Peran Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran.

Peran Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran.

Prodi Informatika Alma Ata – Dunia pendidikan untuk saat ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat, ditambah dengan peran teknologi dalam dunia pendidikan. Peran teknologi dalam dunia pendidikan sangat mempengaruhi majunya pendidikan, sebab dengan mudah kita bisa mendapatkan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. 

Di era 4.0 saat ini teknologi banyak digunakan di dalam pendidikan, banyak sekolah-sekolah bahkan universitas yang menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, sehingga memudahkan guru dalam mengajar. Di Indonesia, lebih dari 530,000 sekolah ditutup sebagai upaya mengurangi penyebaran virus korona (COVID-19). 

Pada masa pandemi Covid-19 ini teknologi sangat diperlukan dalam penddidikan sebab proses belajar mengajar yang dilakukan dengan via online pastinya memerlukan teknologi, Artinya peran teknologi dimana pandemi Covid-19 ini begitu besar hampir setiap sekolah yang melaksanakan sekolah via daring pasti menggunakan teknologi seperti gadget. 

Timbul pertanyaan mendasar adalah apakah dengan menggunakan teknologi dalam dunia pendidikan dimasa pandemi ini sudah dapat memenuhi kriteria untuk tercapainya tujuan pembelajaran ? Menurut saya tidak semua sebab terkadang masih banyak kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring, seperti permasalahan sinyal dan lain-lainnya. 

Akan tetapi untuk masalah urgent seperti ini teknologi yang hadir di tengah dunia pendidikan pada masa pandemi Covid-19 ini sudah banyak sekali memberikan manfaat serta peran dalam ketercapaian tujuan pembelajaran, tergantung bagaimana menggunakan teknologi yang baik dan benar dalam proses pembelajaran.

Untuk itu dalam masa pandemi Covid-19 ini teknologi sangat dibutuhkan sebagai media pembelajaran agar guru dan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran dan dapat tercapainya tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan.

Creator : M. Fadhlan Syahnaidi

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat