Candu Gadget Yang Membahayakan Anak Milenial

Candu Gadget Yang Membahayakan Anak Milenial

Prodi Informatika Alma Ata – Pasti banyak dari kita yang sudah tau apa bahaya kecanduan gadget? Nah disini saya akan membahas sedikit tentang bahaya tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi seperti pada saat sekarang ini, kita tahu bahwa gadget sudah berkembang menjadi semakin canggih. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan alat elektronik tersebut, oleh karena itu hampir semua orang menggunakan alat tersebut termasuk anak milenial. Kemana pun mereka pergi mereka selalu membawa alat tersebut. Tetapi, pernahkah kita berfikir bahwa alat itu akan berdampak bagi kesehatan kita? 

Gadget merupakan alat komunikas modern yang memiliki berbagai fungsi canggih, alat ini di definisikan juga alat elektronik kecil yang punya fungsi khusus dengan unit kerja yang tinggi. alat ini berbeda dengan teknologi yang lainnya karena adanya unsur kekinian, Yang dimaksud dengan alat ini antara lain smartphone seperti Iphone, blackberry dan notebook.

Sekarang ini gadget sudah menjadi sarana yang memudahkan dan membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari hari. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan melalui alat ini, seperti menonton film, memesan makanan, melakukan transaksi, berbelanja, bermain, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu banyak sekali orang yang tidak bisa menjalani kesehariannya tanpa alat ini di dekatnya.  Orang yang sudah kecanduan alat ini dapat disebut sindrom atau  juga dinamakan nomofobia yang berasal dari istilah “no-mobile-phone-phobia”. Golongan yang paling banyak terkena sidrom nomofobia ini adalah pada anak milenial yang sangat suka bermain game dan selalu ingin mengupdate hal-hal terbaru melalui alat ini.

Dampak positif dari penggunaan gadget ini adalah dapat membantu mecari informasi, kapanpun dan dimana pun dengan mudah. Apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan para pelajar untuk belajar mandiri dari rumah menggunakan gadget atau laptop. Mereka akan mengakses materi yang sudah diberikan guru dari gadget yang mereka miliki.

Selain dampak positif, gadget juga memberikan dampak negatif  terutama bagi para pelajar yang sudah kecanduan. Diantaranya seperti penyalahgunaan yang seharusnya digunakan untuk mencari informasi tentang pendidikan atau informasi yang bermanfaat lainnya.  Seperti yang kita ketahui mulai dari anak-anak sampai orang dewasa  yang kecanduan memainkan game, mereka tidak perduli dengan lingkungan sekitarnya ketika sudah memainkan game yang mereka sukai.

Mari kita simak beberapa gejala kecanduan yang banyak sekali orang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena sindrom nomofobia. Ada beberapa tingkat kecanduan yang dialami oleh orang-orang mulai dari kondisi yang ringan bahkan sampai kondisi yang parah. Berikut ini beberapa tanda dari kecanduan yang hasus diperhatikan : 

  • Saat kamu kecanduan gadget, kamu akan langsung mencari gadget saat membuka mata di pagi hari.
  • Kamu tidak bisa melewati hari tanpa menggunakan gadget.
  • Kamu akan merasa cemas yang luar biasa jika baterai smartphone sudah sangat rendah atau bahkan mati.
  • Kamu selalu ingin mengecek gadget-mu tiap 5 menit sekali.
  • Kamu selalu menggenggam gadget-mu ketika melakukan aktivitas apapun, entah itu sedang makan, berjalan, bahkan ke toilet.

Berikut dampak buruk kecanduan gadget bagi kesehatn :

  • Gangguan mata : Terlalu sering bermain  alat ini dapat membuat mata panas, bahkan jika terlalu lama menatap alat ini mata akan terasa lelah, merah dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti penglihatan yang menjadi kabur dan juga menambah mata minus.
  • Gangguan Pada Pola Tidur : Karena sudah kecanduan dalam bermain gadget bahkan sampai larut malam itu dapat membuatmu  menjadi susah untuk berhenti dan akhirnya akan mengganggu jam tidurmu. Jika dibiarkan terlalu lama kamu bisa mengidapm penyakit insomnia, berbagai penyakit dan gangguan kesehatan akan sangat mudah menyerangmu jika waktu tidurmu tidak terpenuhi.
  • Postur Tubuh Jadi Bungkuk : Tanpa sadar,  bermain alat ini kamu akan sering menundukkan lehermu untuik melihat yang yang sedang kamu mainkan. Beban leher dan tulang belakang akan bertambah besar karena harus menopang beban kepala. Maka akan berdampak pada postur tubuhmu yang menjadi bungkuk.
  • Menggangu studi : kebanyakan bermain alat ini akan membuatmu lupa waktu. terutama waktu untuk belajar, karena terlalu asik bermain.
  • Obesitas : Karena terlalu sering bermain gadget membuat seseorang kurang melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan lainnya. itu akan sangat berpengaruh pada obestitas.
  • Kurangnya Bersosialisasi : Anak milenial akan lebih memilih berkomunikasi menggunakan gadget, melakukan chatting melalui aplikasi whatshapp, Telegram, Line, Instgram atau yang lainnya. yang membuat mereka lupa dengan orang-orang disekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan hubungan pertemanan bahkan kekeluargaan menjadi renggang.

Setelah mengetahui bahaya gadget bagi kesehatan seperti di atas mari bersama-sama kita mengurangi bermain gadget dan mulai dengan pola hidup yang sehat. Mulailah untuk bersikap cerdas dalam menggunakan alat ini, gunakan alat ini disaat kalian memerlukannya, seperti mencari informasi, belajar ataupun hal positif lainnya. Karena penggunaan gadget yang berlebihan hanya akan membuang waktu secara sia-sia. 

Ayo manfaatkan waktumu untuk hal-hal positif lainnya, seperti menghabiskan waktu bersama orang-orang disekitarmu, berolahraga atau melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Jangan sampai gadget membuatmu lupa dengan lingkungan sekitarmu.

Creator : Wahyu Mauliza

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat