Manfaat Teknologi Digital Bagi Kaum Milenial Indonesia

Manfaat Teknologi Digital Bagi Kaum Milenial Indonesia

  

Author; Syilvia Fajrin

 

Manfaat Teknologi Digital Bagi Kaum Milenial Indonesia

 

Kaum milenial adalah sebutan untuk generasi yang lahir antara awal 1980-an hingga akhir 1990-an atau awal 2000-an. Sebutan ini digunakan untuk mengidentifikasi kelompok orang yang memiliki karakteristik dan pengalaman yang mirip, yang dianggap berbeda dari generasi sebelumnya dan sesudahnya. Tak hanya itu saja namun kaum milenial merupakan generasi yang berkemampuan, memiliki semangat yang sangat tinggi dan juga memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam melakukan pengembangan, meningkatkan dan juga memajukan seuatu negara. Dalam mencapai sebuah revolusi dari suatu negara biasanya digerakan oleh kaum milenial. Dengan adanya berbagai perkembangan zaman yang memajukan teknologi digital di Indonesia, para kaum milenial semakin semangat dalam melakukan pengembangan dan pemanfaataannya. Teknologi Digital memiliki fungsi dan juga manfaat yang bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat khususnya bagi kaum milenial di Indonesia. Salah satu  Manfaat umum dari Teknologi Digital adalah membantu pekerjaan dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyampaikan informasi dan membagikan informasi tersebut secara cepat, tepat, berkualitas dan efisien.

baca juga; 5 BROWSER ANTI BLOKIR 2023 

Pada era digital saat ini, banyak kaum milenial di Indonesia memanfaatkan berbagai jenis teknologi digital pada bidang telekomunikasi. Sebuah riset mencatat yang dilansir oleh wearesosical.sg (https://wearesocial.com/sg/) bahwa pada tahun 2017 terdapat lebih dari 132 juta pengguna internet di Indonesia dengan angka pertumbuhan sebanyak 51% hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Pada saat ini hampir semua masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial di Indonesia telah bertelekomunikasi dengan menggunakan berbagai alat canggih dengan mudah. Ada beberapa manfaat teknologi digital bagi kaum milenial di Indonesia:

  1. Memudahkan dalam membuat Konten Digital Saat ini berbagai jenis platform di media sosial hadir untuk memberikan ruang yang luas bagi kaum milenial yang ingin melatih dan mengasah bakatnya dalam membuat berbagai macam konten digital di Indonesia seperti website, blog, hingga berbagai jenis sosial media lainnya, dengan menggunakan alat teknologi seperti smartphone, laptop, komputer, dan sebagainya. Hal ini mendapatkan respon baik dikarenakan media sosial menjadi ruang ekspresif bagi kebanyakan orang terlebih anak muda yang mulai banyak menekuni dunia conten creator, editor, designer, dan lain sebagainya.
  2. Pendidikan berbasis Internet Dunia pendidikan di Indonesia sendiri sudah menggunakan teknologi dalam berbagai bentuk. Misalkan dalam pengadministrasian dan pembayaran sudah berbasis digital dengan Sistem Informasi Terbaik. Kita ambil saja contoh Universitas Alma Ata mempunyai sistem informasi terpadu yang digunakan seluruh civitas akademika dan mahasiswa yang bernama portal Universitas Alma Ata (https://portal.almaata.ac.id). selain itu juga mereka mempunyai laman e-larning yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa.
  3. Memudahkan dalam Mendapat Informasi Pembelajaran Akses digital dan internet yang semakin maju mngekitbatkan mudahnya para pengguna untuk mengakses berbagai sumber informasi mengenai materi pembelajaran melalui aplikasi pendukung yang memiliki hubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia. Mengakses beberapa materi pembelajaran dari berbagai negara dengan membuka website yang khusus yang berada di internet tentang materi pembelajaran. Selain itu, kaum milenial juga memanfaatkan berbagai jenis teknologi digital sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan minat dalam belajar khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi.
  4. Transaksi Bank lebih Mudah, Cepat, Aman dan Nyaman Tidak hanya dalam dunia pendidikan saja tetapi dalam dunia perbankan juga bisa dimanfaatkan oleh kaum milenial. Dengan adanya perkembangan zaman yang membuat berbagai jenis teknologi digital di Indonesia menjadi semakin canggih. Teknologi dalam dunia perbankan adalah dengan adanya mesin ATM, mobile banking dan sebagainya yang dapat mempermudah para nasabah khususnya kaum milenial dalam melakukan penarikan uang dan melakukan transaksi serta mengatur kuangan mereka dengan baik.
  5. Akses Pekerjaan yang Lebih Luas Salah satu contoh pemanfaatan teknologi digital dalam pekerajaan adalah dengan melakukan promosi produk atau jasa di media sosial yang sudah terkoneksi dengan seluruh Indonesia bahkan dunia. Munculnya berbagai E-commerce juga dimanfaatkan oleh kaum milenial untuk menjadi saranan jual beli secara online. Semua itu sangatlah mudah dan praktis dibanding dengan jual beli di pasar yang harus mempunyai lapak atau bahkan sewa toko yang menambah biaya pengeluaran.   Sebetulnya ada beberapa bidang lainnya juga yang dirasakan dan dimanfaatkan oleh kaum milenial di Indonesia. Contohnya adalah pada pidang kesehatan, hobi, gaya hidup, dan lain sebagainya. Peran dari teknologi informasi dan teknologi digital di Indonesia bagi kaum milenial ini tidak terhindar dari alat canggih seperti komputer, smartphone, televisi, dan perangkat canggih lainnya. Karena hal itu, sebaiknya peningkatan dan pengembangan dari berbagai jenis teknologi digital di Indonesia akan selalu di tunggu oleh para kaun milenial. Karena kaum milenial-lah  yang nanti akan menikmati dan menggunakan serta memanfaatkan hal tersebut dengan baik, tepat, dan juga efesien.

Teknologi Digital yang berkembang saat ini sangat berati bagi kaum milenial, karena mereka lah yang akan menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik dan benar. kaum milenial pasti akan terus mengembangkan dan memperbaharui Teknologi Digital dan Teknologi Informasi akan semakin maju lagi.

Nah guys, itulah beberapa manfaat teknologi digital bagi kaum milenial di Indonesia. Mari bersama kita kembangkan teknologi digital dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya oke!!!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

https://digitalbisa.id/artikel/manfaat-teknologi-digital-bagi-kaum-milenial-indonesia-g224k

 

 

1 Comment

Pingbacks

  1. […] baca juga;Manfaat Teknologi Digital Bagi Kaum Milenial Indonesia […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat