Profil Lulusan
Perekayasaann Perangkat Lunak
Lulusan program studi dengan kompetensi Perekayasaan Perangkat Lunak dipersiapkan untuk menjadi tenaga profesional yang mampu merancang, mengembangkan, dan mengelola solusi perangkat lunak secara komprehensif berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak. Seorang perekayasa perangkat lunak tidak hanya berperan sebagai pengembang aplikasi, tetapi juga sebagai arsitek sistem yang menjamin kualitas, keamanan, dan skalabilitas solusi.
Lulusan memiliki kemampuan analitis, strategis, dan praktis dalam:
-
Menyusun perencanaan siklus hidup pengembangan perangkat lunak (SDLC), baik jangka pendek maupun panjang, sesuai kebutuhan bisnis.
-
Memberikan rekomendasi teknologi, framework, dan bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan profil proyek dan tujuan organisasi.
-
Mengintegrasikan aspek etika, keamanan siber, dan hukum terkait penggunaan data dan pengembangan perangkat lunak.
-
Menerapkan prinsip manajemen proyek dan quality assurance berbasis standar internasional.
-
Mengarahkan masyarakat terkait pentingnya literasi digital dan keamanan data untuk mencapai kemajuan teknologi.
Spesialisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)
Lulusan dengan kompetensi Spesialisasi Kecerdasan Buatan dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli yang mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip AI dan machine learning dalam pengembangan teknologi cerdas di berbagai industri. Seorang spesialis kecerdasan buatan memiliki keahlian dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola model, algoritma, serta produk berbasis data untuk menghasilkan solusi prediktif, otomatis, dan adaptif.
Lulusan memiliki kompetensi utama dalam:
-
Menguasai konsep dan praktik rekayasa data, big data analytics, serta berbagai teknik machine learning dan deep learning.
-
Menganalisis, mengembangkan, dan mengimplementasikan inovasi produk AI yang sesuai dengan regulasi dan prinsip fairness (keadilan) dan akuntabilitas.
-
Melakukan manajemen risiko terkait bias data, privasi, serta etika dalam implementasi sistem AI.
-
Mengintegrasikan solusi kecerdasan buatan dengan sistem eksisting untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi.
-
Menjadi penghubung antara ilmuwan data, engineer, dan pemangku kepentingan dalam memastikan kepatuhan serta dampak positif dari sistem cerdas yang dikembangkan.
Praktisi Jaringan dan Keamanan Siber
Lulusan dengan kompetensi Praktisi Jaringan dan Keamanan Siber dipersiapkan untuk menjadi tenaga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam mengelola, merancang, dan mengamankan infrastruktur jaringan dan sistem informasi. Seorang praktisi berperan sebagai pelaksana, pengelola, sekaligus pengembang solusi keamanan di berbagai institusi, mengedepankan integritas, profesionalisme, dan kepatuhan standar keamanan.
Lulusan memiliki kompetensi utama dalam:
-
Memahami konsep, regulasi, dan praktik keamanan siber untuk infrastruktur cloud, jaringan enterprise, dan mobile.
-
Melaksanakan operasional keamanan siber sesuai standar manajemen insiden, penetration testing, dan ethical hacking.
-
Mengembangkan produk dan layanan keamanan yang inovatif serta responsif terhadap ancaman terbaru.
-
Melakukan analisis kelayakan arsitektur jaringan, manajemen risiko keamanan, dan evaluasi kinerja keamanan siber lembaga.
-
Memberikan edukasi dan literasi kesadaran keamanan siber kepada masyarakat dan pengguna.
Technopreneur
Lulusan dengan kompetensi Technopreneur dipersiapkan untuk menjadi wirausahawan yang kreatif, inovatif, visioner, dan berdaya saing global di bidang teknologi. Seorang technopreneur mampu menciptakan, mengelola, serta mengembangkan usaha secara berkelanjutan dengan memanfaatkan peluang bisnis, sumber daya, dan teknologi informasi. Lulusan tidak hanya berfokus pada pencapaian keuntungan, tetapi juga menjunjung tinggi etika bisnis, tanggung jawab sosial, dan keberlanjutan lingkungan.
Lulusan memiliki kompetensi utama dalam:
-
Mengidentifikasi peluang usaha berbasis niche teknologi sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan TIK.
-
Merancang, membangun, dan mengelola model bisnis yang kreatif dan inovatif dalam sektor teknologi.
-
Menerapkan strategi pemasaran digital, keuangan, dan manajemen operasional dalam bisnis rintisan teknologi.
-
Menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan usaha (digital entrepreneurship) dengan efisiensi dan skalabilitas.
-
Mengintegrasikan nilai etika, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial dalam praktik kewirausahaan teknologi.
Praktisi Pengembangan Game dan Teknologi Interaktif
Lulusan dengan kompetensi Praktisi Pengembangan Game dan Teknologi Interaktif dipersiapkan untuk menjadi tenaga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam merancang, memprogram, dan memproduksi video game dan aplikasi teknologi interaktif lainnya (virtual reality/VR, augmented reality/AR). Seorang praktisi berperan sebagai desainer, programmer, sekaligus technical artist dalam tim pengembangan produk digital yang inovatif dan imersif, mengedepankan kreativitas, fungsionalitas, dan pengalaman pengguna (User Experience/UX).
Lulusan memiliki kompetensi utama dalam:
- Memahami konsep, teori, dan praktik desain game (GDD), mekanisme permainan, dan narasi interaktif.
- Melaksanakan operasional pengembangan game menggunakan mesin game (seperti Unity atau Unreal Engine) dan berbagai bahasa pemrograman terkait.
- Mengembangkan produk dan layanan teknologi interaktif yang inovatif (misalnya, gamifikasi untuk edukasi atau simulasi industri).
- Melakukan analisis kelayakan teknis, playtesting, manajemen bug, dan evaluasi performa game dan aplikasi interaktif.
- Memberikan edukasi dan literasi tentang potensi dan dampak positif teknologi game dan imersif pada masyarakat.