Pemanfaatan Teknologi di Lingkungan  Akademik

Pemanfaatan Teknologi di Lingkungan  Akademik

 

Author; Sri sumaryani

 

 

Pemanfaatan  Teknologi di Lingkungan  Akademik Transformasi Lingkungan Akademika Melalui Pemanfaatan Teknologi

“Mengoptimalkan Potensi Teknologi dalam Konteks Lingkungan Akademik”

Sektor pendidikan bisa dijadikan sebagai ide untuk  era globalisasi  menuntut dunia dunia pendidikan  untuk  mengikuti perubahan dan perkembangan  teknologi  yang semakin maju sehingga dapat mendukung proses belajar. Di lingkungan  akademik, bisa membahas proses belajar seperti pergantian sistem  belajar, sistem belajar jarak jauh, media dan tanggapan guru. Perkembangan teknologi  merambah ke dunia dari dunia pendidikan SD hingga perguruan tinggi.Baik dalam proses atau dalam hasil perkuliahan. bahwa hadirnya teknologi pendidikan dalam pendidikan berpotensi: (1) dapat meningkatnya produktivitas pendidikan, seperti mempercepat tahapan belajar, (2) pelajar mudah dalam belajar secara mandiri, (3) pelajar dapat memahami ilmiah terhadap materi ajar, (4) lebih meyakinkan pembelajaran, (5) pelajar dapat mengakses materi dengan cepat, dan (6) penyajian materi lebih luas. Hal ini menjadikan hadirnya teknologi informasi di dunia akademik mempunyai efek yang positif. Baik dalam perencanaan, Proses, ataupun dalam hasil perkuliahan. 

Beragam kemampuan Teknologi yang luar biasa sudah seharusnya dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan penyajian informasi. yaitu suatu kondisi yang menggambarkan tingkat efektivitas suatu pembelajaran. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik aktif berinteraksi dengan berbagai sumber belajar sehingga peserta didik mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif, efisien, dan menyenangkan (berdaya tarik). Peningkatan kualitas pembelajaran berarti upaya-upaya yang dilakukan dalam mewujudkan dan meraih tingkat kualitas pembelajaran yang diharapkan. Teknologi dalam pembelajaran dapat dibagi atas dua peran, yaitu: (1) sebagai media presentasi pembelajaran, misal berbentuk slide power point dan animasi dengan program flash; (2) sebagai media pembelajaran mandiri atau E-Learning, misal peserta didik diberikan tugas untuk membaca atau mencari sumber dari internet, mengirimkan jawaban tugas, bahkan mencoba dan melakukan materi pembelajaran. Melalui E-Learning, belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini mendorong peserta didik untuk melakukan analisis dan sintesis pengetahuan, menggali, mengelola dan memanfaatkan informasi, menghasilkan tulisan, informasi dan pengetahuan sendiri. Peserta didik terangsang untuk melakukan eksplorasi ilmu pengetahuan. Fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk belajar melalui E-Learning diantaranya: E-Book, E-Library, interaksi dengan pakar, email, mailing List, News Group, dan lain-lain. 

baca juga; TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGANNYA

Pemanfaatan  Teknologi di Lingkungan  Akademik

Memanfaatkan bagi proses pembelajaran serta ragam aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu para guru dalam pembelajarannya . Pada pemaparan materi ini, sudah terlihat bagaimana peserta merespon dengan positif, dimana terkadang di sela-sela pemaparan ada

pertanyaan yang muncul dari peserta pelatihan. Hal ini dikarenakan sebagian peserta belum mengenal aplikasi- aplikasi tersebut, tetapi mereka menunjukan keinginan belajarnya dengan sesekali bertanya. Pada sesi ini juga ditawarkan aplikasi yang akan difokuskan untuk diperdalam, karena tidak mungkin seluruh aplikasi dapat diberikan dan dikuasai oleh kegiatan yang singkat seperti ini. Aplikasi yang ditawarkan adalah flash, e-learning, learning management system dan microsoft word. Disepakati oleh seluruh peserta bahwa untuk flash, e-learning dan learning management system hanya pengenalan saja, sedangkan microsoft word karena berkaitan dengan keseharian mereka sedikit lebih mendalam.  Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan pengenalan aplikasi flash bagi pembelajaran, pada

materi ini peserta diberikan pengantar dan beberapa contoh flash yang dapat meningkatkan minat siswa pada belajar dikarenakan tampilan yang menarik sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam  belajar yang dilanjutkan dengan membuka sesi tanya jawab. Ketika sesi ini tanya jawab terlihat antusiasme peserta dengan banyak nya pertanyaan khususnya berkenaan dengan mata pelajaran yang mereka pegang untuk dimungkinkan atau tidak menggunakan aplikasi flash.

Materi dilanjutkan mengenai pengenalan e-learning sebagai aplikasi pembelajaran jarak jauh,yang memiliki banyak kekurangan khususnya sarana dan prasarana masih sangat sulit menerapkan aplikasi e-learning seperti ini, sehingga para guru pun kurang begitu antusias ketika menyadari untuk menggunakannya dibutuhkan selain keterampilan juga sarana  pendukungnya, akan tetapi untuk bekal pengetahuan para guru menjadi lebih mengetahui bahwa e-learning sangat bermanfaat bagi proses pembelajarannya. Kegiatan dilanjutkan dengan materi pengenalan learning management system, dimana aplikasi ini memungkinkan para guru untuk mengelola kegiatan pembelajarannya, mulai dari mengelola kelas, mengelola materi, membuat bank soal sampai pada evaluasi pembelajarannya. Ini menjadi sesuatu yang menarik bagi para guru dan menjadi pengetahuan berharga, akan tetapi mereka menyadari kembali pada kemampuan SDM dan sarana bahwa hal ini butuh waktu untuk mereka dapat menguasai dan melaksanakannya. Sedangkan materi praktek atau latihan dititik beratkan pada optimalisasi microsoft word dalam penulisan karya ilmiah. Hal ini dapat dilakukan karena word biasa mereka gunakan untuk pengetikan sehari- hari, tetapi bagaimana mengoptimalkannya mereka, tidak mengetahui dan menguasainya.  Sehingga ketika materi ini dilakukan langsung fokus tidak pada dasar-dasar word akan tetapi sudah pada bagaimana rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran adalah:

(1) meningkatkan kualitas pembelajaran;

(2) memperluas akses terhadap pendidikan dan pembelajaran;

(3) membantu memvisualisasikan ide-ide abstrak;

(4) mempermudah pemahaman materi yang sedang dipelajari;

(5) menampilkan materi pembelajaran menjadi lebih menarik; dan

(6) memungkinkan terjadinya interaksi antara pembelajaran dengan materi yang sedang dipelajari.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

https://docs.google.com/document/d/1BqnDosYYHJoHRbSOQNgrKGwL7BiZ-kFzIh6jHipHP28/edit

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat