C.7. PENELITIAN

Penelitian merupakan suatu unsur penting dari Tridharma Perguruan Tinggi. Universitas Alma Ata melaksanakan penelitian yang memuat prinsip kemanfaatan, kemutakhiran dan mengantisipasi kebutuhan masa mendatang. Materi penelitian dasar harus berorientasi pada luaran penelitian yang berupa inovasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha, kesehatan, dan industri.

Penelitian harus berdasarkan metodologi keilmuan yang shahih, sesuai dengan keilmuan yang dikembangkan, dan menyesuaikan dengan peta jalan penelitian (roadmap) yang telah disepakati. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemanfaatan penelitian pada masyarakat luas, dan hasil penelitian tentunya akan mendapat pengakuan serta dapat dimanfaatkan dalam lingkup nasional dan internasional.

Penelitian yang mengikuti peta jalan yang telah ditetapkan memerlukan pengelolaan yang baik. Langkah strategis dibutuhkan untuk mencapai Visi Keilmuan Prodi S1 Informatika, secara umum mendukung ketercapaian Visi Misi FKT UAA dan Universitas. Melalui Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) UAA di bidang penelitian, langkah strategis penelitian dicapai melalui adanya kebijakan penelitian, standar mutu, prosedur mutu, pelaksanaan, evaluasi monitoring, dan rencana tindak lanjut.

Pada kriteria ini akan dijelaskan tentang penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan Standar-Dikti yang berkaitan dengan bidang penelitian dengan mengacu pada SN-Dikti, yaitu: Standar Isi Penelitian, Standar Proses Penelitian, dan Standar Penilaian Penelitian. Berikut penjabarannya.

7.1 PENETAPAN Kebijakan, standar, IKU dan IKT yang berkaitan dengan penelitian DTPR

Penelitian yang mengikuti peta jalan yang telah ditetapkan memerlukan pengelolaan yang baik. Langkah strategis dibutuhkan untuk mencapai Visi Keilmuan Prodi S1 Informatika, secara umum mendukung ketercapaian Visi Misi FKT UAA dan Universitas. Melalui Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) UAA di bidang penelitian, langkah strategis penelitian dicapai melalui adanya kebijakan penelitian, standar mutu, prosedur mutu, pelaksanaan, evaluasi monitoring, dan rencana tindak lanjut.

Pada kriteria ini akan dijelaskan tentang penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan Standar-Dikti yang berkaitan dengan bidang penelitian dengan mengacu pada SN-Dikti, yaitu: Standar Isi Penelitian, Standar Proses Penelitian, dan Standar Penilaian Penelitian. Berikut penjabarannya.

 

Kegiatan dan proses pelaksanaan penelitian di Prodi S1-Informatika FKT UAA mengacu pada beberapa kebijakan tertulis dalam bentuk peraturan perundang-undangan dan peraturan pimpinan perguruan tinggi sebagai berikut :

  1. Bagian kesepuluh UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 45 menyatakan :

a). Penelitian di Perguruan Tinggi diarahkan untuk mengembangkan Ilmu pengetahuan dan Teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa

b). Penelitian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Sivitas Akademika sesuai dengan otonomi keilmuan dan akademik,

c). Penelitian sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan berdasarkan jalur kompetensi dan kompetisi.

  1. Statuta Universitas Alma Ata Nomor 004/A/SK/YAA/I/2016 Bab IV Bagian Kedua dan Bagian Ketiga tentang Penyelenggaraan Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  2. Surat Keputusan Nomor 010/A/SK/UAA/I/2016 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).
  3. Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor 055/A/SK/UAA/VII/2018 tentang Kinerja Penelitian dan Publikasi Dosen.
  4. Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor 098/A/SK/UAA/X/2020 tentang Kinerja Penelitian dan Publikasi Dosen Universitas Alma Ata.
  5. Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor 188/A/SK/UAA/X/2021 tentang Hibah Paket Penelitian-Pengabdian Masyarakat dan Luarannya Tahun 2021 Universitas Alma Ata
  6. Rencana Induk Pengembangan UAA Tahun 2016-2040
  7. Rencana Induk Penelitian (RIP) UAA Tahun 2016-2020
  8. Rencana Induk Penelitian (RIP) FKT UAA Tahun 2016-2020
  9. Rencana Induk Penelitian (RIP) Prodi S1-Informatika Tahun 2016-2020
  10. Buku Panduan Penelitian UAA
  11. Standar Mutu UAA
  12. Manual Mutu UAA
  13. Prosedur Mutu (PM)
  14. Standar Operasional Prosedur (SOP)

 

A. Keberadaan lembaga/unit pengelola penelitian, baik berdiri sendiri atau bergabung dalam lembaga lain, yang dilengkapi Rencana Induk Penelitian atau peta jalan penelitian yang memayungi tema penelitian DTPR dan mahasiswa, serta penerapan keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan industri atau masyarakat, dan dilengkapi dengan standar penelitian. (Ketersediaan peraturan terkait keberadaan lembaga penelitian DTPR dan Mahasiswa)

Surat keputusan Nomor 010/A/SK/UAA/I/2016 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

RIP ditulis Fakultas link RIP Fakultas

Fakultas Komputer dan Teknik dan Prodi Informatika memiliki roadmap penelitian yang sejalan dengan Rencana Induk Penelitian UAA dan dapat memayungi tema penelitian Dosen dan Mahasiswa. Tema penelitian dalam RIP Fakultas Komputer dan Teknik sesuai dengan roadmap penelitian UAA sehingga penelitian Dosen dan Mahasiswa sesuai dengan peta jalan penelitian (roadmap) Prodi Informatika dimana kesesuaian tersebut dimonitor dan dievaluasi oleh Prodi Informatika dibawah koordinasi Fakultas Komputer dan Teknik.  

B. Dokumen pengelolaan penelitian yang lengkap. (Ketersediaan dokumen pengelolaan penelitian yang lengkap) Proposal penelitian, laporan kemajuan, 

Pelaksanaan penelitian di Universitas Alma Ata dipantau dan dinilai demi mencapai mutu penelitian yang sesuai dengan rencana strategis penelitian masing-masing Program Studi serta memperhatikan kesesuaian dengan standar hasil, standar isi, dan standar proses penelitian. Penilaian penelitian di Universitas Alma Ata dilakukan dengan menggunakan metode dan instrumen yang relevan, akuntabel, dan dapat mewakili ukuran ketercapaian kinerja proses serta pencapaian kinerja hasil penelitian memenuhi prinsip edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan.

C. Mekanisme pelaksanaan penelitian DTPR sesuai dengan agenda penelitian DTPR yang merujuk kepada peta jalan penelitian. (Roadmap penelitian prodi)  (Ketersediaan Mekanisme pelaksanaan penelitian DTPR dan Mahasiswa sesuai dengan agenda penelitian DTPR yang merujuk kepada peta jalan penelitian)

Roadmap Prodi 

 

D. Mekanisme monitoring kesesuaian penelitian DTPR dengan peta jalan, dan penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi. (Ketersediaan mekanisme monitoring kesesuaian penelitian DTPR dan mahasiswa dengan peta jalan, dan penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan Program Studi)

Tentang Monev LP2M ? SK LP2M

Mekanisme kontrol penelitian dalam lingkup prodi dilakukan dengan penetapan KPI (Key Performance Indicator) dalam bentuk rencana operasional (renop) Prodi. KPI penelitian prodi, tentunya sudah mengacu pada Standar Utama Penelitian yang tealh ditetapkan oleh LP2M. KPI penelitian prodi mencakup :

  1. Dosen mengembangkan proposal penelitian sesuai dengan RIP minimal 1 proposal per tahun.
  2. Proposal penelitian yang disponsori dari mitra meningkat

Pencapaian standar penelitian juga dievaluasi melalui kegiatan AIMA yang dilaksanakan 6 bulan sekali. Untuk mengevaluasi pencapaian standar penelitian di prodi, Kantor Jaminan Mutu telah menugaskan Gugus Jaminan Mutu di setiap prodi untuk memonitor dan membantu prodi dalam pencapaian sasaran mutu. P2M prodi berkoordinasi dengan LP2M melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian melalui beberapa kegiatan pemantauan kinerja penelitian dosen di Prodi 2 kali dalam setahun, serta kegiatan seminar hasil penelitian, dan pengumpulan laporan akhir penelitian bagi dosen yang mendapatkan pendanaan hibah penelitian internal dan eksternal.

7.2 PELAKSANAAN Pelaksanaan kebijakan dan standar terkait penelitian DTPR

Bagian ini berisi penjelasan tentang pelaksanaan kebijakan dan standar terkait penelitian DTPR yang mencakup:

Pelaksanaan penelitian di Prodi Informatika UAA berpedoman pada peta jalan (roadmap) penelitian yang disebut dengan Rencana Induk Penelitian (RIP). Setiap prodi memiliki Rencana Induk Penelitian masing-masing yang diturunkan dari RIP FKT UAA. RIP FKT UAA ini diturunkan dari RIP Universitas Alma Ata yang disusun dalam rangka mencapai tujuan akhir UAA sebagai Advance University. Tema besar penelitian di UAA adalah “Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia melalui Pendidikan, dan Ekonomi yang berbasis Teknologi Mutakhir”. Tema ini diturunkan ke dalam tema penelitian Fakultas Komputer dan Teknik yaitu Global challenges and Strategic Intelligents. Selanjutnya tema penelitian FKT UAA dibagi kedalam beberapa bidang penelitian antara lain: 1). Bidang Kesehatan, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui e-health. 2). Bidang Entrepreneurship, yaitu pengembangan kewirausahaan sosial yang berkelanjutan berbasis teknologi. 3). Bidang Pendidikan, yaitu peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan ICT (Information Communication Technology).

Pelaksanaan penelitian pada Prodi Informatika UAA mengacu pada RIP Prodi Informatika Tahun 2021-2026 yang diturunkan dari tema dan topik penelitian FKT UAA yang telah diselaraskan dengan visi keilmuan dan misi Prodi Informatika UAA. Adapun roadmap penelitian Prodi Informatika pada tabel berikut :

Tabel 7.2.1 Roadmap Penelitian Prodi Informatika UAA Tahun 2021-2026

Topik TAHAPAN
TAHUN 1 TAHUN 2 TAHUN 3 TAHUN 4 TAHUN 5
Analisis dan Kajian Pengembangan Pengujian Komersialisasi Evaluasi 
Decision Support System R & D Kajian Masalah dan Algoritma serta Penyusunan Roadmap Pengembangan Decision Support System di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Algoritma Decision Support System Pengembangan sistem atau algoritma Decision Support System di bidang pendidikan Implementasi dan pengujian sistem atau algoritma Decision Support System di bidang pendidikan Komersialisasi Decision Support System di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Decision Support System Evaluasi Decision Support System di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Decision Support System
Computer Vision R & D Kajian Masalah dan Algoritma serta Penyusunan Roadmap Penelitian Pengembangan dan analisis Computer Vision di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Computer Vision Pengembangan sistem atau Algoritma Computer Vision di bidang pendidikan Implementasi dan pengujian sistem atau algoritma Decision Support System di bidang pendidikan Komersialisasi Decision Support System di bidang kesehatan dan medis dengan mengimplementasikan Decision Support System Evaluasi Decision Support System di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Decision Support System
Data Mining R & D Kajian Masalah dan Algoritma serta Penyusunan Roadmap Penelitian Pengembangan dan analisis data mining di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Data Mining Pengembangan sistem atau Algoritma Data Mining di bidang pendidikan Implementasi dan pengujian sistem atau algoritma Data Mining di bidang pendidikan Komersialisasi Data Mining di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Sistem atau Algoritma Data Mining  Evaluasi Computer Vision di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Computer Vision
Machine Learning R & D Kajian Masalah dan Algoritma serta Penyusunan Roadmap Penelitian Pengembangan dan analisis di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan machine learning Pengembangan sistem atau Algoritma Machine Learning di bidang pendidikan Implementasi dan pengujian sistem atau algoritma Machine Learning di bidang pendidikan Komersialisasi Data Mining di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Sistem atau Algoritma Machine Learning Evaluasi Computer Vision di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan Machine Learning
Internet of Things R & D Kajian Masalah dan Penyusunan Roadmap Penelitian Internet of Things di bidang pendidikan Pengembangan produk Internet of Things di bidang pendidikan Implementasi dan Pengujian produk IOT di objek atau instansi pendidikan Komersialisasi produk IOT  Evaluasi moersialisasi produk inovasi berkelanjutan IoT di bidang pendidikan

 

A. Proses pengelolaan lembaga penelitian dalam mengelola penelitian DTPR dan penerapan keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan industri atau masyarakat, dan dilengkapi dengan standar penelitian yang relevan dengan Rencana Induk Penelitian yang memuat peta jalan penelitian dan/atau Fokus Penelitian PS. (Proses Pengelolaan lembaga penelitian dalam mengelola penelitian DTPR dan mahasiswa serta penerapan keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan industri atau masyarakat, dan dilengkapi dengan standar penelitian yang relevan dengan rencana induk Penelitian yang memuat peta jalan penelitian dan/ Fokus Penelitian Program Studi)

Penjelasan tentang LP2M Alma Ata

Koordinator bidang penelitian Prodi di Borang 3A Informatika

RIP Informatika RIP Prodi diturunkan dari RIP FKT rip FKT diturun dari UAA 

Fokus Penelitian di RIP Prodi

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor : 010/A/SK/UAA/1/2016 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). Bahwa agar pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar serta penerapan keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan industri atau masyarakat dan dilengkapi dengan standar penelitian yang relevan dengan Rencana Induk Penelitian Prodi Informatika. Rencana Induk Penelitian FKT diturunkan dari RIP Universitas sebagai pedoman untuk mengelola penelitian sehingga selaras dengan visi dan misi tujuan Prodi Informatika dan kebijakan arah penelitian Fakultas dan Universitas. Peta jalan penelitian (roadmap) penelitian dosen dalam RIP ini disusun berdasarkan research interest, bidang keahlian dosen, visi dan misi Fakultas Komputer dan Teknik. 

 

B. Proses pengelolaan penelitian dengan dokumen yang lengkap, mulai dari call for proposal hingga laporan akhir. (Keterlaksanaan pengelolaan penelitian dengan dokumen yang lengkap, mulai dari call for proposal hingga laporan akhir)

Di LP2M alma ata proses Call Paper ? pengumuman Hibah ? Sosialisasi melalui prodi

LP2M Prodi menyampaikan di Scientific Meeting Prodi

Dosen Prodi menyusun Proposal diajukan ke LP2M kemudian proposal yg sudah diterima diajukan untuk hibah kemendikbud

LP2M akan melaksanakan monev penelitian kepada dosen yg mengajukan/lolos Hibah External

Laporan akhir dosen menyusun laporan akhir penelitian dan mengumpulkan ke LP2M halaman BIMA

LP2M UAA melakukan kegiatan sosialisasi panduan penelitian dan Rencana Induk Penelitian, agenda hibah penelitian tahunan baik hibah penelitian internal maupun eksternal melalui kegiatan scientific meeting, call for paper penelitian serta adanya kemudahan akses buku panduan penelitian UAA dan dokumen Rencana Induk Penelitian oleh seluruh dosen dengan menggunakan akun melalui Portal Alma Ata (http://portal.almaata.ac.id/) . 

UAA mengundang peneliti senior di bidangnya untuk mendampingi sejumlah dosen mulai dari pencarian ide penelitian/isu mutakhir penelitian pembuatan proposal, tips-tips untuk memenangkan hibah penelitian, serta tips-tips untuk menembus jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.

LP2M UAA dan P2M Prodi Informatika memfasilitasi kegiatan scientific meeting penelitian di prodi agar peneliti mendapat masukan dari rekan sejawat terkait dengan proposal yang diajukan. Adanya penunjukkan tim reviewer internal UAA untuk menilai proposal penelitian yang memenuhi syarat penerima hibah untuk diajukan ke LP2M Universitas Alma Ata.

C. Pelaksanaan penelitian DTPR sesuai dengan agenda penelitian DTPR yang merujuk kepada Rencana Induk Penelitian. (Keterlaksanaan penelitian DTPR dan mahasiswa sesuai dengan agenda penelitian DTPR yang merujuk kepada Rencana Induk Penelitian)

Semua penelitian yang dilakukan DTPR Informatika UAA merujuk pada RIP Prodi INF

ISI RIP Informatika

Dosen melakukan penelitian dengan Mhs dibuat grafik

penelitian yg lolos hibah external dibuat grafik

Penelitian dg luaran publikasi di DTPR Prodi INF yaitu terpublikasi dalam jurnal nasional dan nasional terakreditasi satu grafik dan internasional internasional terakreditasi satu grafik

Pelaksanaan penelitian Dosen berpedoman pada peta jalan penelitian yang disebut sebagai Rencana Induk Penelitian (RIP). Rencana Induk Penelitian Prodi Informatika merupakan turunan dari Rencana Induk Penelitian FKT UAA. Tema besar penelitian di UAA adalah “Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia melalui Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi berbasis Teknologi Mutakhir”. Tema ini diturunkan ke dalam tema penelitian FKT yaitu “Global challenges and Strategic Intelligents”. Selanjutnya tema penelitian FKT UAA dibagi kedalam beberapa bidang penelitian antara lain: 1). Bidang Kesehatan, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui e-health. 2). Bidang Entrepreneurship, yaitu pengembangan kewirausahaan sosial yang berkelanjutan berbasis teknologi. 3). Bidang Pendidikan, yaitu peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan ICT (Information Communication Technology).

 

D. Pelaksanaan monitoring kesesuaian penelitian DTPR dengan Rencana Induk Penelitian, dan penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi. (Keterlaksanaan monitoring kesesuaian penelitian DTPR dan Mahasiswa dg rencana induk Penelitian dan penggunaan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan Program studi secara sangat efektif disertai bukti yg sahih

Prodi Informatika melaksanakan monitoring secara berkala untuk memonitoring  monitoring kesesuaian penelitian DTPR dan Mahasiswa dg rencana induk Penelitian.

Dari hasil monitoring maka digunakan untuk evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan Program studi Informatika.

Monitoring ? ngapian ? agenda ?

Melakukan audit mutu internal (AIMA) untuk melihat ketercapaian sasaran mutu penelitian dosen. Kantor Jaminan Mutu dan Gugus Jaminan Mutu Prodi Informatika melaksanakan audit ketercapaian sasaran mutu penelitian dosen setiap tahunnya. Fasilitas sarana prasarana yang mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa berupa gedung universitas dan laboratorium Prodi Informatika. 

LP2M UAA bekerjasama dengan P2M Prodi melakukan pemantauan kegiatan penelitian dosen dan pengelola program studi mengevaluasi capaian penelitian dosen di Prodi Informatika dengan melihat kesesuaian rencana dan realisasi penelitian pada beban kerja dosen yang dibuat setiap awal dan akhir semester. Evaluasi capaian hasil penelitian dosen melalui kegiatan presentasi hasil bagi dosen yang mendapatkan pendanaan hibah internal maupun eksternal.

7.3 EVALUASI Evaluasi secara berkala mengenai keterlaksanaan kebijakan dan ketercapaian standar (IKU dan IKT) penelitian DTPR.

Hasil evaluasi terhadap kebijakan dan pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Informatika berdasarkan pada peta jalan (roadmap) penelitian yaitu produktivitas, relevansi, dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen :

Bagian ini berisi penjelasan tentang evaluasi secara berkala mengenai keterlaksanaan kebijakan dan ketercapaian standar (IKU dan IKT) sehingga menemukenali praktik baik, praktik buruk dan praktik yang baru yang berkaitan dengan penelitian DTPR, termasuk survei kepuasan DTPR terhadap pengelolaan kegiatan penelitian.

Evaluasi pelaksanaan standar dalam bidang penelitian dilakukan untuk mengukur capaian standar yang telah ditetapkan. Pada standar hasil, isi, proses, peneliti, sarana dan prasarana, pengelolaan, pendanaan dan pembiayaan penelitian dalam FKT UAA harus melalui tahapan verifikasi oleh reviewer dan lulus uji etik dari komisi etik UAA. Penelitian yang dilakukan oleh dosen memiliki relevansi terhadap mata kuliah dan dengan luaran berupa artikel publikasi dan/atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Beberapa penelitian yang memiliki nilai komersial dan berpeluang melibatkan pihak industri didorong untuk menjadi prioritas. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dipresentasikan pada seminar hasil penelitian baik di dalam pertemuan ilmiah nasional atau internasional.

7.4 PENGENDALIAN Pengendalian dan tindak lanjut (revisi dan rekomendasi) terhadap hasil evaluasi ketercapaian standar (IKU dan IKT) penelitian DTPR.

Bagian ini berisi penjelasan tentang pengendalian dan tindak lanjut (revisi dan rekomendasi) terhadap hasil evaluasi ketercapaian standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan penelitian DTPR.

7.5 PENINGKATAN Optimalisasi (peningkatan, penyesuaian, dan penyelarasan) terhadap standar (IKU dan IKT) penelitian DTPR.

Bagian ini berisi penjelasan tentang optimalisasi (peningkatan, penyesuaian, dan penyelarasan) terhadap standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan penelitian DTPR.

Open chat