Hologram

Hologram

Prodi Informatika Alma Ata – Zaman sudah berubah maka teknologi pun berubah semakin maju dan semakin canggih. Salah satu contohnya adalah teknologi hologram atau holografi. Adakah yang tau teknologi holografi itu apa?

Menurut Wikipedia, Teknologi Hologafi adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam.

Hologram sendiri adalah merekam perpaduan dari dua cahaya lalu disajikan dalam bentuk 3D. Dan bentuk ini dapat dilihat dari sudut pandang mana saja atau secara 360°. teknologi ini biasa disebut gudang informasi dan ia dapat menyimpan informasi yang di dalamnya memuat objek-objek dalam bentuk 3D (dimensi).

Teknologi ini mempunyai beberapa karakteristik, yaitu :

  1. Cahaya, yang sampai ke mata pengamat, yang berasal dari gambar yang direkonstruksi dari sebuah hologram adalah sama dengan yang apabila berasal dari objek aslinya.
  2. Lebih dari satu gambar independen yang dapat disimpan dalam satu pelat fotografi yang sama yang dapat dilihat dari satu per satu dalam satu kesempatan.

teknologi ini menggunakan proyeksi Holographic Laser Projection (HLP) dan sensor infra merah untuk membuat layar yang mendukung gerakan multi-touch. teknologi ini terdapat beberapa macam, yaitu hologram 3D(3 dimensi), hologram dot matrik dan sebagainya.

Hologram membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Setiap ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya. Nah, kekurangan dari teknologi ini adalah semakin mudahnya orang melakukan penipuan dan pencurian data.

Creator : Dewi Masruroh

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat