Teknologi VAR (Video Assistant Referee)

Teknologi VAR (Video Assistant Referee)

Prodi Informatika Alma Ata – Perkembangan Teknologi pada era sekarang ini semakin maju dan kadang diluar pikiran kita. Teknologi yang berkembang sangat banyak membantu pekerjaan atau mempermudah pekerjaan manusia. Tak terkecuali teknologi juga banyak berkembang di dunia sepakbola padaera sekarang, contohnya yaitu Video Assistant Referee atau sering disebut Teknologi VAR.

VAR (Video Assistant Referee) adalah asisten wasit sepakbola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan. Tetapi VAR belum menjadi bagian dari Laws of the Game atau peraturan yang wajib ada di sebuah pertandingan sepakbola, tetapi penggunaan VAR ini telah diuji coba pertama kali pada Piala Dunia 2018. Kehadiran VAR ini untuk mengetahui benar atau tidaknya pelanggaran yang luput atau jauh dari pandangan wasit. Dalam penggunaannya kadang harus menghentikan pertandingan 2 – 5 menit terlebih dahulu untuk wasit melihat video asisten tersebut. VAR ini banyak kelebihan untuk persepakbolaan. Teknologi ini juga memiliki kekurangan  yaitu banyaknya kalangan yang tidak setuju dengan pengguanaan VAR karena tidak adanya sebuah drama atau kontroversi lagi dalam sepakbola yang membuat menarik ssebauh pertandingan.

VAR sekarang pun makin marak digunakan di liga-liga di Eropa seperti Liga Inggris, Itali, Spanyol dan lainnya. Sementara di Asia Tenggara negara yang pertama memakai teknologi VAR yaitu di Liga Thailand. Di Liga Indonesia belum bisa memakai teknologi ini karena beberapa hal lain yang mungkin harus diperbaiki terlebih dahulu.

Berikut 4 Hal yang bisa ditijau ulang dengan VAR jika wasit kurang jeli dengan pelanggaran yang terjadi.

  1. Pengesahan Gol (melewati garis gawang atau tidak, dalam posisi offside atau tidak)
  2. Keputusan Penalti
  3. Kartu Merah
  4. Untuk Menentukan pelanggaran

Proses VAR

  • Ada kejadian atau persoalan yang wasit tidak tahu dan perlu diperjelas.
  • VAR dan asistan video meninjau permainan yang dipermasalahkan di bank monitor ruang video dangan bantual operator replay
  • VAR melakukan peninjauan setelah wasit memberi sinyal atau kode memakai jari telunjuk untuk melakukan “cek”
  • Jika VAR tidak menemukan apa-apa selama pemeriksaaan, maka komunikasi dengan wasit tidak perlu . ini disebut “silent check”
  • Jika VAR yakin menjadi kesalahan, dia akan menghubungi wasit tersebut dan menjelaskannya. Kemudian wasit bisa melihat VAR atau memutuskan tidak menggunakan VAR

Creator : Shulhi Fifuadi

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat