Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) tidak lepas dari unsur penelitian dan pembelajaran yang aplikatif ke masyarakat. Penerapan PkM sebagai penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dilakukan oleh semua sivitas akademik melalui metode ilmiah dan dapat memberikan manfaat untuk pembangunan sumber daya manusia yang baik bagi masyarakat.
Berdasarkan visi dan misi serta renstra PkM UAA, dengan memperhatikan kebutuhan nyata dalam masyarakat, melibatkan peran serta mahasiswa, memberikan pencerahan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan masukan untuk kegiatan pendidikan maupun penelitian sehingga UAA harus dapat menjalin hubungan kerjasama dengan industri dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) baik swasta atau pemerintah daerah, sebagai landasan kerjasama secara proaktif dalam meningkatkan kinerja dan manajemen PkM.
Kegiatan PkM dapat merangsang sivitas akademika pada semua tingkat untuk mentransfer pengetahuan, inovasi serta memfasilitasi proses pengembangan sumber daya manusia di masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud upaya pencapaian visi dan misi perguruan tinggi, yaitu berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia.
Pada kriteria ini menjelaskan tentang hal-hal yang mencakup penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan Standar-Dikti yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang mengacu pada SN-Dikti, yaitu: Standar Isi PkM, Standar Proses PkM, dan Standar Penilaian PkM. Berikut penjelasannya:
Kegiatan dan proses pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Prodi S1-Informatika FKT UAA mengacu pada beberapa kebijakan tertulis dalam bentuk peraturan perundang-undangan dan peraturan pimpinan perguruan tinggi sebagai berikut :
- Bagian kesepuluh UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 47 menyatakan :
a). Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan Sivitas Akademika dalam mengamalkan dan membudayakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
b). Pengabdian kepada Masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan sesuai dengan budaya akademik, keahlian, dan/atau otonomi keilmuan Sivitas Akademika serta kondisi sosial budaya masyarakat.
c). Hasil Pengabdian kepada Masyarakat digunakan sebagai proses pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pengayaan sumber belajar, dan/atau untuk pembelajaran dan pematangan Sivitas Akademika.
d). Pemerintah memberikan penghargaan atas hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan dalam jurnal internasional, memperoleh paten yang dimanfaatkan oleh dunia usaha dan dunia industri, dan/atau teknologi tepat guna.
- Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 tentang Standar hasil Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kriteria minimal hasil pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
- Statuta Universitas Alma ATA Bab IV Bagian Ketiga Pasal 23 dan 24 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.
- Rencana Strategis Universitas Alma Ata Yogyakarta 2016-2021
- Surat Keputusan Rektor Nomor 010/A/SK/UAA/I/2016 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) di Universitas Alma Ata
- Renstra PkM UAA 2016-2020
- Renstra PkM FKT 2016-2020
- Renstra PkM Prodi S1-Informatika 2016-2020
- Buku Panduan Pengabdian kepada Masyarakat UAA
- Dokumen SPMI UAA
A. Keberadaan lembaga/unit pengelola PkM, baik berdiri sendiri atau bergabung dalam lembaga lain, yang dilengkapi Rencana Induk atau peta jalan yang memayungi tema PkM DTPR dan hilirisasi/penerapan keilmuan program studi, dan dilengkapi dengan standar PkM.
Pelaksanaan PkM di prodi Informatika sejalan dengan roadmap pengabdian kepada masyarakat di bawah koordinasi Fakultas Komputer dan Teknik dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). LPPM di UAA berdiri berdasarkan SK nomor 010/A/SK/UAA/I/2016 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).
Berikut adalah peta jalan yang memayungi tema PkM DTPR di Fakultas Komputer dan Teknik dan dijalankan di prodi Informatika.
(TABEL)
Sumber: Renstra PkM …
B. Dokumen pengelolaan PkM yang lengkap.
Pelaksanaan PkM di prodi Informatika sejalan dengan rencana strategis dan mengikuti aturan/pm/sop/panduan/pedoman dari LPPM UAA. Hal ini dimaksudkan untuk ketercapaian kinerja proses serta pencapaian kinerja hasil penelitian memenuhi prinsip edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan.
C. Mekanisme pelaksanaan PkM DTPR dan mahasiswa sesuai dengan agenda kegiatan PkM DTPR yang merujuk kepada peta jalan PkM.
roadmap
D. Mekanisme monitoring kesesuaian PkM DTPR dan mahasiswa dengan peta jalan dan penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM.
Monitoring dilaksanakan sesuai aturan/pm/sop/panduan/pedoman yang dijalankan terlebih dahulu melalui scientific meeting prodi secara internal sebelum ke level perguruan tinggi ataupun ke pemberi hibah/dana. Dalam pelaksanaanya prodi memberikan target dosen melaksanakan pengabdian minimal 1 PkM per tahun sesuai dengan renstra dan renop.
Pencapaian standar pengabdian juga dievaluasi melalui kegiatan AIMA yang dilaksanakan 6 bulan sekali. Untuk mengevaluasi pencapaian standar pengabdian di prodi, Kantor Jaminan Mutu telah menugaskan Gugus Jaminan Mutu di setiap prodi untuk memonitor dan membantu prodi dalam pencapaian sasaran mutu.
Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di prodi-prodi FKT UAA berpedoman pada peta jalan PkM yang disebut Rencana Strategis (Renstra) Pengabdian kepada Masyarakat. Adapun tema besar dari Renstra pengabmas sejalan dengan Rencana Induk Penelitian yaitu “Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia Melalui Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi berbasis Teknologi Mutakhir”. Setiap prodi memiliki Renstra PkM masing-masing yang diturunkan dari Renstra PkM FKT UAA. Renstra PkM FKT UAA ini diturunkan dari Renstra PkM Universitas Alma Ata yang disusun sebagai arah kebijakan dalam pengelolaan kegiatan PkM di tingkat universitas. Renstra PkM UAA disusun berdasarkan dua pendekatan ide, yaitu bottom-up dan top-down. Secara bottom-up, alur kegiatan pengabdian masyarakat disesuaikan dengan bidang keahlian dan riset unggulan universitas. Selanjutnya, penyusunan Renstra PkM juga disesuaikan dengan isu-isu global, nasional, dan wilayah. Secara top-down, Renstra PkM disesuaikan dengan dokumen Rencana Strategis Universitas dan Rencana Induk Penelitian (RIP) UAA.
A. Prosepan DTPR dan mahasiswa serta penerapan keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan industri atau masyarakat yang relevan dengan peta jalan PkM dan kesesuaiannya dengan standar PkM.
B. Pengelolaan PkM dengan dokumen yang lengkap, mulai dari call for proposal
hingga laporan akhir.
alur aturan/sop/pedoman/panduan
C. Pelaksanaan PkM DTPR dan mahasiswa sesuai dengan agenda kegiatan PkM DTPR yang merujuk kepada peta jalan PkM.
No | Judul PkM | Ketua | Kepakaran | Nama dan Identitas Dosen Anggota PkM | Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan |
TS | |||||
Mengembangkan Skill Content Creator di Masa Pandemi | Dhina Puspasari Wijaya | Digital marketing | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi Deden Hardan Gutama |
||
Workshop Digitalisasi UMKM Dusun Plambongan | Andri Pramuntadi | Digital marketing | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi Deden Hardan Gutama |
||
BELAJAR SECURITY DARI OWN DEVICE, MEMBANGUN KESADARAN DAN KEPEDULIAN KEAMANAN INFORMASI DI INTERNET | Tri Rochmadi | Forensik Digital | – | Hindun Nur Azizah
Imam Hambali Mushonef Anwar SHEILAKANA ANDIA RAHDYAN INSAN ULUM MUMIN NANIK WIJAYANTI |
|
Kegiatan pendampingan transformasi usaha mikro melalui online single submission dalam pembuatan nomor induk berusaha bagi masyarakat dukuh pajangan desa triwidadi | Yanuar Wicaksono | ||||
Program Inovasi dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa | Raden Nurrachman Dzakiyullah | ||||
Riset dan Publikasi Ilmiah | Raden Nurrachman Dzakiyullah | ||||
Pengembangan E-Library di Desa Guwosari | Dadang Heksaputra | Software Engineering | |||
Jumlah judul PkM di TS: … | |||||
TS-1 | |||||
Literasi dan Pembangunan Website Wisata Guwosari | Dhina Puspasari Wijaya | Software Engineering | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi Deden Hardan Gutama |
||
Pemberdayaan Guru Berbasis ICTdi Kecamatan Patuk Gunung Kidul | Andri Pramuntadi | ||||
Literasi Cyber Security pada UMKM di Indonesia | Deden Hardan Gutama | Forensik Digital | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi |
||
Cyber Security Awareness Terhadap Serangan Phising | Tri Rochmadi | Forensik Digital | – | Rahma Milan Sari
Dinna Nurfadlillah |
|
Aplikasi Perkantoran | Yanuar Wicaksono | ||||
Workshop Peningkatan Kompetensi Publikasi Dosen | Raden Nurrachman Dzakiyullah | ||||
Optimalisasi Germas dalam Rangka Meningkatkan Mutu Kesehatan Masyarakat Di Dusun Gupakwarak, Sendangsari, Pajangan, Bantul. | Dadang Heksaputra | ||||
Jumlah judul PkM di TS-1: | |||||
TS-2 | |||||
Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Untuk Pelaku UMKM | Dhina Puspasari Wijaya | Digital marketing | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi Deden Hardan Gutama Pujo Hari Saputro Galih Pradana |
||
Edukasi Jaga Diri Terhadap Dampak Covid-19 Kepada Masyarakat Serta Pembagian Masker, Paket Sembako, dan Multivitamin | Andri Pramuntadi | Sistem Informasi Kesehatan | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi Deden Hardan Gutama Pujo Hari Saputro Galih Pradana Anni Kharimatul Fauziyah |
||
Workshop Sosial Media Marketing Dalam Rangka Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Grobogan | Deden Hardan Gutama | Digital marketing | Dhina Puspasari Wijaya
Andri Pramuntadi Pujo Hari Saputro Galih Pradana |
||
Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Pembuatan Desain Grafis Pondok Pesantren Tanwirul Huda | Raden Nurrachman Dzakiyullah | ||||
Strategi Mengoptimalkan Potensi Wisata Halal Melalui Akses Permodalan Lembaga Keuangan Syariah dan Metode Partisipasi di Desa Parangtritis Dengan Pemanfaatan Aplikasi ADIBA MSME | Dadang Heksaputra | ||||
Jumlah judul PkM di TS-2: | |||||
TS-3 | |||||
Peningkatan Pemahaman Guru dalam Menulis dan Mempublikasikan Artikel Ilmiah pada Jurnal Online | Rino Richardo, M.Pd. | Ednomatematika | Ahmad Anis Abdullah, M.Sc.
Tri Rochmadi, M.Kom. |
Siti Rohayati
Asrifatun Agustini |
|
PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SD NGRUKEMAN | Tri Rochmadi, M.Kom. | Sistem Informasi | – | Nanda Dhea Nisa | |
Jumlah judul PkM di TS-3: | |||||
Jumlah total PkM selama 3-4 tahun terakhir: | |||||
Jumlah rata-rata judul PkM per tahun/dosen: |
D. Pelaksanaan monitoring kesesuaian PkM DTPR dan mahasiswa dengan peta jalan, serta penggunaan hasil monitoring untuk perbaikan relevansi PkM.
Bagian ini berisi penjelasan tentang evaluasi secara berkala mengenai keterlaksanaan kebijakan dan ketercapaian standar (IKU dan IKT) sehingga menemukenali praktik baik, praktik buruk dan praktik yang baru yang berkaitan dengan kegiatan PkM DTPR, termasuk survei kepuasan dosen terhadap pengelolaan kegiatan PkM.
Hasil evaluasi terhadap kebijakan dan pelaksanaan PkM yang dilakukan oleh DTPS prodi S1-Informatika FKT berdasarkan pada peta jalan (roadmap) penelitian yang telah dibuat: produktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam kegiatan PkM dosen yaitu:
Tabel 8.3.1. Tabel Hasil Evaluasi Kegiatan Pengabmas berdasarkan analisis SWOT
Strength / Kekuatan | Weakness / Kelemahan |
Opportunities / Peluang | Threats / Tantangan |
Berdasar hasil evaluasi diketahui bahwa PkM dengan pendanaan hibah eksternal sebanyak 4 kegiatan dan Yayasan/Mandiri sebanyak 25 kegiatan. Evaluasi kebijakan dan pelaksanaan PkM yang dilakukan oleh DTPS dikaji menggunakan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dengan hasilnya dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:
Tabel 8.3.2. Tabel Target dan Capaian Kegiatan Pengabmas berdasarkan analisis SWOT
Sasaran | Deskripsi indikator | TS-3 | TS-2 | TS-1 | TS | ||||
Target | Capaian | Target | Capaian | Target | Capaian | Target | Capaian | ||
Produktivitas | DTPS melakukan kegiatan PkM yang relevan dengan bidang keahlian program studi minimal 1 kali dalam 1 tahun, baik dengan pembiayaan PT/mandiri, pembiayaan dalam negeri, maupun pembiayaan luar negeri | 85% | |||||||
Pelibatan mahasiswa | Dalam melaksanakan PkM, DTPS melibatkan mahasiswa |
Berdasarkan hasil evaluasi sebagaimana tertuang dalam butir 8.3. Tindak lanjut yang telah diambil oleh Prodi S1-Informatika FKT dalam rangka meningkatkan produktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam kegiatan PkM dosen yaitu:
No | Aspek Hasil Evaluasi Kegiatan PkM | Tindak Lanjut | Waktu Pelaksanaan |
1 | Produktivitas PkM |
|
|
2 | Relevansi PkM dengan road map |
|
|
3 | Pelibatan Mahasiswa |
|
|
Bagian ini berisi penjelasan tentang optimalisasi (peningkatan, penyesuaian, dan penyelarasan) terhadap standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan kegiatan PkM DTPR.