Pengaruh Kebersihan Lingkungan Kost Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa

Pengaruh Kebersihan Lingkungan Kost Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa

Pengaruh Kebersihan Lingkungan Kost Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa

 

Author : Dinil Qowim Wahyuda

Lingkungan kost merupakan salah satu faktor eksternal yang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat motivasi belajar serta prestasi mahasiswa. Jika kondisi lingkungan kost sehat dan mampu menjawab kebutuhan yang menyangkut dengan kenyamanan pribadi serta keperluan pembelajaran maka secara otomatis mahasiswa akan termotivasi untuk belajar, apalagi letak kost yang berada di lingkungan kampus. Begitupun sebaliknya, ketika kondisi lingkungan kos tidak kondusif, maka hal tersebut dapat menurunkan semangat belajar mahasiswa.

Dalam Pengaruh Kebersihan Lingkungan Kost Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di alam sekitar yang memiliki makna dan pengaruh tertentu kepada individu. Lingkungan dapat mempengaruhi tingkah laku manusia secara langsung maupun tidak langsung. Selain sekolah dan keluarga, lingkungan kost juga dapat digunakan sebagai salah satu lingkungan belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Indikator atau unsur-unsur penting dari lingkungan kost tersebut adalah kondisi lingkungan kost yang meliputi kost yang sehat, terbebas dari gangguan, terciptanya suasana hidup rukun antar warga kost dan masyarakat, ketertiban dalam bergaul di lingkungan, serta menanamkan pergaulan-pergaulan positif sehingga kehidupan tampak indah, aman, dan nyaman.

Lingkungan kost yang tidak mendukung seperti kurangnya ketersediaan perabot belajar, suhu udara yang tidak baik, kurangnya alat penerangan, suasana yang penuh kebisingan, semua hal ini sudah tampak jelas tidak menunjang kelancaran proses belajar mahasiswa dan sama sekali tidak merangsang mood atau keinginan mahasiswa untuk semangat belajar. Sebaliknya jika lingkungan kost yang ditempati mahasiswa adalah lingkungan yang layak, tercipta kondisi yang kondusif dan terbebas dari kebisingan, ketersediaan peralatan belajar, alat penerangan, suhu udara yang baik, dijamin dapat menjadi faktor-faktor penunjang meningkatnya semangat mahasiswa untuk terus-menerus belajar dengan giat.

Baca juga:  5 Tips Menghindari Revenge Porn bagi Remaja

Berdasarkan jenisnya, pada umumnya mahasiswa ada yang masih tinggal bersama anggota keluarganya, hal tersebut berlaku pada mahasiswa yang satu wilayah dengan kampus mahasiswa tersebut. Akan tetapi untuk mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari luar kota atau biasa disebut perantau memilih untuk tinggal di kost yang jaraknya dekat kampus dengan pertimbangan memangkas biaya bensin dan uang jalan serta dapat lebih mengefisienkan waktu sebagai mahasiswa yang mesti berkarakter disiplin dan tentu saja tepat waktu di setiap kegiatan. Sehingga tidak mengherankan jika di lingkungan kampus tertentu banyak terdapat kost dengan berbagai varian dan fasilitas yang ditawarkan.

Jadi kesimpulannya, untuk mahasiswa yang memilih tinggal di kost supaya lebih bijak lagi dalam seleksi atau memilih kost sesuai dengan apa yang ia butuhkan yang pastinya berpengaruh positif untuk kehidupan mahasiswa tersebut kedepannya. Jika kondisi lingkungan kost sehat dan mampu menjawab kebutuhan yang menyangkut dengan kenyamanan pribadi serta keperluan pembelajaran maka secara otomatis mahasiswa akan termotivasi untuk belajar, apalagi letak kost satu lingkungan dengan kampus. Berlaku pula sebaliknya, kondisi lingkungan kost yang tidak kondusif akan menurunkan semangat belajar mahasiswa.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

1 Comment

Pingbacks

  1. […]   Baca juga; Pengaruh Kebersihan Lingkungan Kost Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat