Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Contohnya

Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Contohnya

Prodi Informatika Alma Ata – Di era seperti saat ini, perkembangan zaman yang cepat tentu juga sama dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat.  Oleh karena itu, saat ini teknologi adalah hal yang sangat diperhatikan guna memudahkan pekerjaan manusia. 

Tentu saja dengan pesatnya teknologi era ini, membuat kita tergila gila untuk menciptakan teknologi- teknologi baru untuk memudahkan urusan manusia. Hingga tidak sedikit orang-orang menciptakan teknologi tersebut hanya mementingkan keselamatan tapi tidak dengan impact atau dampak yang ditimbulkan. Salah satunya adalah limbah. 

Oleh karena itu diharapkan dengan adanya era teknologi ramah lingkungan mampu menjaga keseimbangan alam tanpa merusak dan merugikan serta memberikan dampak negative terhadap lingkungan di sekitarnya.

Lalu Apa Itu Teknologi Ramah Lingkungan?

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Teknologi ramah  Lingkungan adlaha teknologi yang dalam pembuatan dan penerapannya menggunakan bahan baku  yang ramah lignkungan, proses yang efektif dan eisien dan mengeluarkan limbah yang minimal sehingga dapat mengurangi dan mencagah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup. 

Dari situ bisa kita ambil pengertian bahwa teknologi ramah lingkungan adalah suatu cara atau metode yang pengamplikasian atau implementasinya untuk mencapai suatu tujuan tanpa merusak, mengorbankan ataupun merugikan kaidah kelestarian alam sekitar.

Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan 

Hampir di seluruh belahan dunia berusaha keras untuk meminimalisir dampak pencemaran lingkungan, salah satunya dengan membuat teknologi-teknologi baru sampai dilakukannya pengaplikasian teknologi ramah lingkungan di berbagai bidang. Untuk itu teknologi ramah lingkungan juga memiliki beberapa prinsip, diantaranya :

1. Refine                    : penggunaan bahan atau pemilihan proses yang  lebih ramah lingkungan daripada teknologi yang lalu.
2. Reduce                  : meminimalisir jumlah limbah dengan metode pengoptimalan penggunaan bahan.
3. Reuse                    : pemakaian kembali bahan-bahan yang sudah tidak terpakai dan diproses lagi dengan metode yang berbeda.
4. Recycle                 : memiliki artian yang hampir sama dengan reuse, bedanya jika recycle diproses lagi dengan metode yang sama.
5. Recovery              : pemanfaatan sebagian material penting dari limbah guna diproses untuk keperluan yang lain
6. Retrieve energy  : penghematan di setiap melakukan proses produksi

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

  • Biogas

Biogas merupakan teknologi ramah lingkungan di bidang energy dan industri sejenis bahan bakar alternative yang sudah digunakan. Biogas berasal dari proses fermentasi bahan organic bakteri anaerob dimana bakteri tersebut mengubah zat organic menjadi gas metana dan gas lain seperti CO2

  • Biopori

Biopori ialah teknologi di bidang lingkungan yang berbentuk seperti lubang silindris yang dibuat secara vertical ke dalam tanah guna resapan air yang bertujuan untuk mengakali genangan air dengan metode meningkatkan daya resap air

  • Mobil Listrik

Mobil  listrik adalah salah  satu contoh pengaplikasian teknologi ramah lingkungan di bidang transportasi. Mobil ini ialah kendaraan dengan satu atau beberapa unit motor listrik sebagai tenaga penggerak.

Creator : Wasilaturrohmah

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat