersebut :

  1. Face recognition.

Face recognition atau pengenal wajah merupakan alat yang digunakan untuk mengenali atau mencocokan wajah manusia dengan database wajah yang ada di system, dulu alat ini hanya ada dalam film sci-fi saja, tetapi sekarang sudah banyak digunakan dimana – mana, bahkan di smartphone saja sekarang sudah banyak yang menggunakan system pengenal wajah tersebut.

2. Virtual assistant

Anda mengenal atau mengetahui Jarvis ? ya, asisten virtual milik tonny stark yang dapat disuruh – suruh melakukan sesuatu hanya dengan ucapan kita saja dalam film ironman. Mungkin dulu hal itu dianggap tabu atau tidak mungkin, tapi sekarang seperti dengan face recognition virtual assistant ini pun sudah ada dalam handphone kita seperti google assistant, siri dari apple, maupun cortana pada windows 10.

3. Video call

Jika kalian menonton serial film kartun spongebob squarepant pastinya sudah tidak asing dengan karakter plankton yang mempunyai kekasih sebuah computer yang bernama karen, dulu mungkin kalian menganggap hal tersebut sangat aneh, tapi liat sekarang banyak pasangan yang pacaran atau menghabiskan waktu bareng hanya dengan saling tatap maya yaitu dengan teknologi video call, tentu kalian sudah tau dan biasa menggunakan teknologi ini, tentunya saya juga sering menggunakan hehe.

4. Smarthome

Teknologi ini mungkin dulunya juga banyak ditemukan di film – film bahkan bukan hanya film bergenre sci-fi saja, tetapi di film home alone pun sudah ada teknologi ini. Smarthome merupakan system otomisasi rumah yang memungkinkan kalian mengontrol atau mengatur banyak hal seperti menyalakan lampu, menutup pintu, bahkan mematikan arus listrik pada terminal listrik hanya dengan smartphone. 

Smarthome sendiri sudah banyak yang menggunakannya sekarang – sekarang ini, bahkan brand Indonesia yang berfokus pada smarthome pun sudah banyak seperti yang saya gunakan, yaitu bardi smarthome, ya walaupun saya hanya pakai bohlam rgb saja, tetapi rumah saya sudah lumayan pinter lah dikit – dikit. 

5. Smartwatch

Dan yang terakhir teknonogi ini sudah banyak juga dipakai oleh khalayak umum, apalagi yang suka olahraga lari maupun bersepeda, gadget yang satu ini pasti sudah tidak asing, yaitu smartwatch atau jam pintar, gadget ini merupakan jam tangan yang terintegrasi biasanya dengan handphone kita, fungsinya sangat beragam seperti mengukur detak jantung kita, mengukur jarak yang sudah kita tempuh, dan masih banyak lagi.

Menarik bukan yang tadinya hanya imajinasi penulis sebuah film bisa terwujud langsung, tentunya masih banyak lagi teknologi – teknologi yang seperti diatas, mungkin saja nanti bisa ada celana kotak seperti milik spongebob, tentu kita tidak tau apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Creator : M. Dhiyaul Lami’

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat