MANFAAT TES POTENSI AKADEMIK SAAT MASUK PERGURUAN TINGGI

MANFAAT TES POTENSI AKADEMIK SAAT MASUK PERGURUAN TINGGI

duniakaryawan.com

Prodi Informatika Alma Ata – Tes potensi akademik (TPA) merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang dibidang akademis atau keilmuan. Tes potensi akademik ini biasanya digunakan untuk mengukur seberapa tingkat penguasaan kita dibidang akademik.

Tes potensi akademik (TPA) sama seperti Graduate record examination (GRE) pada tingkat internasional. Hampir semua materi dan bidang yang diujikan sama.

Jenis-jenis Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik terdiri 4 jenis yaitu :

  • Tes Verbal, meliputi sinonim, antonym, padanan kata, dan pengelompokan kata. Tes jenis ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam bidang kebahasaan
  • Tes Numeric, meliputi aritmetik, seri angka, seri huruf, logika angka, dan tes angka dalam cerita. Tes jenis ini berfungsi untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam menghitung dan logis matematis.
  • Tes Logika, meliputi logika umum, logika cerita, silogisme, dan diagram. Tes ini berfungsi untuk mengetahui seberapa efektif penalaran dan pemecahan masalah yang ditemui seseorang.
  • Tes Gambar, meliputi padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, bayangan gambar, dan identifikasi gambar. Tes ini berfungsi untuk mengetahui tingkat sejauh mana kemampuan daya logika ruang yang dimiliki seseorang.

Adapun standar yang diharapkan dapat dihasilkan melalui Tes Potensi Akademik, adalah calon siswa yang memiliki kemampuan-kemampuan unggul yaitu :

  1. Kualifikasi kognitif : daya tangkap yang cepat, mudah dan cepat memecahkan masalah, dan kritis.
  2. Kualifikasi kreatif : rasa ingin tahu, imaginative, tantangan, berani ambil resiko
  3. Kualifikasi kecerdasan emosi : pemahaman diri sendiri, pemahaman terhadap orang lain, pengendalian diri, penyesuaian diri,harkat diri, dan berbudi pekerti luhur.

Manfaat Tes Potensi Akademik untuk masuk perguruan tinggi

Dari sisi institusi Tes Potensi Akademik memiliki manfaat untuk membantu seseorang dalam menentukan arah dan tujuan mereka dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ke perguruan tinggi. Informasi yang diberikan oelh potensi akademik juga dapat memberikan manfaat praktis seperti pintu masuk perguruan tinggi, membantu siswa dalam membangun kemampuan yang dimiliki, membantu siswa dalam memperoleh kesempatan untuk memdapatkan beasiswa.

  1. Untuk mengetahui kemampuan akademis

Mengukur tingkat kemampuan literasi dan menulis yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan di perguruan tinggi

  1. Mempermudah instansi mencari mahasiswa baru

Kebanyakan  Tes Potensi Akademik dilakukan untuk mencari peserta didik baru. Contohnya adalah SBMPTN untuk masuk perguruan tinggi negeri, hal ini memudahkan perguruan tinggi mencari mahasiswa mana yang pantas untuk masuk perguruan tinggi  tersebut.

  1. Untuk mengetahui bakat dan minat

TPA juga bisa digunakan untuk mengetahui bakat dan minat siswa saat masuk perguruan tinggi. Orang tersebut lebih condong kemana bidang yang diminati, contohnya lebih suka hal yang berkaitan dengan komputer. Hasil dari tes tersebut bisa dijadikan patokan untuk menentukan jurusan yang pilih.

sumber : https://www.smkciledugalmusaddadiyah.sch.id/2019/06/11-manfaat-tes-potensi-akademik-dalam.html?m=1

Penulis : Nanang widayanto

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat