TIPS MELIHAT KATA SANDI YANG TERLUPA

TIPS MELIHAT KATA SANDI YANG TERLUPA

 TIPS MELIHAT KATA SANDI YANG TERLUPA

 

Author; Nurohman

Lupa sama kata sandi email maupun akun lainnya? Gak perlu khawatir, simak beberapa Tips melihat kata sandi yang terlupa  dibawah ini ya buat mengatasi dan melihat kata sandi yang kamu lupakan >.

Bagi sebagian orang pasti pernah atau bahkan sering lupa dengan kata sandi email maupun akun lainnya. Jangan buru-buru panik, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melihat kembali kata sandi dari akun kalian. Gak hanya lewat laptop ataupun komputer, kalian juga bisa melakukannya melalui handphone lho!

baca juga; TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGANNYA

Bagaimana sih caranya untuk mengatasi lupa kata sandi email? Padahal kalian perlu banget untuk mengakses email tersebut. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu melalui web browser dengan memanfaatkan sistem informasi yang terintegrasi di dalamnya. Cara ini bisa menjadi opsi pertama untuk kalian tanpa harus membuat kata sandi baru. Meskipun dari sebagian kalian mungkin memiliki kata sandi yang mudah ditebak, namun tidak semua dari kalian bisa mengingatnya. Hal itu mungkin dikarenakan banyaknya email dan akun-akun yang kalian miliki dengan kata sandi yang berbeda. Sehingga kalian kesulitan untuk mengingat seluruh kata sandi. Untuk mengatasinya, kalian bisa memanfaatkan chrome desktop. Bagi kalian pengguna setia Google Chrome yang mengaktifkan back up password atau kata sandi otomatis maka kalian termasuk sangat beruntung. Kalian akan dengan mudah bisa melihat kata sandi yang tersimpan. Nah untuk melihatnya, kalian harus mengakses akun google yang menyimpan password tersebut ya.

Berikut ini adalah Tips melihat kata sandi yang terlupa yaitu:

Langkah pertama

1.Buka google chrome pada perangkat desktop.

2. Login ke akun yang menyimpan kata sandi email/akun anda.

3. Setelah berhasil login, klik ikon titik tiga pada pojok kanan atas. Disana terdapat pilihan menu

4. Pilih menu settings, lalu secara otomatis akan muncul tab baru

5. Pilih opsi ‘autofill’ pada tab baru tersebut.

6. Kemudian buka ‘passwords’. Setelah di klik, akan muncul halaman menu ‘password’

7. Gulir hingga kalian menemukan beberapa kumpulan kata sandi dari beragam akun.

8. Jika kalian sudah menemukan kata sandi dari email yang ingin anda ketahui, klik ikon ‘show password’ atau ikon dengan gambar mata

9. Kalian bisa melihat password yang ingin kalian ketahui.

Selesai

Namun perlu diingat, kata sandi yang disimpan oleh google chrome merupakan hasil auto-save perubahan password terakhir. Kalian bisa memastikan kembali apakah kata sandi benar atau tidak dengan melakukan percobaan login pada akun email terkait, memanfaatkan sistem informasi yang terintegrasi dengan browser ini.

langkah kedua

masih dengan Google chrome. Namun bedanya, melalui chrome pada Ponsel.   Biasanya layanan simpan kata sandi secara otomatis juga tersedia di ponsel selain di desktop. Akan lebih baik lagi jika kalian mengaktifkan fitur sinkronisasi. Sehingga dengan demikian, saat kalian mengakses atau membuka akun google dimanapun dan kapanpun maka history yang tersimpan tetap sama.

Langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan google chrome pada dekstop. Hanya saja pada chrome ponsel ikon mata diganti menjadi ikon berbentuk kunci. Dan biasanya kalian akan diminta untuk memasukkan sidik jari, kode pin, maupun verifikasi akses lainnya.

Selain pada google chrome, cara untuk melihat kata sandi juga bisa kalian terapkan pada browser lainnya seperti mozilla firefox. Langkah-langkahnya pun hampir sama. 

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi  bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Tips dan trick ini semoga membantu ya, jangan lupa selalu ganti kata sandi secara berkala dan catat kata sandi kalian agar tidak lupa. Dengan memahami dan memanfaatkan sistem informasi yang tersedia dalam berbagai browser, pengguna dapat lebih mudah mengelola dan mengakses kata sandi mereka.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat