C.3 MAHASISWA

Kriteria ini berisi penjelasan yang mencakup penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan Standar-PT yang berkaitan dengan mahasiswa dari UPPS dan program studi yang diakreditasi.

Standar-PT yang harus dirujuk adalah standar perguruan tinggi yang berkaitan dengan mahasiswa dari UPPS program studi yang diakreditasi.

3.1 PENETAPAN Penetapan kebijakan, standar, IKU dan IKT yang berkaitan dengan mahasiswa.

Ketersediaan dokumen kebijakan, standar, IKU, dan IKT yang berkaitan dengan mahasiswa mencakup:

A. Sistem rekrutmen (metode rekrutmen, kriteria) dan proses seleksi calon mahasiswa.
        1. Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor: 004/A/SK/UAA/I/2016 tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru
        2. SK Rektor Nomor : 0173/A/SK/UAA/V/2016 tentang Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru.
        3. SK Rektor Universitas Alma Ata Nomor: 003/A/SK/UAA/I/2016 tentang Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru Berdasarkan Prinsip Ekuitas Universitas Alma Ata Tahun Akademik 2016/2017
        4. SK Rektor Nomor : 0180/A/SK/UAA/V/2016 tentang beasiswa UTAMA (Unggul Tidak Mampu).
        5. Keputusan Ketua Yayasan Alma Ata Nomor: 01/A/SK/YAA/X/2016 tentang Pemberian Beasiswa Utama (Unggul Tidak Mampu) Tahun 2016
        6. SK Rektor Universitas Alma Ata Nomor: 064/B/SK/UAA/V/2019 tentang ketentuan beasiswa tahfidz al-quran
        7. SK Rektor Universitas Alma Ata Nomor: 056/A/SK/UAA/V/2016 tentang Kebijakan Beasiswa Universitas Alma Ata
        8. SK Rektor Nomor : 62/A/SK/UAA/VI/2016 tentang tracer study
        9. Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life No. 002/A/SK/Presdir/AA/VI/2015 tentang Persyaratan pengajuan klaim jaminan kesehatan mahasiswa dan Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life Yogyakarta No. 004/A/SK/Presdir/AA/IX/2014 tentang besaran nilai jaminan kesehatan interna PT Alma Ata Life
        10. SK Rektor Nomor 160/A/Sk/UAA/XII/2019 tentang Kum Kegiatan Kemahasiswaan
        11. SK Act. Rektor nomor 025/A/SK/Act. Rektor/PT/AA/VIII/2007 tentang Pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta.
        12. SK HIMATIK Nomor 082/A/SK/UAA/III/2022
        13. PM-AA-PT-7.5.53 Tentang Pengajuan Beasiswa Internal
        14. PM -AA-PT-7.5.162 Tentang Pengajuan Beasiswa Eksternal
        15. PM-AA-PT-7.5.6 tentang Penerimaan Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes Kesehatan Mahasiswa Baru
        16. PM-AA-PT-7.5.9 tentang Penerimaan Pembayaran Registrasi Mahasiswa Baru.
        17. PM-AA-PT-7.5.110 Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mahasiswa
        18. PM-AA-PT-7.5.111 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kemahasiswaan.

Kebijakan prosedur penerimaan mahasiswa baru tertuang dalam:

        1. Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor: 004/A/SK/UAA/I/2016 tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru
        2. SK Rektor Nomor : 0173/A/SK/UAA/V/2016 tentang Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru
        3. SK Rektor Nomor : 0180/A/SK/UAA/V/2016 tentang beasiswa UTAMA (Unggul Tidak Mampu)
        4. SK Rektor Nomor : 62/A/SK/UAA/VI/2016 tentang tracer study
        5. SK Rektor tentang IKU
        6. SK Rektor tentang IKT
        7. PM-AA-PT-7.5.53 Tentang Pengajuan Beasiswa Internal
        8. PM -AA-PT-7.5.162 Tentang Pengajuan Beasiswa Eksternal
        9. PM-AA-PT-7.5.6 tentang Penerimaan Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes Kesehatan Mahasiswa Baru
        10.  PM-AA-PT-7.5.9 tentang Penerimaan Pembayaran Registrasi Mahasiswa Baru
B.   Ketersediaan sistem layanan kepada mahasiswa.

Perguruan tinggi  tidak hanya menyelenggarakan pendidikan saja tetapi juga terlibat dalam pengembangan potensi mahasiswa salah satunya di Program Studi Informatika, Universitas Alma Ata telah menyediakan layanan-layanan dalam berbagai bidang,  antara lain:

Sistem layanan mahasiswa pada lingkungan prodi tertuang pada:

        1. SK Rektor Nomor: 62/A/SK/UAA/VI/2016 tentang tracer study
        2. Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life No.002/A/SK/Presdir/AA/VI/2015 tentang Persyaratan pengajuan klaim jaminan  kesehatan mahasiswa
        3. Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life  Yogyakarta No. 004/A/SK/Presdir/AA/IX/2014 tentang besaran nilai jaminan  kesehatan internal PT Alma Ata Life.
        4. SK Rektor Nomor 160/A/Sk/UAA/XII/2019 tentang Kum Kegiatan Kemahasiswaan
        5. SK Act. Rektor nomor 025/A/SK/Act. Rektor/PT/AA/VIII/2007 tentang  Pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Alma Ata  Yogyakarta.
        6. SK HIMATIK Nomor 082/A/SK/UAA/III/2022
        7. PM-AA-PT-7.5.110 Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mahasiswa
        8. PM-AA-PT-7.5.111 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kemahasiswaan
        9. PM-AA-PT-7.5.53 Tentang Pengajuan Beasiswa Internal
        10. PM-AA-PT-7.5.162 Tentang Pengajuan Beasiswa Eksternal
C.  Ketersediaan kebijakan peningkatan animo calon mahasiswa di level lokal, nasional atau internasional.

Peningkatan animo calon mahasiswa di lingkungan Prodi Informatika UAA baik peningkatan animo skala lokal, nasional bahkan internasional melalui beberapa rencana yang telah disusun dan dituangkan dalam kebijakan SK diantaranya SK 01/A/SK/UAA/VII/2019 mengenai beasiswa peduli pendidikan, SK 064/B/SK/UAA/V/2019 tentang ketentuan beasiswa tahfidz al-quran, SK 066/B/SK/UAA/V/2019 mengenai pengadaan beasiswa khusus di lingkungan kampus, dan SK 004/B/SK/UAA/III/2019 yang mengatur tentang beasiswa luar negeri guna menarik animo calon mahasiswa internasional.

Kebijakan peningkatan animo calon mahasiswa pada lingkungan prodi tertuang dalam :

        1. SK 01/A/SK/UAA/VII/2019 mengenai beasiswa peduli pendidikan
        2. Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life No.002/A/SK/Presdir/AA/VI/2015 tentang Persyaratan pengajuan klaim jaminan  kesehatan mahasiswa
        3. SK 056/A/SK//UAA/V/2016 yang mengatur kebijakan beasiswa di lingkungan universitas alma ata
        4. Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life  Yogyakarta No. 004/A/SK/Presdir/AA/IX/2014 tentang besaran nilai jaminan  kesehatan internal PT Alma Ata Life.
        5. SK 064/B/SK/UAA/V/2019 tentang ketentuan beasiswa tahfidz al-quran
        6. SK 1001/A/SK/UAA/XII/2019 yang mengatur tentang beasiswa bidikmisi kemdikbud 2019
        7. SK 066/B/SK/UAA/V/2019 mengenai pengadaan beasiswa khusus di lingkungan kampus
        8. SK 004/B/SK/UAA/III/2019 yang mengatur tentang beasiswa luar negeri guna menarik animo calon mahasiswa internasional.
        9. PM-AA-PT-7.5.53 Tentang Pengajuan Beasiswa Internal
        10. PM-AA-PT-7.5.162 Tentang Pengajuan Beasiswa Eksternal
        11. PM-AA-PT-7.5.110 Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mahasiswa
3.2 PELAKSANAAN pelaksanaan atas kebijakan, standar, IKU dan IKT yang berkaitan dengan mahasiswa

Bagian ini berisi penjelasan tentang pelaksanaan atas kebijakan, standar, IKU, dan IKT yang berkaitan dengan mahasiswa, mencakup:

Tabel 3.1. Jumlah Calon Mahasiswa Baru

Tahun Akademik

Daya Tampung

Jumlah Calon Mahasiswa

Jumlah Mahasiswa Baru

Jumlah mahasiswa Aktif

Lulus Seleksi

Reguler

Transfer

Reguler

Transfer

TS-4

15 21 15 12

12

TS-3

40 38 17 15

15

TS-2

40 54 46 48 48

TS-1

70 158 83 78

77

TS 70 108 41 41 1 41

1

Jumlah 235 379 202 194 1 193

1

Tabel 3.2. Daerah Asal Calon Mahasiswa Baru

Tahun Akademik

Jumlah Provinsi Jumlah Calon Mahasiswa Jumlah Total Mahasiswa Reguler
Laki-laki

Perempuan

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

TS

Jumlah

235

Tabel 3.3 Calon Mahasiswa Luar Negeri

Tahun Akademik

Jumlah Negara Jumlah Calon Mahasiswa Jumlah Total Mahasiswa Luar Negeri
Laki-laki

Perempuan

TS-4

0 0 0

0

TS-3

0 0 0 0
TS-2 0 0 0

0

TS-1

2 2 0 2

TS

1 1 0

1

Jumlah 3 3 0

3

Sistem rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru di Prodi Informatika mengacu pada kebijakan Universitas Alma Ata (UAA) tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Alma Ata Nomor: 004/A/SK/UAA/I/2016 dan panduannya tertuang dalam SK Rektor Nomor : 0173/A/SK/UAA/V/2016 tentang Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru. Proses rekrutmen dan proses seleksi calon mahasiswa bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan dan potensi calon  mahasiswa dalam menjalankan proses pendidikan dan mencapai capaian pembelajaran di prodi Informatika. Kebijakan mengatur kriteria dan prosedur dalam rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa, diantaranya

 

Kriteria;

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, Informatika UAA selalu mengimplementasikan  sistem rekrutmen dan seleksi yang telah ditetapkan oleh UAA, yang meliputi;

 

  • Kriteria Umum :

(1) Warga Negara Indonesia

(2) Warga Negara Asing (WNA), wajib melampirkan izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

(3) Telah Lulus SMA/SMK/MA dengan nilai rata-rata minimal 7.

  • Kriteria Khusus:

(1) Jalur Reguler, jalur reguler ini diperuntukan bagi calon mahasiswa pada  umumnya yang ingin mendaftarkan diri ke Informatika UAA dengan tidak memiliki latar  belakang prestasi maupun latar belakang ketidakmampuan dari sisi ekonomi.  Jalur reguler penetapan kelulusannya berdasarkan hasil Tes Potensi Akademik  Berbasis Komputer. Adapun berkas syarat pendaftaran meliputi satu(1) lembar Kartu Pelajar SMA/SMK/MA yang telah dilegalisasi dan satu(1) lembar FC  KTP/kartu keluarga. Bagi calon mahasiswa berwarga Negara Asing (WNA) wajib  menyertakan fotokopi izin dari Kementerian Dikbud-Ristek, visa pelajar, surat keterangan  jaminan biaya hidup dan biaya pendidikan dari orang tua/instansi penjamin  dana (1 Lembar)

(2) Jalur Beasiswa, jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang kurang  mampu tetapi mempunyai prestasi akademik dan non akademik. Kebijakan ini diperkuat dengan SK Rektor Nomor : 0180/A/SK/UAA/V/2016 tentang beasiswa UTAMA (Unggul Tidak Mampu). Adapun  persyaratan Untuk bisa diterima melalui Jalur Khusus, pendaftar harus  memenuhi salah satu persyaratan berikut ini:

(a). Siswa SMA/MA/SMK kurang mampu yang memperoleh rangking lima(5)  besar paralel satu sekolah pada kelas XII semester gasal, serta rata-rata  nilai rapor minimal 8,00 untuk kelas X dan XI semester gasal dan genap dan  kelas XII semester gasal.

(b). Siswa SMA/MA/SMK kurang mampu yang memperoleh Juara I, II dan III  pada lomba/kejuaraan akademik minimal tingkat kabupaten yang  diselenggarakan/diakui oleh UAA, instansi/lembaga/badan pemerintah,  baik perorangan maupun beregu.

(c). Siswa SMA/MA/SMK kurang mampu yang memperoleh Juara I, II dan III  pada lomba/kejuaraan olahraga atau seni minimal tingkat kabupaten yang  diselenggarakan/diakui oleh UAA, instansi/lembaga/badan pemerintah,  baik perorangan maupun beregu.

(d). Siswa SMA/MA/SMK kurang mampu tanpa batasan tahun lulus yang  merupakan Hafidz/Hafidzah Al Quran 30 Juz, dibuktikan dengan  syahadah/ijazah penghafal Al Quran serta lulus tes hafalan Al Quran.  Keringanan diterima sebagai calon mahasiswa baru tanpa tes, antara lain  keringanan berupa pembebasan: Shodaqoh Jariyah, SPP Tetap dan SPP  Variabel dengan kisaran 25%-100% selama 8 semester untuk S1.

Prosedur

Adapun prosedur pendaftaran dan penerimaan calon mahasiswa baru program sarjana tertuang dalam prosedur mutu PM-AA-PT-7.5.53 Tentang Pengajuan Beasiswa Internal, PM -AA-PT-7.5.162 Tentang Pengajuan Beasiswa Eksternal, PM-AA-PT-7.5.6 tentang Penerimaan Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes Kesehatan Mahasiswa Baru, dan PM-AA-PT-7.5.9 tentang Penerimaan Pembayaran Registrasi Mahasiswa Baru. Prosedur terdiri  dari: pendaftaran online, pembayaran biaya pendaftaran, pengisian data online, verifikasi  berkas pendaftaran, ujian masuk tes tulis (bagi jalur reguler) dan verifikasi berkas oleh panitia  PMB (bagi jalur beasiswa dan prestasi), tes kesehatan, tes wawancara dan registrasi. Adapun  alur prosedur penerimaan mahasiswa baru, dapat dilihat pada bagan berikut :

1) Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru dilakukan secara online dengan menggunakan sistem  informasi penerimaan mahasiswa baru di http://pendaftaran.almaata.ac.id/daftar. Selanjutnya calon mahasiswa akan mendapatkan nomor  virtual Account yang akan digunakan untuk proses pembayaran di Bank/atm/mesin EDC  Alma Ata.

2) Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan di Bank/ATM/mesin EDC Alma Ata,  dengan menggunakan nomor virtual account. Selanjutnya mahasiswa akan memperoleh  PIN untuk melakukan pengisian data.

3) Pengisian Data

Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran selanjutkan akan mendapatkan PIN  untuk pengisian biodata mahasiswa baru secara online di http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk

4) Verifikasi berkas pendaftaran dilakukan dengan melengkapi berkas pendaftaran kepada  panitia PMB, meliputi:

a) Fotokopi KTM SMA/MA/SMK/ yang telah dilegalisasi

b) Pasfoto ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar;

c) Asli kartu keluarga (berkas akan di scan di tempat pendaftaran)

5) Ujian Masuk

Ujian Masuk dibagi menjadi 2 (dua):

a) Uji Tulis

Uji tulis merupakan Tes Potensi Akademik berbasis komputer dengan materi uji. Uji  ini berlaku untuk jalur reguler. Materi tes tulis terdiri dari: 40 butir soal meliputi  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA dalam waktu 60 Menit dengan CBT  (Computerized Based Test).

b) Non Uji Tulis

Non Uji tulis berlaku bagi jalur beasiswa dan jalur prestasi. Panitia PMB akan  melakukan verifikasi berkas pendukung sesuai jalur di atas.

6) Tes Kesehatan

Tes kesehatan merupakan rangkaian tes yang harus dilalui oleh calon mahasiswa baru Universitas Alma Ata sebagai bagian dari rangkaian tes yang menentukan calon mahasiswa baru diterima atau tidak masuk ke Universitas Alma Ata. Adapun ketentuan tes kesehatan di Universitas Alma Ata sebagai berikut;

  1. Calon mahasiswa telah dinyatakan lulus tes CBT sesuai yang tertera di program CBT Universitas Alma Ata.
  2. Calon mahasiswa melakukan tes kesehatan di Alma Ata Medical Center (AAMC).
  3. Calon mahasiswa yang melakukan tes kesehatan di luar AAMC wajib melakukan verifikasi tes kesehatan di AAMC.
  4. Tes kesehatan yang dilakukan oleh dokter pemeriksa tes kesehatan di AAMC adalah; Buku Panduan Akademik FKIP 2020/2021 | 46

a. Pemeriksaan Fisik, meliputi; Tinggi Badan, Berat Badan, Tekanan Darah (Visus Mata, Buta Warna), Telinga, Mulut dan Leher, Jantung dan Paru, dan Reflek (Pupil, Patella, dan Achilles)

b. Tes Laboratorium, meliputi; Narkoba (Amphetamine (AMP), THC (Ganja/Marijuana), PP Test, dan Golongan Darah

7) Tes wawancara

Tes wawancara dilaksanakan jika calon mahasiswa lolos tes kesehatan. Tes wawancara  dilakukan untuk mengetahui biodata lengkap calon mahasiswa dan minat bakat yang  dimiliki. Tes ini wajib dilakukan oleh semua jalur masuk Seleksi penerimaan mahasiswa  Baru UAA.

8) Registrasi

Daftar ulang dilakukan dengan cara membayar biaya registrasi sesuai rincian biaya yang  diberikan panitia PMB. Pembayaran biaya registrasi dapat dilakukan di seluruh bank atau  melalui ATM. Pembayaran dengan menggunakan nomor virtual Account dari panitia  PMB.

LPJ REKRUTMEN (BERITA ACARA HASIL PMB TS TS-1 TS-2)

A. Mutu, akses dan kecukupan layanan kepada mahasiswa.

Tabel 3.4. Prestasi Akademik

No.

Nama Tingkat Tahun Perolehan
1 Event Gorontalo Creativity Competition 2021 Nasional 2021

Juara 1

2

Lomba media pembelajaran tingkat mahasiswa Lokal 2020 Juara Harapan 2
3 Perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota Yogyakarta Lokal 2021

Juara 2

4

Penghargaan Lomba Musabaqah Qira’atul Kutub tingkat nasional Lokal 2021 Penghargaan
5 Design UI/UX Competition 2022 Regional DIY Lokal 2022

Juara 3

6

UAA Nasional Research Idea Competition 2021 Nasional 2021 Juara 3
7 Hibah PHP2D Nasional 2020

Lolos

8

HKI Ciptaan program komputer bernama Jamkuy Nasional 2022 Lolos
9 HKI Ciptaan program komputer bernama NADIRA Nasional 2022

Lolos

 10

HKI Demonstrasi alat automatic inkubator bayi kuning Nasional 2022 Lolos
11 HKI Ciptaan program komputer portal wisata guwosari Nasional 2021

Lolos

12

Pelatihan Olimipiade Sains Indonesia Bidang Matematika Nasional 2021 Peraih Medali Perunggu
13 Pelatihan Olimipiade Sains Indonesia Bidang Matematika Nasional 2021

Peraih Medali Perak

14

Pelatihan Olimipiade Sains Indonesia Bidang Matematika Nasional 2021

Peraih Medali Emas

KRS – KETERCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA (IPK DAN KELULUSAN TEPAT WAKTU) IPK RATA” DAN IPK minimal mahasiswa dan lulusan

Tabel 3.5. Rata-rata ipk mahasiswa

 

TS

TS-1 TS-2 TS-3 TS-4
IPK 3.50 3,42 3,79 3,25

3,46

           

BIDANG NON AKADEMIK

VISUALISASI PRESTASI NON AKADEMIK (LOMBA)

Tabel 3.6. Prestasi Non Akademik

No. Nama Lomba Tingkat Tahun Perolehan
1 Kejuaraan Nasional Pencak Silat Magelang Championship 1 Tahun 2022 Nasional 2022 Juara Harapan Kelas B
2 Kejuaraan eSport GEMASTIK 2022 Lokal 2022 Juara 1
3 Kejuaraan Futsal GEMASTIK 2022 Lokal 2022 Juara 1
4        

Program Layanan dan Pembinaan Minat

Program dan kegiatan kemahasiswaan ini bertujuan untuk mengembangkan  kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dimana kemampuan tersebut sudah  melekat dalam dirinya dan menjadi potensi yang masih perlu untuk dikembangkan  lebih lanjut serta perlu dilatih agar dapat mencapai impian yang ingin diwujudkan.

Untuk itu, Bentuk Program Layanan dan Pembinaan Minat yang dilaksanakan di  Prodi Informatika Universitas Alma Ata adalah sebagai berikut.

1) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UAA

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UAA merupakan organisasi kemahasiswaan  yang berada di tingkat UAA yang menjadi wadah bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Alma Ata. Kebijakan ini tertuang dalam SK Act. Rektor nomor 025/A/SK/Act. Rektor/PT/AA/VIII/2007 tentang  Pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bertujuan untuk dapat mengembangkan diri mahasiswa dalam banyak aspek terkhusus untuk mahasiswa prodi informatika.

2) Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Himpunan Mahasiswa Informatika ( HIMATIK ) UAA  merupakan organisasi mahasiswa di  program studi Informatika-UAA yang menaungi mahasiswa di program studi agar dapat  mengembangkan kompetensi dan potensinya. Kebijakan pembentukan HIMA di setiap program studi tertuang dalam SK……….. , pengesahan kepengurusan HIMATIK tertuang dalam SK…………. dan mekanisme pengajuan kegiatan berdasar PM-AA-PT-7.5.168 tentang pengajuan kegiatan HIMA.

3) Permata ( Pesona Rangkaian Masa Ta’aruf)

Pembinaan mahasiswa telah dilakukan sejak dini, yakni ketika mahasiswa  dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Universitas Alma Ata. Sebelum mengikuti  kegiatan akademik, seluruh mahasiswa baru dibekali dengan pembinaan Soft  Skill akademik integrity dan pengenalan alma ata etiket dalam rangka mengubah  cara pandang dari status siswa SMA menjadi mahasiswa Universitas di dalam sebuah orientasi mahasiswa. Kebijakan penyelenggaraan PERMATA tertuang dalam SK ……

B. Program Layanan dan Pembinaan Bakat

Program Layanan ini ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bawaan  mahasiswa yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut dan dilatih agar dapat  mencapai impian yang ingin diwujudkan. Bentuk Program Layanan dan Pembinaan  Bakat yang dilaksanakan di Prodi Informatika Universitas Alma Ata difasilitasi melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kebijakan pembentukan UKM tertuang dalam SK……. dan PM-AA-PT-7.5.111 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kemahasiswaan. Berikut adalah unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada  di Universitas Alma Ata:

1) UKM Hadroh

UKM Hadroh adalah salah satu UKM yang bergerak dalam bidang kesenian yang  beranggotakan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai fakultas termasuk FK yang  didalamnya terdapat Program Studi Informatika. Unit seni  hadroh dan rebana merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk menyalurkan bakat  dan kreativitas seni hadroh dan rebana sebagai penciri khas UAA. Adapun bentuk  kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah latihan rutin, pembacaan maulidul Diba’, tampil dalam acara kampus UAA, dan mengikuti perlombaan-perlombaan.  Mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakat dalam organisasi yang ada di  tingkat universitas. Berdasarkan kegiatan tersebut, mahasiswa dapat  meningkatkan kemampuan bidang akademik maupun non-akademik. Bidang  akademik, mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan menulis, berpikir kritis  dan analitis. Sedangkan non-akademik dapat meningkatkan kemampuan soft skills mahasiswa diantaranya; meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim (team  work), kemampuan komunikasi, kemampuan kepemimpinan, ataupun  kemampuan mengelola organisasi. UKM ini aktif mengikuti kegiatan pementasan,  baik di lingkungan UAA maupun di luar, baik yang bersifat hiburan maupun bersifat  kejuaraan.

 Gambar C3.2 Foto Kegiatan UKM Hadroh

2) UKM Riset

Unit Riset Ilmiah terbuka untuk mahasiswa yang memiliki keinginan untuk  mengimplementasikan keilmuannya dalam menciptakan suatu karya dan  meningkatkan wawasan. Kegiatan Rutin yang dilaksanakan yaitu pelatihan untuk  mengikuti PIMNAS dan olimpiade sains tingkat perguruan tinggi, penguasan teknik penelitian, lomba-lomba skala nasional dan internasional, penulisan ilmiah dan penelitian sederhana untuk mahasiswa.

3) UKM Padus

PSM Alma Ata yang kemudian diberi nama PSM “Amazing Grace” adalah Unit  Kegiatan Mahasiswa di bidang tarik suara. Amazing Grace banyak melakukan  pementasan di dalam kampus maupun di luar kampus. Kegiatan PSM di dalam  kampus yang rutin dilakukan setiap tahun adalah sebagai pengisi acara dalam acara  ucap janji Pra Klinik, Pra Ners Prodi Keperawatan, upacara wisuda Alma Ata,  pembukaan PERMATA, orasi Ilmiah, seminar nasional, dan lain lain.

C. Program Layanan dan Pembinaan Penalaran

Program Layanan dan Pembinaan Penalaran bertujuan menanamkan sikap ilmiah,  merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan  menulis karya ilmiah, pemahaman profesi, dan kerjasama mahasiswa dalam tim,  baik pada perguruan tingginya maupun antar perguruan tinggi di dalam dan di luar  negeri. Kebijakan layanan ini merupakan unit kegiatan mahasiswa yang tertuang dalam SK….  dan PM-AA-PT-7.5.111 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kemahasiswaan. Untuk mendukung program layanan dan pembinaan penalaran, Universitas  Alma Ata memfasilitasi dengan beberapa kegiatan sebagai berikut.

1) UKM Jurnalistik

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik adalah wadah kegiatan bagi Mahasiswa  Universitas Alma Ata yang mengedepankan semangat profesional, integritas, independen dan berpedoman pada etika kejurnalistikan. Mahasiswa yang ikut  ambil bagian dalam UKM Jurnalistik akan disiapkan menjadi pribadi yang cekatan  dalam kegiatan kejurnalistikan serta terampil dalam meramu informasi yang  didapat sehingga menjadi berita yang lugas, enak dibaca serta informasi  tersampaikan.

2) PKM Corner UAA

Merupakan unit khusus dibawah koordinasi Direktorat Kemahasiswaan Universitas  Alma Ata yang memberikan layanan penuh kepada seluruh mahasiswa aktif UAA  tingkat sarjana (S1) dan diploma (D3) yang akan ataupun ingin mengikuti kegiatan  Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Layanan yang diberikan mulai dari mengurusi  segala bentuk administrasi, pendampingan saat pembuatan proposal, proses  upload ke SIMBELMAWA (sistem upload PKM) hingga sampai Pekan Ilmiah  Nasional (PIMNAS).Mahasiswa mampu mengasah kreativitas, mengasah menulis  dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat  pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya  ialah menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya  saing dengan karakter Pancasila, sehingga dapat membantu membangun  Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki. Dalam  membuat PKM, yang harus mahasiswa lakukan apabila tidak memiliki ide kreatif  dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Ide-ide PKM tidak harus yang  rumit, cukup yang sederhana, sesuai isu global yang terjadi sekarang, dan sangat  bermanfaat bagi masyarakat luas serta mengangkat kearifan lokal.

3) UKM Riset

Unit Riset terbuka untuk mahasiswa yang memiliki keinginan untuk  mengimplementasikan keilmuannya dalam menciptakan suatu karya dan  meningkatkan wawasan. Kegiatan Rutin yang dilaksanakan dalam UKM Riset  adalah pelatihan untuk mengikuti PIMNAS dan olimpiade sains tingkat perguruan  tinggi, penguasan teknik-teknik penelitian, lomba-lomba skala nasional dan  internasional, penulisan ilmiah, dan penelitian sederhana untuk mahasiswa.

D. Program Layanan dan Pembinaan Kesejahteraan

1) Bimbingan dan Konseling

Program layanan Bimbingan Konseling telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan PM-AA-PT-7.5.1 tentang bimbingan akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik (DPA). Selain itu terdapat bimbingan yang dilakukan oleh konselor dengan mekanisme  pelaksanaan bimbingan konseling sesuai dengan PM-AA-PT-7.5.110 tentang penanganan mahasiswa bermasalah.

. Bimbingan konseling dilaksanakan untuk mahasiswa yang memiliki permasalahan akademik, maupun non akademik.  Kegiatan pembimbingan dilakukan dengan DPA masing-masing sesuai dengan SOP AA-MHS-003 tentang Proses bimbingan akademik, Proses bimbingan  didokumentasikan dalam Catatan Bimbingan dan Perkembangan Akademik di  portal Alma Ata. Bimbingan Konseling, Universitas menyediakan layanan konseling  psikologi bagi mahasiswa yang dirujuk oleh Prodi masing-masing. Alur rujukan  mahasiswa ke petugas BK Universitas setelah melalui pertimbangan dari DPA,  Kemahasiswaan Prodi dan Kepala Prodi. Petugas BK Universitas merupakan  seorang psikolog yang ahli dibidangnya.

2) Layanan Beasiswa

UAA telah memberikan layanan beasiswa yang sangat baik terbukti selain beasiswa interen dari Yayasan Alma Ata sendiri, menerima tawaran beasiswa eksternal yang masuk ke UAA cukup banyak dan bervariasi. Beasiswa dapat diakses oleh mahasiswa Prodi Informatika. Mekanisme pengajuan beasiswa berdasarkan SK Rektor Nomor : 0180/A/SK/UAA/V/2016 tentang beasiswa UTAMA (Unggul Tidak Mampu),  PM-AA-PT-7.5.53 tentang pengajuan beasiswa internal dan PM-AA-PT-7.5.162 Tentang Pengajuan Beasiswa Eksternal

 Jenis beasiswa meliputi :

a) Beasiswa UTAMA (Unggul Tidak Mampu) untuk mahasiswa baru, Beasiswa ini diberikan dari yayasan Alma Ata kepada calon mahasiswa Alma Ata yang berprestasi tetapi tidak mampu secara ekonomi dengan besaran beasiswa 25- 100% dari semua biaya pendidikan (sodaqoh jariyah, SPP Tetap, dan SPP  Variabel) dan berlaku selama masa studi normal untuk Sarjana selama 8

b) Beasiswa Prestasi Non-Akademik (untuk mahasiswa baru), Beasiswa prestasi non akademik adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Alma Ata kepada calon mahasiswa Alma Ata yang berprestasi non akademik tetapi tidak mampu  secara ekonomi dan memiliki himmah (semangat belajar tinggi) untuk  melanjutkan studi di perguruan tinggi. Jumlah beasiswa sebesar 25-50% dari  biaya pendidikan terdiri dari SPP tetap dan SPP variabel.

c) Beasiswa Prestasi Akademik (untuk mahasiswa reguler), Beasiswa prestasi diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki IPS 3,75 melalui tahap seleksi tingkat Universitas. Mahasiswa yang lolos seleksi berhak mendapatkan  bantuan pendidikan sebesar Rp.600.000/ semester

d) Beasiswa Prestasi Non-Akademik (untuk mahasiswa reguler), Beasiswa prestasi non akademik adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Alma Ata yang memperoleh prestasi non akademik dalam bidang ilmiah, seni dan

e) Beasiswa KIP kemendikbud (untuk mahasiswa baru), Beasiswa dari Kementrian Agama RI diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang tidak mampu. Beasiswa yang didapatkan yaitu Bebas biaya pendidikan selama menempuh pendidikan  di Universitas Alma Ata (8 semester untuk S1 dan 6 Semester untuk D3).  Mahasiswa juga mendapatkan uang saku sebesar 700.000 setiap bulannya atau  200.000/semesternya.

3) Asrama Pondok Pesantren Alma Ata

Fasilitas ini dapat diakses oleh mahasiswi terutama yang berasal dari luar Daerah  Istimewa Yogyakarta. Selain sebagai tempat tinggal selama menempuh  perkuliahan, para mahasiswi terlibat dalam kegiatan-kegiatan di dalam pondok  pesantren tersebut.

Gambar C3.3 Foto Kegiatan Pondok Pesantren Alma Ata

4) Layanan Kesehatan

Layanan Kesehatan telah terintegrasi sejak mahasiswa masuk menjadi mahasiswa di UAA termasuk mahasiswa Prodi SI. Pelayanan kesehatan dapat diakses oleh mahasiswa Prodi SI melalui Alma Ata Medical Center (AAMC). Fasilitas pelayanan kesehatan yang didapatkan mahasiswa berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan, konseling kesehatan dan tersedianya mobil ambulans.Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life No.  002/A/SK/Presdir/AA/VI/2015 tentang Persyaratan pengajuan klaim jaminan  kesehatan mahasiswa dan Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life  Yogyakarta No. 004/A/SK/Presdir/AA/IX/2014 tentang besaran nilai jaminan  kesehatan interna PT Alma Ata Life. Layanan kesehatan yang diberikan UAA kepada mahasiswa antara lain:

a) Asuransi Kesehatan

Mahasiswa UAA berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Alma  Ata Medical Center (AAMC). Apabila mahasiswa sakit hingga rawat inap di RS  mitra AAMC, mahasiswa dapat mengajukan penggantian dana perawatan  hingga Rp 2.500.000,00

b) Alma Ata Medical Center

berupa fasilitas rawat jalan, vaksinasi mahasiswa pra praktik dan asuransi  kesehatan sebagai sarana perlindungan terhadap risiko sakit, kecelakaan dan  kematian. AAMC telah dilengkapi dengan fasilitas ambulance.

E. Program Layanan dan Pembinaan Keprofesian

1) Career Development Center Universitas Alma Ata

Career Development Center Universitas Alma Ata atau disingkat CDC merupakan  salah satu divisi yang berada di bawah Direktorat Kemahasiswaan Universitas Alma  Ata. Salah satu peran sebuah Universitas adalah menghasilkan lulusan yang profesional, menjunjung tinggi nilai keilmuan dan mengedepankan kaidah ilmiah  sebagai landasan setiap amal perbuatannya, berakhlak mulia, dan berpegang  teguh pada ajaran agama Islam mengabdi untuk kepentingan umat sehingga para  lulusannya dapat diserap di dunia kerja dan merupakan tanggung jawab institusi  untuk dapat menghasilkan lulusan seperti tersebut di atas. CDC Universitas Alma  Ata diharapkan dapat menjadi media untuk menyelaraskan lulusan dengan dunia  kerja. Fungsi CDC Universitas Alma Ata adalah sebagai pusat Pelatihan terkait  Kompetensi Inti Program Studi, pusat Pelatihan terkait Kompetensi umum  tambahan, pusat pelaksana tracer study, pusat pengelolaan kegiatan magang dan  pusat informasi lowongan pekerjaan.

2) Tim Penggerak MBKM

Tim Penggerak yang menggerakkan implementasi MBKM di Universitas Alma Ata.  Tim ini terdiri dari Ketua dan tiga Anggota yang membawahi kemahasiswa, SDM,  dan Kurikulum. Tim ini akan memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam  pelaksanaan program MBKM yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Kegiatan  MBKM yang dapat dilaksanakan oleh program studi Informatika adalah asistensi  mengajar, magang dan lain-lain.

Gambar C3.4 Gedung AAMC

1) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UAA

Mahasiswa prodi Informatika ada yang menjadi pengurus BEM dengan dibuktikan SK pengurus BEM dengan data berikut:

    1. ( nama mhs )

prestasi BEM

 

 

2) Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Semenjak terbentuknya HIMATIK pada tahun … melalui SK …. mahasiswa prodi Informatika setiap tahun melakukan reorganisasi dan diselenggarakan pemilu secara adil dan transparan. pada kepengurusan tahun .. telah dikukuhkan melalui SK …..

 

foto pelantikan

prestasi?

3) Permata ( Pesona Rangkaian Masa Ta’aruf)

Pembinaan Soft Skill mahasiswa dilakukan sejak dini, yaitu ketika mahasiswa dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UAA. Sebelum mengikuti kegiatan akademik, seluruh mahasiswa baru dibekali dengan pembinaan Soft Skill dalam rangka mengubah cara pandang dari status siswa SMA menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi di dalam sebuah orientasi mahasiswa yang disebut ‟Pesona Rangkaian Masa Ta’aruf’’mahasiswa Alma Ata atau disingkat menjadi PERMATA. Dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kerjasama dan pengembangan dalam metode pembelajaran dengan menggunakan Student Centered Learning (SCL) kegiatan berupa pembinaan soft skill bisa berbentuk tugas individu dan kelompok seperti cara penyampaian pendapat atau mengajukan pertanyaan saat kegiatan tutorial.

Program Layanan dan Pembinaan Bakat

1) UKM Hadroh

Unit seni hadrah merupakan unit kegiatan mahasiswa dalam bentuk untuk menyalurkan bakat dan kreativitas seni hadrah sebagai penciri khas UAA. Mahasiswa Prodi Informatika atas nama …. mengikuti UKM Hadroh

foto

prestasi?

2) UKM Riset

siapa yang ikut?

prestasi?

3) UKM Padus

 siapa yang ikut?

prestasi?

Program Layanan dan Pembinaan Penalaran

1) UKM Jurnalistik

siapa yang ikut?

prestasi?

2) PKM Corner UAA

siapa yang ikut?

prestasi?

 

3) UKM Riset

siapa yang ikut?

prestasi?

Program Layanan dan Pembinaan Kesejahteraan

1) Bimbingan dan Konseling

Berdasarkan PM-AA-PT-7.5.1 tentang bimbingan akademik, kegiatan bimbingan

akademik dapat dilakukan secara kelompok maupun individu dengan ketentuan sebagai berikut:

a) Pertemuan masing-masing mahasiswa dengan DPA minimal 3 x dalam 1 semester yaitu saat pengisian KRS, sebelum UTS, sebelum UAS.

b) DPA memberikan arahan pengisian KRS dan rencana studi di awal semester.

c) Mahasiswa melakukan bimbingan dengan DPA tentang :

1) Penyusunan program belajar selama satu semester sesuai dengan beban studi.

2) Identifikasi masalah akademik yang dihadapi mahasiswa dan turut membantu

dalam mencarikan jalan pemecahannya.

3) Konsultasi masalah yang dapat mengganggu kelancaran studi mahasiswa kepada DPA.

d) DPA membuat catatan-catatan hasil bimbingan di buku bimbingan dan di http://portal.almaata.ac.id

e) Secara berkala DPA melakukan fungsi monitoring untuk memantau perkembangan prestasi akademik.

Melalui kegiatan bimbingan akademik ini DPA dan mahasiswa dapat berdiskusi dan berbagi pengalaman belajar yang efektif. Hasil yang didapatkan dari kegiatan bimbingan akademik ini adalah mahasiswa mengerti tentang strategi belajar yang dapat digunakan untuk memperbaiki cara belajar mahasiswa meliputi manajerial waktu yang baik, keaktifan di dalam kelas, serta peningkatan budaya belajar mandiri sehingga mahasiswa memperoleh hasil belajar yang optimal yang ditandai dengan peningkatan indeks prestasi Mahasiswa per semester.

        1. Peningkatan Indeks prestasi mahasiswa per semester.

grafik peningkatan ipk

        1. form bimbingan portal alma ata

foto portal

2) Layanan Beasiswa

Beasiswa dapat diakses oleh mahasiswa Prodi informatika, yang mendapatkan beasiswa prestasi akademik atas nama……

 

3) Asrama Pondok Pesantren Alma Ata

 

4) Layanan Kesehatan

Melalui layanan kesehatan ini mahasiswa Prodi Informatika mendapatkan fasilitas kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan konseling kesehatan gratis.

 Program Layanan dan Pembinaan Keprofesian

1) Career Development Center Universitas Alma Ata

 

2) Tim Penggerak MBKM

B. Upaya peningkatan animo calon mahasiswa di level lokal, nasional atau internasional.

Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa:

    1. Meningkatkan citra diri Prodi Informatika di mata masyarakat terutama kepada calon mahasiswa melalui pengembangan dan sosialisasi program-program Tridharma Perguruan Tinggi yang dikembangkan oleh UAA.
    2. Mengadakan roadshow ke SMA/ MA atau yang sederajat dengan memaparkan peluang kerja prodi Informatika, profil lulusan prodi Informatika.
    3. Meningkatkan suasana akademik lingkungan kampus yang menyenangkan dan kondusif sehingga hal ini menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan Alma Ata di mata calon mahasiswa yang pada gilirannya nanti akan membuat mahasiswa menjadi promotor bagi calon mahasiswa di sekitarnya untuk masuk ke Prodi SI dengan meningkatkan sarana dan prasarana dan fasilitas pendukung yang ada di lingkungan Alma Ata seperti koneksi melalui WIFI dan dan akses informasi lainnya sehingga hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi calon mahasiswa untuk belajar di Alma Ata.
    4. Mengadakan penjaringan mahasiswa baru melalui program jalur Non Ujian Tulis, meliputi: PBUD, PMDK-R, PMDK-UN, SSSB dengan memberikan beasiswa. Hasil upaya yang dilakukan melalui kegiatan roadshow SMA/ MA, sosialisasi melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan informasi website Alma Ata khususnya Prodi SI yang selalu diupdate memberikan dampak bagi peningkatan jumlah mahasiswa Prodi SI. Kegiatan suasana akademik dengan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran juga memberikan dampak bagi upaya promosi dan sosialisasi Prodi SI, hal ini dibuktikan bahwa sampai saat ini mahasiswa aktif dalam memberikan informasi kepada calon mahasiswa baru untuk dapat menempuh kuliah di Alma Ata.
    5. Menambah jejaring calon mahasiswa internasional dalam meningkatkan animo mahasiswa internasional yang difasilitasi oleh KUI saat ini prodi informatika telah memiliki mahasiswa internasional dari timor leste dan UAA telah memiliki mahasiswa internasional thailand dan timor leste. saat ini UAA dalam progres kerjasama internasional dengan negara-negara rawan konflik.
    6. Penawaran Beasiswa bagi calon mahasiswa dan mahasiswa
    7. visualisasi mahasiswa yang memperileh beasiswa akademik dan non akademik untuk menarik mahasiswa lokal dan internasional
    8. kegiatan MBKM
3.3 EVALUASI penjelasan tentang evaluasi secara berkala keterlaksanaan kebijakan dan ketercapaian standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan mahasiswa, termasuk evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan mahasiswa.

Bagian ini berisi penjelasan tentang evaluasi secara berkala keterlaksanaan kebijakan dan ketercapaian standar (IKU dan IKT) sehingga menemukenali praktik baik, praktik buruk dan praktik yang baru yang berkaitan dengan mahasiswa, termasuk evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan mahasiswa.

Terlaksananya evaluasi secara berkala dan  sangat efektif  mengenai kebijakan  dan ketercapaian  standar (IKU dan IKT)  sehingga dapat  menemu-kenali praktik baik, praktik  buruk dan praktik yang  baru yang berkaitan  dengan mahasiswa,  termasuk evaluasi  tingkat kepuasan  mahasiswa terhadap  layanan mahasiswa

Kebijakan A. B, C telah dilaksanakan secara konsisten dan dievaluasi secara berkala setiap tahun.

ketercapaian rekrutmen mahasiswa

keterlaksanaan mutu dan kecukupan akses dan layanan

ketercapaian animo mahasiswa

ketercapaian renop tentang kegiatan mahasiswa

kepuasan mahasiswa terhadap staff dan karyawan, dan dosen dan matakuliah

FKT UAA dan Prodi Informatika UAA melakukan evaluasi secara berkala dan konsisten terkait kebijakan dan ketercapaian standar. evaluasi kebijakan dilakukan setiap selesai kegiatan dan setiap tahun dengan mempertimbangkan ketercapaian dan keterlaksanaan kebijakan tersebut. evaluasi kebijakan, pelaksanaan rekrutmen dan animo mahasiswa dilakukan bersama dengan tim admisi dibawah koordinasi Warek III. Kegiatan akademik dan non akademik mahasiswa dievaluasi bersama direktur pembelajaran dibawah koordinasi Warek I dan Direktur Kemahasiswaan dibawah koordinasi Warek III. Hasil evaluasi ditindaklanjuti dalam bentuk Rencana Tindak Lanjut (RTL) dengan mengacu PM tentang Evaluasi semester………….hasil evaluasi dibuat tabel ketercapaian renop

Standar

indikator Ketercapaian Faktor Pendukung Faktor Penghambat Tindak Lanjut
Kebijakan Rekrutmen tercapai, berapa persen peningkatan rata” 3 tahun terakhir

   

Layanan Akademik        
  Layanan Non Akademik

     

Peningkatan Animo        
Penerimaan Mahasiswa Baru Mahasiswa dalam Negeri dan mahasiswa asing

 

     

Prestasi Mahasiswa

Prestasi akademik dan non akademik      

Layanan Mahasiswa

layanan minat bakat, layanan kesejahteraan, dan layanan karir        

 

3.4 PENGENDALIAN pengendalian dan tindak lanjut (revisi dan rekomendasi) terhadap hasil evaluasi ketercapaian standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan mahasiswa.

Bagian ini berisi penjelasan tentang pengendalian dan tindak lanjut (revisi dan rekomendasi) terhadap hasil evaluasi ketercapaian standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan mahasiswa.

3.5 PENINGKATAN optimalisasi (peningkatan, penyesuaian, dan penyelarasan) terhadap standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan mahasiswa

Bagian ini berisi penjelasan tentang optimalisasi (peningkatan, penyesuaian, dan penyelarasan) terhadap standar (IKU dan IKT) yang berkaitan dengan mahasiswa.

Open chat