Server Autentikasi Sebagai Pelindung Utama Keamanan Data

Server Autentikasi Sebagai Pelindung Utama Keamanan Data

Server Autentikasi Sebagai Pelindung Utama Keamanan Data

 

Author; Nurohman

https://www.pexels.com/id-id/foto/macbook-air-di-atas-meja-kayu-abu-abu-67112/

Hai, sobat! Pernahkah kamu memikirkan betapa pentingnya menjaga data kita tetap aman saat online? Di dunia digital yang semakin canggih, hal ini jadi semakin krusial, lho. Bayangkan jika informasi pribadi kamu jatuh ke tangan yang salah. Pasti bakal bikin repot dan bahkan berbahaya, kan?

Nah, disini saya bahas mengenai Pentingnya server autentifikasi. Dalam prodi informatika Arti dari otentikasi server sendiri adalah proses verifikasi pengguna yang dilakukan server ketika pengguna ingin masuk ke dalam sistem. Proses autentikasi ini biasanya menggunakan nama dan kata sandi, atau kata sandi yang sesuai dengan yang dimasukkan saat proses pertama kali dimasukkan, dan informasi ini disimpan dalam database.  Jika data yang dimasukkan cocok dengan database, pengguna memiliki akses ke sistem. Sebaliknya, jika tidak sesuai dengan isi database, sistem menolak akses pengguna. Pentingnya server autentifikasi itu seperti benteng pertahanan yang memastikan hanya orang-orang yang seharusnya bisa masuk ke akun kamu. Banyak jenis otentikasi yang digunakan saat ini dibidang prodi informatika, Contohnya adalah otentikasi dua faktor. Otentikasi ini adalah salah satu jenis yang lebih kuat dibandingkan dengan otentikasi kata sandi. Bagaimana ini bisa terjadi? Karena proses otentikasi tidak hanya membutuhkan kata sandi untuk mengakses sistem. 

Server Autentikasi Sebagai Pelindung Utama Keamanan Data dalam menjaga data Biasanya, penghalang berupa kode khusus yang dikirim ke ponsel pengguna, yang dikenal sebagai kode verifikasi. Jadi dengan autentikasi dua faktor, meskipun kata sandinya bocor, sulit untuk meretas sistem tanpa mengetahui kodenya. 

Apa gunanya server otentikasi? 

Peran server autentikasi adalah memverifikasi identitas pengguna yang memasuki sistem. Itu juga dapat digunakan untuk membatasi akses ke data melalui sistem keamanan, yaitu. mencegah pengguna keluar jika kata sandi yang dimasukkan salah. Dan sama pentingnya untuk melindungi data pengguna dari akses tidak sah. Karena pencurian identitas, akun, dan data umum terjadi di dunia saat ini, server autentikasi dapat digunakan untuk mengurangi kejahatan dunia maya.

Apa yang dimaksud dengan server autentikasi? 

Peran server autentikasi adalah memverifikasi identitas pengguna yang masuk ke sistem. Itu juga dapat digunakan untuk membatasi akses ke data melalui sistem keamanan, seperti mencegah pengguna keluar jika kata sandi yang dimasukkan salah. Dan sama pentingnya untuk melindungi data pengguna dari akses tidak sah. Karena pencurian identitas, akun, dan data umum terjadi di dunia saat ini, server autentikasi dapat digunakan untuk mengurangi kejahatan dunia maya. Maka dapat disimpulkan betapa pentingnya server autentifikasi, karena sangat membantu proses autentifikasi. Di era yang semakin canggih ini isu keamanan data pribadi menjadi hal yang sangat penting. Maraknya kebocoran data pribadi membuat autentifikasi menjadi salah satu sistem keamanan yang dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi dalam suatu akun.

Cara kerja server autentikasi: 

Ketika komputer klien terhubung ke jaringan,server otentikasi menanyakan identitas (nama pengguna dan kata sandi) pengguna untuk mencocokkan informasi dalam database server otentikasi dan kemudian menentukan apakah pengguna diizinkan . menggunakan layanan di jaringan komputer. Jika proses otentikasi dan otorisasi berhasil, proses pelaporan  dilakukan, yaitu. semua operasi koneksi pengguna dicatat, durasi transfer data yang dilakukan oleh pengguna dan jumlah transfer data. dihitung. 

Contoh  server otentikasi adalah  Radius Server,  server proxy dengan pengguna NCSA, Server samba dengan otentikasi. Hubungan antara fungsi dan operasi server otentikasi  sangat erat dan saling mendukung, dimana otentikasi dilakukan oleh autentikasi server/verifikasi pengguna dapat  mendukung implementasi keamanan informasi dan jaringan Metode autentikasi (Otentikasi)  dapat dilihat dalam kategori metode: 

  1. Sesuatu yang Anda ketahui  

Metode Ini adalah metode autentikasi yang paling umum yang didasarkan pada kerahasiaan informasi seperti kata sandi dan PIN. Metode ini mengasumsikan bahwa tidak seorang pun kecuali Anda sendiri yang  mengetahui rahasianya. 

  1. Sesuatu yang Anda miliki

Ini biasanya merupakan faktor tambahan yang membuat autentikasi lebih aman. Metode ini bergantung pada objek unik seperti kartu magnetik/pintar, tag perangkat keras, tag USB, dll. Metode ini mengasumsikan bahwa objek tersebut tidak dimiliki oleh siapapun kecuali Anda sendirian. 

  1. Sesuatu tentang dirimu

Metode ini jarang digunakan karena faktor teknis maupun manusia. Cara ini didasarkan pada keunikan.bagian tubuh Anda yang mungkin tidak dimiliki orang lain, seperti sidik jari, suara, atau jejak retina. Metode ini mengasumsikan bagian tubuh  seperti sidik jari dan impresi retina tidak mungkin sama dengan orang lainnya. 

  1. Sesuatu yang anda lakukan

Setiap pengguna melakukan sesuatu secara berbeda Contoh: Menggunakan analisis suara (pengenalan ucapan) dan analisis tulisan tangan Beberapa kombinasi faktor autentikasi yang umum digunakan meliputi: Karakter penghasil angka acak menggunakan kode pintar. digunakan dengan pekama kartu pintar dan PIN atau kata sandi

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

https://sway.com/s/GFnl6MiO6Ub4akFn/embed

https://www.kompasiana.com/rizzkillahrahmawati/63c4afb008a8b537045fc042/pentingnya-server-autentifikasi

 

2 Comments

Pingbacks

  1. […] Server Autentikasi Sebagai Pelindung Utama Keamanan Data […]

  2. […] baca juga; Server Autentikasi Sebagai Pelindung Utama Keamanan Data […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat