Mengenal Teknologi VR

Mengenal Teknologi VR

 

Mengenal Teknologi VR (Virtual Reality) dan Dampaknya pada Kehidupan Sehari-hari

 

 

Author: Dinil Qowim Wahyuda

Source: Pexels.com

Virtual Reality atau biasa disingkat VR adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk terlibat secara interaktif dalam lingkungan simulasi yang menyerupai dunia nyata atau imajinatif.   Dengan menggunakan headset VR dan kontroler, pengguna dapat merasakan pengalaman visual, audio dan interaksi yang mendalam.

Pada awalnya untuk mengakses atau mendapatkan pengalaman virtual reality, pengguna membutuhkan beberapa peralatan khusus yang cukup kompleks dan tergolong mahal untuk didapatkan. akan tetapi melalui perkembangan dari tahun ke tahun, kini VR bisa dinikmati secara luas dengan harga yang ekonomis, menggunakan peralatan berkualitas tinggi yang mudah diakses.

Virtual reality bekerja dengan cara memanipulasi otak manusia sehingga pengguna seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata. Bisa dibilang, virtual reality merupakan proses penghapusan dunia nyata bagi pengguna, kemudian membuat si pengguna merasa seakan tergiring masuk ke dunia virtual yang sama sekali tak bersentuhan dengan dunia nyata.

Tetapi sama halnya dengan teknologi lain pada umumnya, teknologi VR (Virtual Reality) juga memiliki dampak untuk kehidupan manusia sehari-harinya, baik dampak yang bersifat positif maupun negatif bagi penggunanya. berikut kami ulas dampak positif dan negatif VR (Virtual Reality) bagi pengguna teknologi tersebut:

Dampak positif 

  • Pembelajaran Interaktif

VR memungkinkan siswa dan pelatihan pekerja untuk berinteraksi dengan lingkungan dan situasi yang sulit atau berbahaya secara virtual tanpa resiko nyata (sebagai contoh yaitu pelatihan militer).

  • Terapi Psikologis

VR digunakan dalam terapi eksposur untuk membantu orang menghadapi dan mengatasi ketakutan atau gangguan kecemasan dengan memberikan tampilan atau realitas maya yang menenangkan didalamnya.

  • Simulasi Desain

Dalam desain produk atau bangunan, VR memungkinkan para desainer untuk berinteraksi dengan model 3D mereka, memungkinkan evaluasi yang lebih baik.

  • Konten Hiburan

Dunia game telah mengadopsi teknologi VR dengan pembuatan game yang memberikan pengalaman lebih mendalam dan imersif.

  • Virtual Tourism

Orang dapat mengunjungi tempat-tempat di seluruh dunia tanpa meninggalkan rumah mereka melalui pengalaman wisata virtual.

Dampak Negatif

  • Masalah Kesehatan Fisik

Penggunaan headset VR dapat menyebabkan mual dan pusing pada beberapa orang, dikenal sebagai motion sickness atau mabuk gerak. Dan juga penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala.

  • Sosial dan Isolasi

Anak-anak dan remaja yang terlalu sering menggunakan VR mungkin mengalami kurangnya interaksi sosial yang diperlukan untuk perkembangan sosial mereka.

  • Potensi Ketergantungan

Beberapa orang dapat mengalami ketergantungan terhadap penggunaan VR, khususnya dalam konteks game yang sangat intens.

  • Harga dan Aksesibilitas

Headset VR dan perangkat pendukungnya tergolong mahal, membuatnya tidak terjangkau bagi beberapa individu atau komunitas.

  • Pembentukan Realitas Palsu

Penggunaan VR yang berlebihan atau tanpa pengawasan dapat menyebabkan pembentukan realitas palsu di mana pengguna kehilangan keseimbangan antara dunia maya dan dunia nyata.

  • Dampak Lingkungan

Produksi dan pemakaian perangkat VR menyumbang terhadap dampak lingkungan karena kebutuhan energi dan sumber daya untuk memproduksi perangkat keras tersebut.

baca juga; 8 Bahaya Penggunaan Earphone Berlebihan

Dalam menghadapi berbagai dampak positif dan negatif dari teknologi Virtual Reality (VR), penting untuk memandangnya sebagai sebuah alat yang dapat membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang. Sambil memanfaatkan potensi inovatif dan pembelajaran yang diberikan oleh VR, kita juga harus bersikap bijaksana dalam menanggapi tantangan yang mungkin timbul. Pengembangan dan penggunaan VR harus didasarkan pada prinsip etika, keamanan, dan kesetaraan akses agar teknologi ini dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat secara keseluruhan.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

 

Ref:

https://www.gamelab.id/news/2514-mengenal-virtual-reality-vr-pengertian-jenis-dan-cara-kerjanya

https://idcloudhost.com/blog/mengenal-virtual-reality-definisi-cara-kerja-contohnya/

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat