8 Bahaya Penggunaan Earphone Berlebihan

8 Bahaya Penggunaan Earphone Berlebihan

8 Bahaya Penggunaan Earphone Berlebihan, Resiko Kesehatan Mengintai Kamu

 

Author: Dinil Qowim Wahyuda

Source: Pexels.com

Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak yang dapat kita peroleh dari kenyamanan yang teknologi berikan. salah satunya yaitu Earphone yang memberikan kita kemudahan untuk mendengarkan lagu tanpa terganggu ataupun mengganggu orang-orang disekitar kita. Saat ini Earphone sudah menjadi teman setia bagi sebagian besar orang. Biasanya, barang tersebut setia menemani sebagian orang untuk beraktivitas seperti bekerja, olahraga, bahkan saat melakukan perjalanan dengan transportasi umum.

Penggunaan earphone yang terlalu lama dapat menyebabkan penyakit pada telinga, bahkan bisa menyebabkan ketulian. Penggunaan headset dengan suara melebihi kapasitas pendengaran manusia dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan ketulian atau gangguan pendengaran. Bahkan, penggunaan minimal 15 menit pun juga berisiko memicu gangguan pendengaran yang bersifat sementara maupun permanen. dan masih banyak lagi bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan earphone secara berlebihan baik untuk fisik maupun psikis manusia.

Berikut 8 bahaya penggunaan earphone secara berlebihan yang mungkin akan terjadi:

  • Gangguan Pendengaran

Pemakaian earphone dengan volume tinggi atau dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada pendengaran. Ini dapat berdampak pada kemampuan mendengar secara permanen.

  • Infeksi Telinga

Menutup telinga dengan earphone dapat menciptakan lingkungan yang lebih lembab, yang dapat meningkatkan risiko infeksi telinga. apalagi saat kita menggunakan earphone di kondisi tidur, hal itu sangat memungkinkan terjadinya gesekan antara earphone dan telinga yang dapat menyebabkan luka lalu infeksi pada bagian telinga.

  • Ketergantungan

Penggunaan earphone yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan pada musik atau suara tertentu di setiap kondisi tanpa peduli dengan hal yang terjadi di sekitarnya

  • Gangguan Sosial

Penggunaan earphone yang berlebihan dapat mengisolasi seseorang dari lingkungan sosialnya, karena mereka mungkin tidak sadar terhadap suara atau percakapan di sekitarnya.

  • Gangguan Fungsi Kognitif

Penggunaan earphone yang terus-menerus dapat mengganggu fungsi kognitif, seperti konsentrasi dan fokus.

  • Gangguan Emosi

Pemakaian earphone terus-menerus dapat mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan emosional. Beberapa orang mungkin menggunakan earphone sebagai pelarian dari stres, tetapi itu tidak selalu merupakan solusi yang sehat.

  • Peningkatan Risiko Kecelakaan

Menggunakan earphone saat berkendara atau berada di lingkungan yang memerlukan perhatian penuh dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena pengguna mungkin tidak mendengar suara klakson atau tanda peringatan.

  • Tinnitus

Pemakaian earphone secara berlebihan dengan volume suara yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya tinnitus. Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar bunyi yang tidak berasal dari sumber suara eksternal, dan ini bisa berupa dering, berdesir, berdenting, atau suara lainnya.

baca juga; Kelebihan dan Kekurangan 5G dalam Era Konektivitas

Dalam penggunaan earphone, kesadaran terhadap risiko kesehatan sangat penting. Pastikan untuk menggunakan earphone dengan bijak, menjaga volume suara pada tingkat yang aman, dan memberikan istirahat yang cukup untuk telinga Anda. Jangan lupakan pentingnya tetap terhubung dengan lingkungan sekitar dan menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi dengan kebutuhan kesehatan fisik dan mental. Jika Anda mengalami gejala atau masalah kesehatan terkait, segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi dan saran lebih lanjut. Keselamatan dan kesehatan pendengaran Anda adalah prioritas utama.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

 

Ref:

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230307184148-33-419665/8-risiko-ini-mengintai-kamu-yang-kelamaan-pakai-earphone

 

1 Comment

Pingbacks

  1. […] baca juga; 8 Bahaya Penggunaan Earphone Berlebihan […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat