Oleh : Zavier Zubery | 193200080
Program Studi S1 Informatika Alma Ata – Di bulan Desember, Harbolnas merupakan momen yang paling ditunggu konsumen dan penjual. Harbolnas adalah hari belanja online nasional yang biasanya diperingati pada tanggal 12 Desember, Pelanggan sering menggunakan momen 12/12 ini untuk mencari berbagai produk secara online.
Ini karena banyak merek menawarkan diskon besar-besaran untuk memungkinkan pelanggan menjelajahi produk target mereka.Pesta diskon setahun sekali ini mengalami peningkatan acara setiap tahunnya. Tahun lalu, nilai acara Harbolnas 2021 mencapai 18,1 triliun rubel, meningkat 56% dibandingkan pencapaian tahun 2020.
Pelajari tentang sejarah Harbolnas, Indonesia. Di bawah ini adalah keuntungan dan tip penjual untuk memaksimalkan keuntungan pada belanja online 12/12.
Sebelum hadir di Indonesia, pesta belanja online CyberMonday telah hadir di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, dan Jepang.
Cyber Monday sendiri terinspirasi dari perayaan Black Friday di Amerika Serikat.
Black Friday, banyak toko menawarkan diskon besar-besaran, sehingga orang-orang bersemangat ke toko dan bahkan rela antre panjang untuk melakukan pembelian.
Selain Cyber Monday, ada juga Singles Day pada 11 November yang dimulai di China. Di Indonesia sendiri, Harbolnas dimulai pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 12/12/12. Harbolnas Indonesia merupakan perusahaan pertama yang membentuk anggota e-commerce yang tergabung dalam Indonesian E-Commerce Association (IdeA).
Kemudian beberapa perusahaan e-commerce ikut berpartisipasi antara lain Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma dan Berrybenka.
Ide Harbolnas sendiri awalnya diciptakan oleh Lazada yang ingin mengadvokasi hajatan belanja online secara terbuka. Dari ide tersebut, Harbolnas berinisiatif untuk mendorong perusahaan ritel komersial untuk bergabung agar dapat mencapai penjualan yang lebih tinggi.
Seiring berjalannya waktu, Harbolnas akan semakin sering diselenggarakan. Beberapa toko online memulai Harbolnas sejak 9 September, sementara beberapa toko online lainnya bahkan menyelenggarakan Harbolnas setiap bulannya.
Kini tidak hanya merchant yang bergabung dalam Harbolnas Shopping Festival, tetapi juga perusahaan dari berbagai industri, baik offline maupun online, memberikan berbagai penawaran menarik selama Harbolnas. Tentunya brand bisa merasakan banyak keuntungan dengan memanfaatkan momen Harbolnas ini.
Berikut beberapa manfaat Harbolnas bagi para trader yang harus Anda ketahui: 1. Tingkatkan lalu lintas e-niaga
Jika toko online Anda ikut serta dalam momen Harbolnas, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang, meskipun hanya untuk melihat-lihat produk dan diskon.
Toko online Anda juga memiliki lebih banyak pengunjung dari biasanya.
Dengan banyak lalu lintas, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online. Bahkan, hal itu bisa membangun brand awareness yang lebih baik. Karena jika Anda tidak mengetahui toko online Anda, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan Anda. Bukan tidak mungkin mereka akan membeli nanti.
- Meningkatkan jumlah penjualan
Dengan mengadakan penawaran khusus selama Harbolnas, Anda juga bisa meningkatkan jumlah penjualan.
Dibandingkan dengan penjualan harian biasa, volume penjualan toko online Anda tentu jauh lebih tinggi.
Ini bisa menjadi cara efektif untuk kamu menjual produk-produk edisi lama atau musim sebelumnya yang belum laku.
Misalnya dengan mengadakan clearance sale dan diskon besar-besaran selama Harbolnas berlangsung.
Meskipun produk yang kamu jual dengan harga miring bukanlah barang edisi terbaru, tetapi cara ini tetap ampuh untuk menambah angka penjualan.
Sebab, ada banyak pelanggan di luar sana yang mencintai barang-barang berharga murah. Mereka pun tidak akan ragu untuk membeli produk yang kamu jual dengan harga diskon. Produk-produk di toko online Anda dapat terjual dengan cepat dan ruang penyimpanan dapat digunakan untuk stok produk lainnya.
- Meningkatkan pendapatan usaha
Tentu saja, dengan meningkatnya penjualan toko online Anda, Anda akan menerima pendapatan bisnis yang jauh lebih tinggi.
Oleh karena itu, banyak brand yang berlomba-lomba memberikan penawaran khusus kepada pelanggan agar mereka bisa mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih banyak.
Nah, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, jangan lupa untuk menurunkan harga produk terlebih dahulu sebelum menerapkan diskon apapun. Jadi produk yang Anda tawarkan dengan harga diskon mungkin masih menawarkan keuntungan. Jangan biarkan diri Anda mengalami kerugian dengan tidak mempertimbangkan diskon yang ditawarkan kepada pelanggan, bukan?
- Dapatkan pelanggan baru
Keuntungan lain mengikuti event di Harbolnas adalah bisa menjaring lebih banyak pelanggan baru.
Ketika Anda menawarkan penawaran menarik, baik itu diskon khusus, gratis ongkos kirim, atau cash back, pelanggan akan segera mengambil alih toko online Anda. Mereka yang belum pernah membeli akan tertarik dan akhirnya membuat keputusan pembelian yang mantap.
Tentu saja, bagi Anda yang baru memulai, kebanjiran pesanan sangat menyenangkan bukan? Jumlah penjualan meningkat dan potensi penghasilan Anda semakin meningkat.
- Menangkan pelanggan yang sudah ada
Harbolnas tidak hanya menarik pelanggan baru ke toko Anda, Harbolnas juga dapat membantu Anda menarik pelanggan yang sudah ada. Dengan mengirimkan informasi promosi kepada pelanggan yang sudah ada melalui obrolan, email, media sosial, dan saluran pemasaran lainnya, peluang mereka untuk melakukan pembelian berulang jauh lebih tinggi.
Pelanggan yang sudah ada dapat melakukan pemesanan berulang di toko Anda. Anda dapat mencapai loyalitas pelanggan dengan lebih mudah.
Dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru, metode ini dianggap jauh lebih murah dan lebih mudah diterapkan. Oleh karena itu, jagalah hubungan baik dengan pelanggan agar mereka membeli lagi di masa mendatang.